Baju Koko Busana Andalan Pria dalam Segala Situasi

Keberadaan baju koko pastinya sudah tidak asing lagi di tengah-tengah masyarakat, khususnya kaum muslim. Pakaian jenis ini dikenakan oleh kaum muslim laki-laki ketika beribadah. Saat ini, baju koko pria dengan desain kekinian juga sudah banyak digunakan sebagai seragam dan berbagai aktivitas lain. Hal tersebut tak lain karena banyaknya variasi model yang semakin berkembang dan menarik. Salah satu busana bagi seorang pria yang biasa dikenakan untuk beribadah ialah baju koko. Ternyata, baju koko ini asal muasalnya berasal dari bangsa Tionghoa. Masyarakat Tionghoa mengenakan baju koko ini secara turun temurun yang biasa disebut Tui Khim dan terus populer hingga sekarang. Nama dari baju “koko” ini berasal dari sebutan orang Indonesia yang menyebut kaum laki – laki Tionghoa dengan sebutan engkoh yang hingga sekarang berkembang menjadi kata koko. Sehingga, baju koko ini menjadi identik dan bukti akulturasi antara bangsa Indonesia dan Kebudayaan Tionghoa. Itulah asal muasal nama baju koko yang namanya terkenal hingga saat ini. Biasanya masyarakat Indonesia menggunakan baju Koko untuk beribadah seperti pergi ke masjid. Tapi, seiring berjalannya waktu penggunaan baju koko tak hanya digunakan untuk pakaian beribadah saja, namun penggunaan baju koko juga bisa digunakan untuk acara formal keagamaan seperti acara kajian, silaturahmi dengan keluarga, dan lain sebagainya. Tentunya dibutuhkannya model baju koko yang fashionable dan cocok dikenakan di setiap situasi dan kondisi. Tak hanya wanita saja yang ingin terlihat fashionable dan modern ketika sedang memakai busana, pria pun juga harus dan wajib mengenakan pakaian yang nyaman, enak dipandang, dan tentunya yang modern

Tips Memilih Baju Koko

Untuk memilih baju koko pria yang cocok digunakan di segala situasi tidaklah mudah. Berikut ini terdapat beberapa tips memilih baju koko pria modern yang tetap fashionable dan tentu saja cocok digunakan dalam segala situasi. Selain itu ada juga model untuk baju koko anak

Corak dan Warna

Bagi sebagian orang dalam memilih pakaian, corak dan warna haruslah sangat diperhatikan. Biasanya seseorang akan menyesuaikan warna pakaian dengan kulit mereka. Untuk trend di zaman sekarang ini, baju koko pria memiliki corak dan warna yang elegan dan berkelas. Seperti warna yang kalem (tidak terlalu mencolok) dan netral seperti warna cream, baju koko putih, navy, dan lain sebagainya. Namun, ada baiknya jika anda memilih warna sesuaikan warna yang pas untuk kulit anda dan pilihlah yang membuat anda nyaman ketika mengenakannya.

Model

Baju koko memanglah baju muslim untuk pria yang banyak digunakan di Indonesia. Modelnya pun beragam seperti lengan pendek ataupun lengan panjang. Untuk kaum muda, biasanya mereka menyukai model baju koko lengan pendek dengan beragam motif yang ada. Biasanya, motif berupa bordiran yang tidak terlalu ramai sehingga baju koko pria modern ini enak dipandang karena modelnya yang elegan. Ketika anda memilih model pakaian muslim ini, jangan lupa sesuaikan dengan postur tubuh anda. Walaupun begitu, model baju koko ya umum seperti yang kebanyakan orang pakai hanya saja pilihan warna, corak dan motifnya yang beragam membuat orang mengira bahwa model baju koko sangatlah banyak. Selain itu baju koko rabbani juga bagus modelnya.

