Tampil Atraktif dengan Scarf Hijab

Tren berbusana modest membuat perempuan Muslim kian percaya diri dengan hijab yang dikenakan. Pasalnya, saat ini ada banyak ragam pilihan model hijab yang dapat dipilih Muslimah untuk menunjang gaya berbusana. Seperti fenomena bahan hijab yang menjadi populer di kalangan hijabers. Hal ini berawal dari tangan produsen hijab maupun desainer  yang terus berinovasi menyuguhkan hijab-hijab cantik untuk Muslimah. Wanita memang tidak bisa lepas dari fashion. Semua itu diperbolehkan dalam Islam asalkan sesuai dengan Al-Quran dan Hadist, seperti menutup aurat dan tidak nerawang. Hal ini berlaku bagi hijab juga, karena sejatinya hijab harus bisa menutupi rambut sampai ke bagian dada. Salah satu hijab yang bisa digunakan untuk menutupi aurat dan pastinya tetap stylish adalah scarf. Saat ini, tren hijab yang sedang digandrungi oleh para Muslimah adalah model scarf hijab. Scarf merupakan aksesori wrap yang tidak memiliki aturan khusus dalam pemakaiannya. Anda bisa menggunakan scarf saat cuaca panas maupun dingin, tergantung suasana hati dan gaya berpakaian Anda. Istilah scarf hijab ini adalah scarf yang bisa dipakai untuk berhijab. Sekarang ada banyak jenis kekinian yang bisa buat tampilan auto stylish.

Cara Memilih Scarf

Saat memilih button scarf, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti ukuran, bahan, dan tujuan pemakaiannya. Lalu, scarf seperti apakah yang cocok untuk gaya Anda? Agar tidak salah pilih, bacalah poin-poin berikut ini, ya!

Pilih Scarf Berdasarkan Ukurannya

Dilihat dari ukurannya, scarf terbagi menjadi tiga macam, yaitu mini scarf, large scarf, dan long scarf. Ukuran tersebut dapat dipilih tergantung bagaimana Anda akan menggunakannya. Scarf dengan ukuran yang kecil dapat digunakan sebagai aksesoris atau aksen pelengkap gaya. Biasanya scarf yang berukuran kecil ini dikenakan pada handle tas wanita. Selanjutnya untuk scarf yang berukuran panjang dapat digunakan untuk bandana atau aksesoris pada kepala. Selain itu, karena ukurannya yang panjang, scarf ini cocok dijadikan sabuk atau ikat pinggang. Model celana yang sederhana pun tampak lebih keren jika ditambahkan aksen sabuk dari scarf ini. Long scarf dapat Anda kenakan dengan cepat dan praktis saat hendak bepergian. Sedangkan untuk Large scarf sangatlah menarik karena dapat dibentuk menjadi berbagai aksesori fashion. Anda yang ahli atau senang bereksperimen dengan fashion pasti menyukainya.

Pilih Scarf Berdasarkan Bahannya

Selain ukuran, Anda juga perlu memeriksa bahan dari scarf yang akan dibeli. Selain sutra dan polyester, scarf hijab juga banyak dibuat dari katun, kashmir (cashmere), dan wol sutra. Tergantung pada bahannya, tampilan dan keunggulannya tentu saja berbeda. Maka dari itu, pilihlah bahan scarf yang sesuai dengan situasi dan acara Anda. Scarf berbahan sutra memiliki kelembutan dan kemewahan yang elegan. Bahan sutra terasa hangat dikenakan saat cuaca dingin dan juga terasa sejuk saat cuaca panas. Di sisi lain, scarf berbahan polyester hadir dengan banyak desain dan warna, serta dapat dicuci dengan mudah. Sementara itu, scarf berbahan wol memiliki ketebalan yang ideal untuk digunakan saat cuaca dingin. Lalu, terdapat juga scarf dari katun yang lebih kasual dan sangat mudah dicuci. Jadi, scarf bahan katun paling pas dikenakan sebagai aksesori leher.

Pilih Warna Scarf yang Sesuai dengan Gaya Anda

Scarf memiliki pilihan warna dan corak yang sangat beragam. Namun, saat Anda membeli batik scarf, pilihlah berdasarkan warnanya terlebih dahulu, bukan motifnya. Sesuaikanlah warna scarf dengan pakaian yang biasa Anda kenakan. Sebagai contoh, jika pakaian Anda berwarna gelap, pilihlah scarf yang lebih terang sehingga warnanya tidak tenggelam. Sebaliknya, jika Anda menggunakan baju berwarna terang, gunakan scarf berwarna gelap supaya penampilan Anda terlihat seimbang. Di luar negeri, warna scarf disesuaikan berdasarkan empat musim. Scarf berwarna pastel sangat marak pada musim semi, sedangkan warna cerah lebih cocok untuk musim panas. Sementara itu, warna smoky pas digunakan untuk musim gugur dan tone dingin untuk musim dingin. Anda yang tinggal di luar negeri tentu dapat menjadikannya sebagai acuan. Namun, untuk yang berada di Indonesia, Anda bisa lebih bebas memilih warna scarf yang sesuai dengan tren, gaya, cuaca, atau acara.

Jenis Scarf yang Sedang Digandrungi para Muslimah

Sekarang ada banyak jenis kekinian yang bisa buat tampilan auto stylish dan printed scarf. Langsung cek berikut.