Jenis Bahan

Seperti yang kita ketahui, pemilihan jenis bahan yang dikenakan sangatlah berpengaruh ketika dikenakannya. Jika anda sering beraktivitas di ruangan ber-AC ada baiknya jika anda mengenakan baju koko yang katun dan tidak tipis.

Jahitan Baju

Jahitan baju koko juga akan mempengaruhi tingkat kenyamanan berpakaian. Ketika membeli baju koko, pilihlah model jahitan yang tidak berkerut, panjang lengannya pas supaya tidak menutupi pergelangan tangan, dan lingkar lubang tangan yang tidak terlalu kesempitan supaya tangan bisa masuk secara leluasa saat baju koko dipakai. Satu hal lagi yang tidak boleh kelupaan adalah bagian kerah. Jahitan di bagian kerah jangan terlalu ketat ya agar tidak mencekik leher.

Jahitan Bordir

Buat kalian yang ingin tampil modis saat ingin bersilaturahmi dengan teman-teman di kantor, belilah baju koko yang memiliki bordiran di bagian pundak sampai pergelangan tangan atau di bagian bawah baju. Baju koko yang dilengkapi dengan bordiran akan membuat penampilan kalian lebih wow. Usahakan agar warna bordirannya netral supaya warnanya lebih mudah menyatu dengan warna celana, sepatu, atau aksesoris yang ingin kalian pakai nanti. Misalnya bordiran warna cream, hitam, atau emas.

Sesuaikan dengan Karakter

Baju koko berlengan panjang paling cocok buat kalian yang ingin tampil lebih dewasa dan lebih berwibawa. Baju ini juga menunjukkan karakter yang lebih kuat bagi seorang pria muslim. Jadi tidak heran kalau baju koko lengan panjang menjadi item wajib yang harus dimiliki oleh setiap pria muslim. 

Model Baju Koko Pria

Semakin banyaknya model dan variasi yang ditawarkan ke dalam baju koko pria ini, membuat penggunanya bukan hanya sebatas mengenakan baju ini saat ingin beribadah saja. Pola dan desain yang menawan juga membuat anda dapat menggunakan baju koko pria ini sebagai pendukung fashion dan aktivitas sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa model koko dengan desain modern yang bisa jadi pilihan anda.

Baju Koko Lengan Panjang

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, baju koko ini sering dipakai untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Kebanyakan dari itu adalah model pakaian muslim modern. Bedanya dari model yang lain adalah baju koko pria modern divariasi dengan desain yang dan aksen yang beragam. Paduan yang ada di dalam baju koko ini bisa menghadirkan konsep modern dan lebih enak dipandang. Di dalam baju koko modern, anda akan sulit menemukan desain polos. Seperti pada model baju koko lengan panjang yang saat ini banyak beredar di pasaran. Berbagai sudut baju mulai dari lengan diberi aksen menarik. Bahkan anda bisa juga menemukan model kancing dengan variasi yang berbeda. Sehingga kesan modern dan menawan semakin terlihat ketika baju koko ini dipakai.

Baju Koko Lengan Pendek

Kesan modern bukan hanya bisa didapat pada baju koko lengan panjang saja, tetapi sekarang baju koko lengan pendek juga tidak ketinggalan. Anda bisa mendapatkan baju koko pria modern lengan pendek yang fashionable saat digunakan di setiap situasi dan kondisi. Tipe baju koko lengan pendek tentunya sudah tidak asing lagi untuk anda. Bagaimanapun baju koko lengan pendek mudah untuk ditemui dengan berbagai pilihan desain. Apalagi saat ini tampilan kesan modern bisa dihadirkan lewat baju koko lengan pendek ini. Didukung dengan motif tertentu serta variasi aksen membuatnya tampil beda. Ada juga yang menawarkan konsep baju koko polos dengan kancing unik sebagai daya tariknya. Salah satu ciri utama model pakaian muslim ini yakni pada ukuran lengan yang tidak melebihi siku. Di samping itu, panjangnya juga tidak melebihi pertengahan paha. Ukurannya pun dibuat tidak terlalu longgar. Dengan banyaknya pilihan model baju koko pria modern tersebut, anda dapat menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Baju Koko Pakistan

Sebagian dari anda mungkin belum mengetahui model koko pria modern yang satu ini. Padahal saat ini baju koko Pakistan sudah mulai laris di pasaran dan sering dikenakan. Hal ini disebabkan desain serta model yang disuguhkan dari baju koko Pakistan unik, nyaman dan elegan. Berbeda dari model sebelumnya, untuk baju koko yang satu ini dikenal dengan panjang baju hingga pertengahan paha. Baju koko ini juga sering disebut sebagai Kurta. Sehingga tak heran membuat model pakaian ini menunjukkan ciri khas dari gaya negara Pakistan. Baju koko pria modern ini biasanya dibuat dari bahan katun dan desainnya sangat longgar. Tetapi hal inilah yang membuat baju koko ini terasa nyaman saat dipakai. Biasanya lengan baju koko Pakistan dibuat panjang dan membuat penggunanya terlihat semakin elegan. Anda bisa memilih baju koko Pakistan ini untuk gaya busana anda yang baru.

Baju Koko Kombinasi

Kesan modern bisa muncul pada model baju koko kombinasi. Mulai dari baju koko kombinasi batik, kombinasi songket, bordir dan lain sebagainya. Dengan adanya kombinasi pada baju koko tersebut akan memberikan sebuah hal yang unik dan menarik. Namun tetap tidak menghilangkan fungsi dari baju koko tersebut. Saat anda mengenakan baju koko pria modern dengan kombinasi, maka baju koko yang anda pakai tidak terlihat monoton. Anda bisa memperoleh tampilan baru yang fresh dan gaya modern dengan baju koko yang dipakai.

Kancing Si Kecil Imut Pelengkap Busana

Modern ini, kancing baju tidak hanya digunakan sebagai pengait baju, namun perkembangan zaman memunculkan ide untuk menggunakan benda kecil dan imut ini menjadi hiasan dalam berbagai pembuatan kerajinan. Pemakaian kancing baju sebagai hiasan dapat digunakan sebagai kreasi kancing baju dengan berbagai macam model dan bahan. Dalam pemasangannya pun tidak hanya terpaku di tengah baju saja, namun bisa diletakkan sesuai selera pengguna. Selain untuk busana, kancing juga sekarang merambah penggunaannya pada sepatu, tas, topi, dan kebutuhan lainnya. Kancing atau buah baju adalah alat kecil berbentuk pipih, dan bundar yang dipasangkan dengan lubang kancing untuk menyatukan dua helai kain yang bertumpukan, atau sebagai ornamen. Selain berbentuk bundar, kancing juga dibuat dalam berbagai bentuk seperti bulat, persegi, dan segitiga. Lubang kancing dibuat dengan melubangi kain dan menjahit pinggirannya dengan jarum tangan atau mesin jahit. Bergantung jenis bukaan, celah lubang kancing dapat dibuat horizontal atau vertikal. Kancing tertahan setelah dimasukkan ke dalam lubang kancing karena jahitan kancing terjerat pinggiran lubang kancing. Bahan yang paling umum untuk kancing adalah plastik keras. Selain itu, kancing dibuat dari bahan-bahan sintetis lainnya seperti seluloid, gelas, logam, dan bakelit, atau bahan-bahan alami seperti tanduk, tulang, gading, kerang, kayu. Kami juga melayani untuk jual kancing baju

Jenis-Jenis Kancing

Berdasarkan dari desain dan tujuan penggunaannya, kancing dapat dibedakan dalam berbagai jenis. Berikut beberapa jenis kancing yang biasa digunakan dalam dunia menjahit.