Scarf Plisket

Wanita memang tidak bisa lepas dari fashion. Semua itu diperbolehkan dalam Islam asalkan sesuai dengan Al-Quran dan Hadist, seperti menutup aurat dan tidak nerawang. Hal ini berlaku bagi hijab juga, karena sejatinya hijab harus bisa menutupi rambut sampai ke bagian dada. Salah satu scarf yang hits di Dubai sekarang adalah scarf plisket. Adakalanya terdapat hiasan berupa mutiara kecil dan sematan bunga di bagian pojoknya. Ini bisa buat tampilan Islami teman kamu atau diri sendiri jadi semakin stylish.

Scarf Voal dan Bermotif Floral

Salah satu yang lagi hits di dunia syal adalah yang terbuat dari bahan voal. Bahan ini ada banyak yang ditawarkan kepada pembeli tanpa motif sama sekali. Tetapi ada juga yang bermotif. Bagi yang ingin pakai yang bermotif, usahakan mengkombinasikan dengan baju polos. Memang paling kece kalau pakai blouse warna putih. Namun bagi orang yang takut pakai baju warna putih bisa coba menyesuaikan blouse dengan warna yang ada pada voal bermotif.

Crimps Hijab

Bosan dengan syal yang lurus polos tanpa tekstur? Bisa coba beli hijab yang ada tekstur crimps. Hijab seperti ini memberikan kesan yang mewah dibandingkan dengan yang tanpa tekstur. Selain itu jenis hijab ini bisa dipadukan bersama pakaian bermotif atau polos juga. Hijab seperti ini cocok dipakai untuk menghadiri acara formal atau sekedar hangout bersama teman. Kamu tinggal pilih warna apa yang sesuai dengan pakaian yang dimiliki.

Believe Cream Scarf

Motif yang menampakkan tulisan memang sedang trend sekarang. Contoh yang paling sering menampakkan desain jenis ini adalah yang dijual oleh Ivan Gunawan. Dimana tepat di bagian scarf terdapat tulisan brand Mandjha dan Ivan Gunawan. Warnanya yang pastel membuat syal ini bisa dipakai bersama banyak warna pakaian. Misalkan saja hijau lumut. Jadi kamu bisa mengenakan warna yang diluar motif scarf-nya.

Scarf Katun Paris

Setelah tahun lalu hits dengan pashmina, kini hijab paris polos kembali di gandrungi para hijaber. Saat ini, bahan kain paris dibuat lembut, menyerap keringat, dan ringan. Hijaber juga menyukai  katun paris yang polos, dengan warna-warna lembut dan netral. Harga scarf katun paris cukup bervariasi, mulai dari harga Rp 20.000 sampai paris premium seharga Rp 100.000.

Cara Merawat – tutorial scarf Scarf

Salah satu item yang penting sekali untuk diketahui cara perawatannya adalah hijab, terlebih pada masa pandemic yang belum sepenuhnya berakhir seperti saat ini. Hijab yang juga menjadi bagian paling luar saat bepergian ka area publik.

Rendam dengan AIr yang Diberi Deterjen

begitu selesai bepergian, sebaiknya Anda segera merendam hijab yang Anda kenakan di dalam air bersuhu ruangan yang telah dituangkan sedikit detergen cair. Bila hijab Anda memiliki warna, pastikan detergen Anda tidak mengandung pemutih. Setelah direndam beberapa saat, Anda dapat mulai mencucinya dengan tangan. Kucek dengan perlahan dan jangan disikat dapat menjadi kunci agar serat hijab Anda terjaga kualitasnya. Setelahnya, Anda dapat membilasnya dengan air bersih mengalir.

Jemur dan Setrika

Setelah Anda membilas hingga bersih, Anda dapat menjemurnya di ruangan dengan aliran udara yang baik, terkena udara segar lebih baik, namun pastikan tidak mudah terjamah publik yang lalu lalang untuk mengurangi risiko terkontaminasi virus ataupun bakteri. Selesai dengan menjemur hingga kering, saatnya menyetrika scarf hijab Anda. Saat menyetrika, pastikan Anda menggunakan setelan panas, kecuali untuk bahan satin ataupun campuran polyester yang tidak kuat terhadap panas tinggi. Saat menyetrika, Anda perlu cermat untuk menjangkau seluruh bagian scarf hingga tidak ada garis lipatan yang tersisa. Anda juga dapat menggunakan steamer (setrika uap), namun steamer terkadang tidak berfungsi maksimal bila digunakan pada scarf yang memiliki serat kain besar.

Gantung Tanpa Garisan Membekas

Untuk menyimpan hijab Anda dengan benar agar tidak terlalu repot memastikannya siap dikenakan saat dibutuhkan. Bila hijab Anda sudah selesai disetrika, Anda dapat menggantungnya pada salah satu ujung hijab agar tidak menciptakan garis lurus pada scarf, selain itu Anda pun lebih mudah memilihnya saat akan dikenakan. Untuk Anda yang memiliki ruang penyimpanan pakaian lebih terbatas, Anda dapat melipat hijab Anda menjadi ¼ lebar yang memanjang kemudian menggantungnya pada bagian bawah hanger pakaian, Anda pun dapat menumpuk beberapa helai scarf pada satu hanger, namun juga disarankan tidak terlalu banyak menumpuknya. Saat akan mengenakannya, Anda dapat mengambil hanger tersebut, direbahkan memanjang pada bidang datar, pilih dan ambil dengan mudah, kemudian simpan kembali sisanya. Cukup setrika kembali bada bagian yang membutuhkan, dan hijab Anda siap dipakai!

Aksesoris Konektor Hijab Penambah Gaya Penampilan yang Modis dan Tetap Patuhi Prokes

Semenjak masa pandemi, banyak orang berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi baru seperti konektor masker atau strap mask. Salah satu yang paling dicari adalah konektor masker untuk wanita berhijab, karena memudahkan dalam menggunakan masker. Apalagi jika tanpa memakai konektor akan kesulitan bagi wanita berhijab untuk mengaitkan masker. Namun Anda juga perlu tahu beberapa jenisnya. Konektor masker merupakan sebuah benda yang digunakan untuk menyambungkan antara tali-tali masker atau jelasnya sebagai pengait tali masker. Benda ini menjadi benda penting yang perlu dimiliki oleh para hijabers. Hal ini dikarenakan maraknya jenis masker medis atau masker kain yang unik dan cantik, namun memiliki tali pendek yang hanya bisa dikaitkan di telinga. Maka dari itu konektor hijab ini berguna untuk mempermudah para hijabers menggunakan masker. Kamu cukup mengaitkan konektor tersebut dengan karet yang terdapat pada masker.

Manfaat Konektor Masker

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan konektor masker, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Lebih praktis dalam memakai masker earloop, terutama bagi wanita yang mengenakan hijab, sehingga tidak perlu kesusahan lagi dalam mengenakan masker.
  • Meminimalisir rasa sakit pada bagian telinga yang disebabkan oleh tali masker yang dikenakan terlalu lama.
  • Tidak membuat kepala pusing saat mengenakan masker earloop yang terlalu lama.
  • Konektor masker juga bisa dapat dijadikan sebagai aksesoris tambahan penunjang penampilan.

Model Konektor Masker

Sebagai aksesoris yang sedang trend belakangan ini, konektor masker secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam model dan variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa contoh konektor masker yang dapat dipilih sebagai pelengkap penampilan diantaranya adalah sebagai berikut.

Konektor Hijab Rajut

Konektor masker hijab rajut merupakan aksesoris yang terbuat dari bahan rajut yang bisa dipakai sebagai penyambung masker earloop saat mengenakan hijab. Selain unik, pola rajutan dalam konektor masker hijab inipun umumnya terbilang cukup bervariasi dan beraneka ragam. Jadi, Anda bisa dengan bebas memilih motifnya dan bisa disesuaikan dengan penampilan yang sedang Anda kenakan.

Konektor Masker Bahan Kain

Konektor masker yang dibuat dari kombinasi bahan kain, karet elastis, dan juga kancing pada kedua ujungnya termasuk ke dalam salah satu aksesoris masker yang memiliki tampilan cukup simple tetapi tetap menarik. Konektor masker bahan kain sangat cocok untuk diandalkan bagi orang yang tidak ingin ribet. Selain itu, konektor masker dari bahan kain yang dikombinasikan dengan kancing sangat mudah untuk dilepas pasang kapanpun dan dimanapun. Konektor masker dari bahan hijab juga memiliki banyak variasi motif dan beraneka ragam bentuknya. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat konektor masker dari bahan kain, berikut ini alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk membuatnya.

  • Kain perca dengan ukuran 4cm x 50cm
  • Karet elastis dengan ukuran 0.8cm x 25cm
  • Jarum dan benang jahit yang berwarna senada dengan kain
  • 2 buah kancing berukuran sedang
  • Gunting, jarum pentul, dan peniti.

Selesai menyiapkan alat dan bahan di atas, Anda dapat mengikuti langkah langkah di bawah ini untuk mulai membuat konektor masker dari bahan kain.

  • Lipat kain secara memanjang dengan posisi bagian baiknya saling berhadapan lalu jelujur sepanjang tepinya hingga berbentuk seperti pipa,
  • Lalu, balik kain dengan bantuan sumpit supaya bagian baik kain berada di luar.
  • Masukkan karet elastis yang sudah anda sediakan ke dalam kain dengan bantuan peniti lalu jahit pada salah satu sisinya.
  • Rapatkan kain lalu jahit ujung yang lain dari elastis dengan kain.
  • Supaya konektor masker lebih terlihat rapi, lipat setiap ujung kain yang sudah berisi elastis lebar 2cm.
  • Sebagai penyelesaian akhir, pasangkan kancing di atas kedua lipatan kain tersebut. 
  • Konektor masker tiap digunakan.

Selain dilengkapi dengan kancing, terdapat pula konektor masker hijab dari bahan kain yang dilengkapi dengan perekat pada masing-masing ujungnya. Perekat yang biasa dipakai pada konektor masker ini adalah velcro. Velcro sendiri merupakan sebuah rangkaian bahan tekstil yang terdiri dari dua bagian yang dapat menyatu jika dipertemukan.

Konektor Masker Mutiara

Konektor masker mutiara merupakan aksesoris masker yang terbuat dari mutiara imitasi dan sejumlah manik-manik lucu yang berwarna warni. Selain dijadikan sebagai pengait masker, konektor masker ini juga bisa dipakai untuk membuat tampilan hijab menjadi lebih menarik. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat konektor masker mutiara, berikut ini alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk membuatnya.

  • Mutiara atau manik-manik yang berdiameter sesuai dengan keinginan.
  • Senar sesuai dengan ukuran lubang pada mutiara atau manik-manik tersebut.
  • 2 buah pengait.
  • Gunting dan jarum.