Kancing Lubang

Kancing lubang biasanya juga disebut kancing bermata, terdapat dua jenis yaitu kancing lubang dua dan kancing lubang empat, biasanya di permukaan kancing terdapat lubang-lubang tempat lewat jalur benang jahitan. Kancing seperti ini dapat dipasang dengan jahitan tangan atau mesin jahit. Kancing ini sering digunakan untuk pakaian laki-laki dan sering disebut kancing kemeja. Ukuran kancing ini bervariasi, mulai yang kecil hingga yang besar.

Kancing Jepret

Disebut juga kancing tekan. Kancing jenis ini terdiri dari dua bagian yaitu bagian cembung dan bagian cekung. Kedua bagian mengunci bila ditekan dan terlepas bila ditarik. Kancing ini juga ada yang berukuran agak kecil yang terdiri dari dua bagian. Satu bagian mempunyai tombol dan tipis dan yang satu lagi mempunyai lubang tetapi tidak tembus sampai ke belakangnya. Kancing jenis ini ada yang terbuat dari bahan besi atau stainless steel dan ada juga yang terbuat dari plastik. Kualitas kancing ini beragam. Untuk membuat busana yang berkualitas baik maka pilihlah kancing jepret yang berkualitas bagus. Kancing jepret yang berkualitas rendah adakalanya berkarat jika sudah dipakai dalam waktu yang lama. Kancing ini biasanya bisa ditemui di jaket.

Kancing Bungkus

Kancing bungkus merupakan kancing yang mempunyai keragaman bentuk sehingga lebih menonjolkan sisi artistik dalam penggunaannya. Kancing yang digunakan untuk membungkus kancing dan lubang untuk jalur benang yang berada pada bagian belakang kancing.

Kancing Sengkelit

Kancing sengkelit adalah jenis kancing yang mempunyai rumah berbentuk sengkelit, yaitu lipatan kain yang dibentuk sedemikian rupa sehingga bisa digunakan untuk mengaitkan kancing tanpa harus melubangi pakaian. Model kancing ini biasa digunakan pada pakaian atau busana wanita.

Kancing Cina

Seperti halnya kancing sengkelit, kancing cina digunakan dengan sistem kerja tidak melubangi pakaian sebagai rumah kancingnya. Kancing cina terbuat dari simpul tali koor yang dibentuk sedemikian rupa. Tali koor merupakan semacam tali yang memiliki permukaan halus dan berkilau yang jika dipotong ujungnya tidak mudah hancur dan terlepas.

Kancing Berkaki

Kancing berkaki merupakan salah satu jenis baju kancing yang sering digunakan pada busana wanita sebagai penutup belahan atau sekedar sebagai hiasan. Kancing berkaki yang banyak dijumpai biasanya terbentuk dari logam dan plastik. Bentuk dari kancing berkaki adalah terdapat kaki pada bagian bawah kancing yang akan digunakan sebagai pengait dengan busana untuk memasukkan benang.

Kancing Hak

Terdiri dari dua bagian yaitu bagian pengait dan bagian sangkutan. Hak ini ada dua macam, yang berukuran kecil atau kancing kait dan berukuran besar. Kancing kait digunakan sebagai pengancing bra, longtorso, dan untuk penahan belahan yang dipasangkan pada akhir pemasangan zipper. Hak berukuran besar dipasang pada ban pinggang rok atau celana. Pemasangannya dilakukan dengan cara dijahitkan dan ada juga dengan cara ditekan. Hak yang ditekan biasanya terdapat pada ban pinggang celana pria.

Cara Memasang Kancing

Memasang kancing dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan dijahit tangan atau mesin, tergantung dengan jenis kancingnya. Berikut ini terdapat beberapa cara untuk memasang kancing baju.

Kancing Lubang Dua dan Empat

Adapun teknik memasang kancing jenis ini yakni tentukan letak kancing dengan membuat tusuk awal terlebih dahulu lalu sisipkan ujung benang di antara dua kain dengan membuat satu atau dua tusukan kecil sebagai penguat. Pasang kancing dengan meletakkan jarum pentul untuk memberi kelonggaran pada kain yang tebal sebagai penyangga atau pengganti kaki kancing. Tusukkan jarum jahit melalui kancing sampai menembus ke dalam kain, lakukan beberapa kali lilitan, setelah selesai ambil jarum yang telah digunakan untuk penyangga. Lilitkan benang pada bagian bawah kancing, penyelesaian akhir pada bagian buruk dengan trens.

Kancing Berkaki

Adapun teknik memasang kancing yaitu, tentukan letak kancingnya terlebih dahulu dengan memberi tanda menggunakan benang yang disisipkan. Tusukkan jarum jahit melalui kain dan tangkai kancing, lalu tusukkan kembali ke dalam kain, lakukan beberapa kali tusukan. Lilitkan benang pada bagian tangkai kancing dengan beberapa lilitan sehingga kancing dapat berdiri tegak. Benang yang tembus pada bagian buruk kain diselesaikan dengan tusuk feston, terakhir beri tusuk penguat. Cara tersebut juga bisa digunakan untuk memasang kancing bungkus pada pakaian.

Kancing Hak

Adapun teknik memasang kancing kait/ hak yaitu, tandai posisi masing-masing lubang kancing kait untuk disesuaikan. Selipkan jarum pentul pada salah satu lubang dari kancing kait untuk menahan posisinya agar tidak berubah, lalu tusukkan jarum menembus kain di antara lubang kancing kait/ hak, usahakan jahitan tersebut tidak tampak dari bagian baik kain. Kemudian selesaikan dengan tusuk feston untuk memenuhi setiap lubang.

Kancing Jepret

Adapun cara memasang kancing tekan/ kancing jepret yaitu, buat tusuk jahitan awal pada tanda letak kancing. Pasangkan kancing yang timbul dengan tusuk balut atau tusuk feston berkepala, setiap lubang dibuat 3-5 tusuk jahitan. Usahakan hasil tusuk jahitan tersebut tidak tembus ke bagian baik kain. Tekankan bagian kancing yang timbul pada tempat kancing pipih yang  akan dipasangkan. Pasang kancing pipih seperti pemasangan kancing yang timbul. Untuk jenis busana yang berkualitas tinggi, kancing jepret dibungkus dengan bahan yang tipis dan sewarna dengan bahan busananya.

Tampil Stylish dan Tetap Santun dengan Rok

Rok panjang mungkin memang tidak lebih praktis daripada celana, namun rok panjang ini tentu lebih cocok dikenakan muslimah. Tak hanya terkesan anggun, dengan padu padan yang pas, rok panjang juga bisa memberi banyak gaya yang sesuai dengan kepribadianmu. Para remaja dan wanita hijabers yang sedang mencari rok untuk melengkapi tampilan mereka dengan hijab haruslah memperhatikan beberapa prinsip penting. Terlepas dari bahan baku, motif, desain, maupun jenisnya, rok muslimah harus panjang dan memperkuat identitas feminin sekaligus tidak menghilangkan kodrat sebagai wanita. Untuk yang berbadan besar pun dapat memunculkan kesan energik, lincah, dan syar’i pada penampilannya, misalnya dengan memilih rok yang berpinggang elastis atau yang memiliki self-tie fastening yang ramah untuk pergerakan tubuh. 

Tips Memadukan Rok dan Hijab

Memakai rok panjang memang jadi opsi anjuran untuk para hijaber yang ingin tampil santun dan anggun. Agar tak salah kostum dan keliru padu padan, kamu bisa mencontek gaya para hijaber yang mengkombinasikan rok panjang dan rok span dengan kerudung menjadi keseluruhan gaya yang asik dan tak monoton.