Selesai menyiapkan alat dan bahan di atas, Anda dapat mengikuti langkah langkah di bawah ini untuk mulai membuat konektor masker mutiara.

  • Ikat senar pada jarum dan buat simpul mati pada ujung yang lain.
  • Masukkan mutiara melalui jarum kemudian rangkai sesuai dengan keinginan anda. Dalam hal ini anda bisa mengkreasikan mutiara dengan berbagai bentuk dan warna.
  • Selanjutnya, pasang pengait di kedua ujungnya. Pastikan ikatan pada pengait sangat kuat agar mutiara tidak mudah lepas.
  • Konektor masker mutiara siap digunakan.

Konektor Masker Kristal

Konektor masker kristal secara umum memiliki tampilan yang sangat cantik dan terkesan menarik karena dibuat dari kristal yang mengkilap. Konektor masker kristal sangat cocok diandalkan sebagai pelengkap gaya penampilan saat hangout.

Konektor Masker Pita

Bagi Anda yang ingin tampil lebih feminim saat mengenakan masker earloop, Anda bisa mencoba untuk mengenakan konektor masker berbentuk pita sebagai aksesorisnya. 

Konektor Masker Renda

Bagi Anda pecinta gaya vintage, mengenakan konektor masker berbahan renda dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan yang tepat. Konektor masker unik ini biasanya hadir dalam warna-warna netral yang soft jadi juga bisa dipadupadankan dengan berbagai warna hijab.

Konektor Masker Plastik

Konektor masker unik berikutnya yang bisa Anda pilih sebagai pelengkap gaya dalam penampilan adalah berupa konektor masker yang berbahan plastik yang memiliki karakteristik sangat lentur. Selain nyaman dipakai, konektor masker plastik ini juga sangat fleksibel untuk dijadikan konektor masker hijab.

Konektor hijab ini berguna untuk mempermudah para hijabers menggunakan masker tersebut. Cukup mengaitkan konektor tersebut dengan karet yang terdapat pada masker, maka hijaber bisa nyaman menggunakan masker tanpa khawatir lepas. Demikian pembahasan mengenai referensi konektor masker untuk para pengguna hijab yang dapat dipilih sebagai aksesoris pelengkap dalam penampilan. 

Sempurnakan Hijrah dengan Menutup Pergelangan Tangan Menggunakan Handsock atau Manset

Pernah gak saat beraktivitas, sadar ataupun tidak sadar kamu menggerakkan tangan ke atas? Lalu ujung lengan baju juga ikut tertarik ke atas sehingga tangan kamu terlihat nyata? Aduh, malu banget ya rasanya. Apalagi kalau kamu wanita muslim yang mengenakan jilbab. Bukankah lengan termasuk juga aurat yang harus ditutup? Kain penutup aurat bukan hanya kerudung dan kaos kaki. Ada pula kain yang digunakan untuk menutupi pergelangan tangan yaitu manset. Manset masih jarang digunakan perempuan muslim pada umumnya, karena dianggap ujung pakaian pun telah cukup untuk menutupi aurat. Jika belum terbiasa, memakai manset memang gerah, tidak nyaman, dan ribet. Lama kelamaan semua keluhan itu sirna. Semangat hijrah juga harus disertai ilmu. Terutama dalam berbusana. Bagi kamu, para muslimah. Mengenakan hijab dan jilbab menutup aurat sudah tentu. Kini banyak pernak pernik muslimah yang tak hanya melengkapi penampilan, tetapi juga untuk membuat kita tampak lebih stylist, salah satunya adalah handsock. Namun, tak jarang muslimah masih lupa tak mengenakan kaus kaki dan pergelangan tangan masih terbuka. Padahal, dari lengan ke pergelangan tangan itu aurat lho. Makanya, untuk lebih sempurna menutup auratmu, gunakanlah manset lengan atau terkadang kita menyebutnya manset tangan. Handsock salah satu aksesoris wanita muslimah dalam berhijab. Kini banyak sekali toko-toko baik online maupun offline. Baru-baru ini tren busana muslim semakin beragam dengan adanya aksesoris pendukung penampilan, seperti kerudung dengan berbagai motif dan bentuk, jarum pentul dengan berbagai bentuk dan kreasi, hingga manset tangan indah dengan berbagai kreasi unik. Manset tangan untuk hijabers ini lebih dikenal dengan nama handsock. Sama fungsinya dengan manset tangan pada umumnya, namun handsock ini didesain lebih unik sehingga penampilan pemakainya tampak lebih stylish

Manfaat Menggunakan Handsock Bagi Muslimah

Adanya sarung tangan jari yang sedang hits ini sangat bermanfaat bagi wanita, khususnya para muslimah. Bagaimana tidak, fungsi utama handsock bagi muslimah adalah untuk menutup auratnya dengan lebih sempurna. Dengan menggunakan handsock sebagai pelengkap busana yang modis, handsock dapat menjaga wanita dari aurat yang terlihat karena pergerakan tertentu dan lengan baju yang kadang memperlihatkan lengan saat bergerak aktif. Sebagai muslimah, tentunya pakaian atau hijab tidak hanya mengacu kepada fashion yang sedang berkembang.  Di sisi lain harus sesuai dengan ciri-ciri  hijab syar’i dan hadist tentang berhijab yang benar.  Maka, pemakaian handsock dapat dilihat manfaatnya dari berbagai sisi, yaitu :

Menyempurnakan Hijab

Hijabers pernah mengangkat tangan di tempat umum? Pernahkah memperhatikan yang terjadi pada bagian lengan yang nampak sedikit terbuka. Bagian yang terbuka tersebut adalah aurat.  Nah, handsock menyempurnakannya. Handsock terbuat dari bahan yang melar dan melekat pada bentuk tangan hingga bagian punggung. Dengan menggunakannya, maka bagian lengan lebih aman dan tidak terlihat.

Menyempurnakan Pakaian

Pada beberapa orang, mempunyai tangan yang lebih panjang dari tangan rata-rata orang umumnya. Akibatnya, ketika membeli pakaian muslimah, mungkin bagian lengan akan terlihat terlalu pas atau bahkan tidak sampai pergelangan tangan. Maka, handsock akan menutupinya. Hijabers tidak perlu memikirkan cara menyambung bagian lengan yang terlihat agak pendek. Asal tidak sengaja membeli pakaian dengan lengan sampai siku atau tiga perempat lalu menyambungkannya dengan manset.  Hal ini akan membentuk bagian tangan.  Manfaat menutup aurat dalam Islam atau hikmah wanita berjilbab dapat hilang.

Memperbaiki Penampilan

Handsock memperbaiki penampilan muslimah saat ini dibandingkan memakai manset jaman dahulu.  Ini dikarenakan warnanya yang menyesuaikan manset baju sehingga tersamarkan dan motif yang elegan. Motif dapat disesuaikan dengan kepribadian pemakai. Bila lebih suka yang sederhana, maka handsock tidak bermotif disarankan. Hijabers yang suka dengan penampilan lebih, maka dapat menggunakan handsock bermotif. Handsock bermotif atau loveshock didominasi warna manset hitam, agar tidak nampak terlalu berlebihan. Motif yang paling banyak ditemui di pasaran adalah motif kurma, motif berlian di pinggir handsock, dan motif pita untuk muslimah muda.

Kesehatan

Handsock menutupi bagian lengan hingga punggung tangan.  Ini berkaitan dengan kesehatan kulit. Khususnya bagi Anda yang biasa beraktivitas di bawah sinar Matahari terik atau berkendaraan motor, di mana bagian punggung tangan menjadi menghitam dibandingkan bagian lain.  Bagian punggung menghitam ini dapat menyebabkan iritasi atau kulit kering yang menimbulkan gatal berkepanjangan dan bekas yang tidak mudah hilang.  Berarti penggunaan manset bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Jenis-Jenis Handsock

Berbagai jenis handsock banyak dijual di pasaran, baik secara offline maupun online. Kamu bisa memilih berbagai bentuk sesuai dengan selera kamu sendiri. Berikut ini handsock unik yang akan membuat penampilanmu tambah stylist.

Handsock Pita

Handsock pita merupakan jenis handsock yang paling banyak dicari di pasaran, selain karena bentuknya yang indah, handsock ini juga bisa dihiasi dengan pita-pita unik yang memberi kesan indah pada tangan. Untuk kamu yang menyukai hal-hal sederhana namun tetap ingin terkesan stylist, handsock ini perlu kamu coba untuk melengkapi penampilanmu.

Handsock Cincin

Sama seperti namanya, handsock ini melingkar pada jari seperti cincin, sehingga tidak mudah terlepas ketika kamu melakukan berbagai aktivitas. Jika kamu bosan dengan bentuk handsock yang polos, kamu  bisa menambahkan aksesoris lain pada handsock ini, seperti bros bunga dari kain flanel yang kamu buat sendiri atau beli di pasaran. Karena bentuknya yang lumayan polos akan memudahkan kamu untuk melakukan kreasi sendiri pada handsock ini.

Handsock Rajut

Handsock ini menjadi aksesoris sempurna ketika musim hujan tiba. Selain untuk melengkapi penampilan dan menutup aurat, handsock jenis ini juga akan membuat kamu lebih hangat. Karena berbahan dasar kain rajut yang tebal, handsock ini memiliki bentuk yang sederhana namun tetap indah. Sama seperti handsock cincin, handsock rajut juga bisa kamu  padukan dengan berbagai aksesoris lain seperti bros bunga dan sebagainya.

Seiring dengan maraknya tren busana muslim, handsock menjadi andalan hijabers untuk melengkapi penampilannya, selain untuk menutupi aurat, juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan lainnya. Kamu bisa menemukan handsock ini di berbagai toko, baik toko offline maupun online dengan beragam harga dan bentuk. 

Kaos Kaki Pelindung Aurat yang Kadang Dilupakan Muslimah

Memilih kaos kaki muslimah yang tepat tentu tidak mudah. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, salah satunya adalah dapat menutupi aurat. Tidak dipungkiri bahwa ketidaknyamanan para muslimah ketika menggunakan kaos kaki biasa adalah sedikit ruang gerak saat beraktivitas. Mereka harus berhati-hati ketika berjalan, duduk, dan lain sebagainya. Karena itu, dengan menggunakan kaos kaki muslimah yang notabene memiliki panjang sebetis, tentu akan membuat pergerakan menjadi lebih mudah, bebas, dan cepat tanpa khawatir aurat akan terlihat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan selain ukuran panjang sebetis untuk memilih kaos kaki muslimah, di antaranya adalah kualitas bahan yang digunakan, model,kualitas jahitan, serta merek dan harganya. Selain itu, dalam memilih kaos kaki muslimah terbaik, Anda juga harus memperhatikan warna serta motifnya. Hal ini bertujuan agar Anda lebih mudah ketika memadupadankan dengan busana muslim yang Anda kenakan.

Cara Memilih Kaos Kaki Wanita untuk Muslimah

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih kaos kaki untuk muslimah, di antaranya adalah :

Perhatikan Kualitas Bahan yang Digunakan

Bahan untuk membuat kaos kaki bermacam-macam, ada yang terbuat dari bahan wool, acrylic, spandex, nylon, polyester, dan benang varia. Beberapa produsen kaos kaki muslimah biasanya menggunakan campuran dari bahan-bahan tersebut untuk menghasilkan kualitas kaos kaki terbaiknya. Untuk mendapatkan kenyamanan, Anda bisa memilih kaos kaki dari bahan utama seperti wol atau nilon, di mana bahan tersebut dapat memberikan kesan adem dan nyaman ketika dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu, bahan yang berkualitas dapat membuat kaos kaki lebih awet dan tidak mudah rusak meskipun dipakai berkali-kali.

Perhatikan Modelnya

Dalam memilih kaos kaki wanita muslimah, usahakan untuk memperhatikan model kaos kaki terlebih dahulu sebelum membelinya. Pilih model yang memudahkan Anda untuk beribadah, misalnya kaos kaki wudhu. Hal ini penting, karena biasanya ketika berwudhu, seseorang akan melepas kaos kakinya. Tapi dengan kaos kaki wudhu, Anda tidak perlu lagi melepas kaos kaki, karena Anda hanya cukup melipatnya ke atas ketika berwudhu. Namun yang perlu diperhatikan dalam pemilihan model kaos kaki untuk muslimah adalah, pilih yang tebal dan tidak transparan, sehingga aurat Anda tidak terlihat secara sempurna.

Perhatikan Ukurannya

Usahakan kaos kaki yang Anda beli tidak terlalu sempit atau pun longgar. Karena jika terlalu sempit akan membuat kaki Anda tidak nyaman dan gerah, dan jika terlalu longgar akan membuat kaos kaki mudah melorot dan bisa mengganggu penampilan Anda. Selain itu, untuk kebutuhan muslimah, hendaknya Anda memilih kaos kaki yang lebih panjang (minimal sebetis), agar aurat bisa tertutupi dengan baik dalam berbagai aktivitas apapun.

Perhatikan Kualitas Jahitan Kaos Kaki

kaos kaki muslimah lucu yang memiliki kualitas jahitan yang bagus akan lebih kuat dan juga lebih awet. Untuk melihatnya, Anda bisa cek jahitan pada bagian cuff (bagian kepala kaki). Semakin rapi dan rapat jahitan, semakin bagus kualitas kaos kakinya.

Perhatikan Warna dan Motifnya

Warna dan motif kaos kaki muslimah bermacam-macam, namun yang banyak ditemui dipasaran adalah warna yang mirip dengan warna kulit. Meskipun begitu, Anda bisa memilih warna lain yang lebih menarik. Usahakan warna yang Anda pilih cocok dan sesuai dengan busana muslim yang Anda pakai. Selain itu, untuk memberikan kesan gaul dan trendi, Anda juga bisa memilih kaos kaki dengan motif yang unik dan lucu. Sehingga gaya berbusana Anda akan terlihat lebih fresh dan cute.

Cara Merawat Kaos Kaki yang Benar

Setelah Anda membeli kaos kaki muslimah, maka pastikan Anda juga memperhatikan cara merawatnya agar kaos kaki tetap bersih, lebih awet, dan nyaman saat dipakai. Berikut ini beberapa tips cara merawat kaos kaki yang benar :

  • Hindari mencuci kaos kaki dengan mesin cuci. Usahakan mencucinya dengan menggunakan tangan dan pastikan jangan menyikat kaos kaki agar kaos kaki tidak mudah rusak.
  • Pisahkan kaos kaki yang memiliki warna putih dengan pakaian lainnya ketika merendam atau mencucinya.
  • Jemur kaos kaki di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Ambil kaos kaki dari jemuran jika sudah benar-benar kering. Kemudian lipat dan simpan di tempat yang tidak lembab agar terhindar dari bakteri dan jamur yang bisa membuat kaos kaki bau.

Model Kaos Kaki Muslimah yang Wajib Dimiliki

Kaos kaki bukan hanya sekedar menjadi items penyempurna gaya atau melindungi kaki saja bagi para wanita muslim. Seperti yang kita diketahui, sebagai wanita muslim, selain wajah dan telapak tangan, pada bagian tumit ke bawah hingga telapak kaki juga wajib ditutupi. Demi menyempurnakan aurat yang sesuai dengan syariat agama, kaos kaki tentu bisa jadi solusi terbaik. Melihat kebutuhan wanita muslim akan kaos kaki, saat ini semakin banyak pilihan model kaos kaki muslimah yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Butuh referensi jenis kaos kaki Muslimah seperti apa yang cocok untukmu? Berikut enam model kaos kaki muslimah yang perlu kamu ketahui.

Kaos Kaki Jempol

Jenis kaos kaki Muslimah pertama yang perlu kamu ketahui adalah model kaos kaki jempol. Kaos kaki jempol sendiri memiliki desain fit pada bagian jempol. Biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu panjang dan material stretchable, kaos kaki jempol polos ini sangat nyaman untuk menyempurnakan gaya sehari-hari.

Kaos Kaki Muslimah Motif Batik

Bosan dengan jenis kaos kaki polos? Kamu bisa mencoba kaos kaki motif batik Muslimah. Kaos kaki muslimah motif Soka ini memang kerap dipilih banyak Hijabers untuk pelengkap gaya karena dikenakan sangat nyaman dan memiliki kualitas yang baik.

Kaos Kaki Pendek

Selanjutnya ada model kaos kaki pendek atau hidden invisible socks. Sesuai dengan namanya, kaos kaki dengan ukuran yang tidak panjang ini sangat pas untuk kamu yang ingin menggunakan sneakers karena ukurannya cukup pendek dan fleksibel. Selain nyaman, 3-Pack Cotton Casual Socks dari Zahra Signature juga mudah dipadu-padankan dengan warna sepatu apapun karena memiliki rangkaian nuansa warna basic.

Kaos Kaki Wudhu

Kaos kaki wudhu bisa dibilang menjadi salah satu jenis kaos kaki yang banyak dipilih para muslimah. Kaos kaki wudhu menjadi favorit banyak orang karena memang sangat praktis untuk menemani aktivitas harian. Hal ini karena kaos kaki wudhu memiliki detail slip holes atau bukaan pada bagian bawah untuk memudahkan saat akan berwudhu. Desain kaos kaki wudhu sendiri juga cukup beragam, ada kaos kaki muslimah panjang, kaos kaki wudhu pendek, kaos kaki wudhu motif, dan masih banyak lagi.

Kaos Kaki Motif Bunga

Untukmu yang suka tampil feminin atau gaya chic bisa mengandalkan koleksi kaos kaki motif bunga. Kaos kaki motif bunga juga tidak melulu tampil dalam warna kontras, beberapa kaos kaki motif bunga dari brand Soka bahkan merilis koleksi kaos kaki motif bunga dengan pilihan warna pastel.

Kaos Kaki Muslimah Polos

Terakhir, ada grosir kaos kaki muslimah. Jenis kaos kaki polos ini wajib masuk ke dalam daftar koleksi socks favoritmu. Biasanya kaos kaki putih dan sepasang kaos kaki hitam kerap menjadi pilihan karena mudah di mix and match dengan warna sepatu apapun.

Pentingnya Penggunaan Inner dalam Berhijab

Dalam berhijab dibutuhkan pula inner hijab atau dalaman sebagai pelengkapnya terutama pada pemakaian hijab yang berbahan tipis dan menerawang. Pernah nggak sih kamu merasa pusing atau telinga kamu terasa sakit setelah memakai hijab dalam waktu yang lama? Mungkin itu karena kamu salah dalam memilih ciput atau inner (dalaman). Buat kamu para hijabers pastinya sudah tidak asing lagi dengan ciput atau inner, bahkan bisa dibilang kalau hijab dan ciput adalah dua benda yang tidak bisa dipisahkan. Namun kamu tau nggak sih kalau ternyata ciput itu ada bermacam-macam dan memiliki fungsi yang berbeda juga. 

Manfaat Memakai Inner Hijab

Tidak hanya berfungsi sebagai penutup aurat, pemakaian inner hijab dengan warna, bentuk, dan ukuran tertentu yang dipadukan dengan hijab yang tepat dapat membantu penampilan wanita muslimah makin anggun. Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan inner hijab.

Mendukung Kerapian dalam Penggunaan Hijab

Salah satu manfaat dari penggunaan inner hijab adalah untuk menjaga hijab agar tidak mudah bergeser karena bersentuhan dengan rambut yang licin. Disamping itu pemakaian inner juga membantu menutupi rambut sehingga mencegah ujung rambut mencuat pada saat penggunaan hijab yang berpori cukup besar atau berbahan tipis.

Membentuk Siluet Kepala

Tujuan dari penambahan sanggul atau cepol pada inner hijab tidak lain adalah untuk membentuk siluet yang bagus pada penggunaan hijab serta memberi bentuk yang indah pada bagian kepala. Hanya saja dalam penggunaan cepol atau sanggul ini sebaiknya disejajarkan dengan garis kepala teratas sehingga bentuknya tidak menyerupai punuk unta.

Menyeimbangkan Bentuk Wajah

Keberadaan inner hijab dalam berbagai variasi bentuk dan ukuran dapat dimanfaatkan untuk menyamarkan bentuk wajah sehingga diperoleh tampilan yang lebih seimbang. Untuk menyamarkan bentuk wajah yang chubby, dapat digunakan inner hijab berupa ciput hijab pet atau ciput ninja yang mampu membuat wajah tampak panjang dan terkesan lebih tirus. Sedangkan untuk menyamarkan wajah yang panjang dapat menggunakan inner hijab yang berwarna kontras dengan hijab yang dikenakan.

Tips dalam Memilih Inner Hijab

Dalaman hijab atau inner menjadi andalan para hijabers agar bisa menutupi bagian depan rambut kepala agar tidak terlihat. Meskipun tertutup oleh hijab, pemilihan ciput atau inner hijab yang tidak tepat bisa membuat kamu merasa tidak nyaman ketika menggunakanannya. Salah satu keluhan hijabers adalah pusing karena ciput yang terlalu ketat. Berikut ini ada beberapa tips dalam memilih inner hijab yang nyaman dikenakan dalam waktu yang lama.

Pilihlah Inner Ninja Berbahan Spandek

Pilih ciput ninja bahan spandek kaos yang berkualitas tinggi sehingga kamu nyaman saat memakai ciput. Bahan spandek yang tipis dan tidak ketat bisa menjadi ciput anti pusing.

Pilih Inner Berbahan Ciput Rajut

Inner anti pusing selanjutnya adalah inner dengan bahan rajut yang sudah banyak beredar dipasaran. Inner anti pusing berbahan rajut ini tersedia dalam berbagai jenis mulai dari inner rajut bandana, inner anti tembem alias antem dan inner rajut anti budek atau anti sakit ketika dipakai bagian telinga. Inner bahan rajut nyaman dipakai karena bahan yang stretch atau melar serta tidak terlalu ketat ketika digunakan.

Pilih Inner Berbahan Rayon Super

Bahan rayon adalah salah satu bahan yang banyak dipakai untuk pakaian. Bahan rayon memiliki daya serap yang tinggi, lembut di kulit dan nyaman dipakai. Saat digunakan sebagai inner, bahan rayon yang memiliki tekstur halus dan lembut pun membuat kamu tidak pusing saat memakainya.

Pilihlah Inner Bahan Rayon yang Tidak Menutupi Telinga

Nah, inner yang satu ini sedang tren. Inner rajut kini juga hadir dalam model yang tidak menutupi telinga. Inner rajut terbaru ini selain tidak pusing karena bahannya yang ringan dan tipis, juga bisa membuat kamu terlihat lebih tirus karena bentuknya yang menutupi bagian pipi dan dagu.

Pilihlah Ukuran Inner yang Sesuai

Selain bahan, ukuran inner juga perlu diperhatikan agar tidak membuat pusing saat dipakai. Pemilihan inner hijab yang tidak sesuai dengan ukuran akan membuat kepalamu terasa sakit karena terlalu ketat. Inner yang terlalu ketat bisa menimbulkan ruam merah yang akan terasa gatal, iritasi dan perih dibagian kulit wajah. Kebalikan dari ketat adalah longgar. Namun jangan juga memakai inner yang longgar karena bisa membuat rambut kamu akan keluar dari hijab. Dan inner yang longgar juga membuat penampilan tidak rapi saat memakai hijab. Selain itu, inner hijab yang longgar juga akan turun dengan sendirinya di kepala dan malah membuat kamu tidak nyaman. Jadi pilihlah ukuran yang pas agar kamu nyaman beraktivitas dengan menggunakan inner.

Jenis-Jenis Inner Hijab

Tak heran jika di pasaran kini tersedia beragam jenis ciput dan membuat kamu bingung harus membeli yang mana. Nah, untuk membuka matamu, ini dia 7 jenis ciput yang ada di pasaran, agar kamu tahu mana yang harus dipilih sesuai kebutuhan.

Ciput Bandana

Sesuai namanya, ciput ini berbentuk seperti bandana yang lebar. Bahannya pun umumnya terbuat dari kaos atau spandek yang elastis sehingga nyaman dikenakan. Ciput ini dapat menutupi area dahi hingga ubun-ubun kepala, dan menjaga rambut supaya tidak keluar jilbab. Itu sebabnya, ciput ini disarankan hanya digunakan ketika kamu mengenakan jilbab berbahan tebal agar rambutmu tak menerawang.

Ciput Rajut

Mirip seperti ciput bandana, namun lebih lebar sehingga mampu menutupi hingga ke area belakang kepala. Sesuai namanya, bahannya terbuat dari rajut, sehingga elastis dan sangat nyaman dipakai. Dijamin nggak akan membuat kamu sakit telinga. Dan kekinian, ciput rajut hadir dalam dua warna, bahkan empat warna sekaligus, dalam satu ciput. Tujuannya, supaya bisa dipakai bergantian menyesuaikan dengan warna jilbabmu.

Ciput Ninja

Ini adalah salah satu jenis ciput yang paling sering ditemui di toko online. Ciput ninja bentuknya mirip seperti bergo, yaitu menutupi seluruh kepala dan leher. Itu sebabnya, ciput ninja cocok dikenakan saat kamu memakai ciput kerudung yang cukup tipis, atau ketika kamu bergaya berkerudung yang hanya disampirkan di sekeliling wajah.

Ciput Anti Tembem

Ini dia ciput yang paling laris dan banyak dicari, terutama oleh mereka yang merasa berpipi tembem. Sekilas mirip dengan ciput ninja, tapi ciput anti tembem ini lebih menutup bagian pipi sehingga menciptakan efek tirus. 

Ciput Arab

Ciput Arab sangat sederhana. Berbentuk seperti topi kupluk yang pemakaiannya sangat praktis. Kelebihannya, ciput ini akan menutup seluruh bagian rambut kamu.

Ciput Pet

Dalaman jilbab yang satu ini punya bentuk mirip ciput Arab, namun memiliki bentuk yang mancung seperti topi di bagian depannya untuk memastikan jilbabmu terpasang dengan mantap dan rapi. Cocok nih buat kamu yang ingin jilbabmu selalu terpasang rapi dan simetris.

CIput Anti Budek

Masalah yang sering dialami ketika memakai ciput adalah sakit telinga atau telinga menjadi budek lantaran tertutup kain ciput. Nah, ciri khas ciput ini memiliki cut out di bagian telinganya sehingga mengantisipasi dari masalah di atas.