Tampilan Formal

Rok pensil panjang polos merupakan rok yang populer di kalangan hijaber untuk dipadupadankan dengan hijab dan blus saat berangkat ke kantor maupun menghadiri acara-acara yang sifatnya semi formal atau formal. Alternatifnya, rok hijabers berwarna pastel dan bermotif polos dan berdetail pleated juga baik bila digabungkan dengan atasan kemeja ruffle sleeve shirt untuk penampilan yang maksimal pada acara formal seperti pada kebanyakan pesta. Kedua jenis padu padan rok dan hijab ini dijamin akan membuatmu tampil anggun, elegan, dan stylish, namun juga formal dan profesional tanpa harus menimbulkan kesan fashion yang berlebihan. 

Tampilan Semi Formal

Ada banyak fashion style gabungan rok dan hijab yang dapat kamu jadikan acuan untuk penampilan yang semi formal. Padu padan yang paling sederhana adalah kemeja oversized berlapis t-shirt warna polos, kaos, dan hijab berwarna netral, namun pastikan warna t-shirt tidak monoton, misalnya yang terdapat pada warna krem. Anda juga dapat memilih motif-motif semacam bunga, tribal, polkadot, atau bintang sehingga penampilanmu akan tetap cool dan wajahmu terlihat cerah dan bersinar. Untuk variasinya, kamu dapat mengganti kemeja oversized dengan outer lain yang tidak kalah menariknya, seperti kimono outer atau long outer yang berwarna lembut, rok batik, atau menambahkan nuansa hitam-merah untuk kesan penampilan yang berani dan percaya diri tinggi. 

Tampilan Casual

Tidak kalah dengan style tampilan semi formal pada poin sebelumnya, style tampilan rok dan hijab yang casual yang cocok untuk hangout atau pergi ke kampus juga tidak kalah banyaknya dengan aneka perpaduan outerwear dan aksesorisnya masing-masing. Misalnya, kamu dapat menambahkan outerwear cape, cardigan, blazer, jaket, dan lain-lain yang berbahan katun atau sifon dengan motif yang tidak terlalu banyak detail, namun menarik. Bila hal tersebut kurang dalam melengkapi tampilan dengan rok hijabers, maka Anda dapat menambahkan ikat pinggang longgar, bros, cincin, gelang, dan kalung yang cantik dan trendi sebagai aksesori pelengkap rok hijabers, hijab, atasan, dan outer atau outerwear Anda. Untuk menentukan model padu padan casual nan syar’i dan sesuai untukmu, Anda juga dapat melihat pada berbagai artikel, blog, atau foto-foto fashion casual syar’i yang dapat menginspirasi gayamu. 

Tampilan Preppy

Tampilan yang terkenal dengan tema classic chic yang diusungnya ini identik dengan tampilan yang rapi, sleek, dan tertutup dengan mantel panjang berwarna nude yang umum digunakan sebagai outer. Supaya penampilan tidak monoton, Anda juga dapat mengganti outer-nya dengan rompi, cardigan, atau blazer berwarna senada dan melengkapinya dengan kemeja biru yang membuatmu tampil lebih cantik dan feminin. Pakai sepatu boots berwarna hitam dan pita atau kacamata hitam sebagai aksesori untuk melengkapi sentuhan manis penampilan preppy-mu saat bersantai bersama teman-teman. 

Tampilan Chic

Tampilan chic pada kombinasi rok hijab dengan hijab identik dengan warna-warna kalem dan lembut pada outer, gaun panjang, atau berbagai aksesori pelengkapnya seperti tas atau statement necklace. Pada saat yang sama, penampilan yang chic juga dapat mengandalkan aplikasi jeans yang berbahan flowy, terutama untuk penampilan chic menjelang akhir pekan di kantor untuk mengurangi kesan penampilan tegang pada saat hari kerja. Bila Anda hendak tampil chic pada tempat-tempat bersuhu, beriklim, atau bercuaca dingin, Anda pun dapat menambahkan scarf dan manset atau baju dalaman berwarna pastel untuk melengkapi penampilan chic-mu. Kamu juga dapat menambahkan thin strap watch atau ciput ninja anti-tembem untuk mengurangi kesan berlemak sekaligus menambah keren dan fashionable penampilanmu.

Model Rok yang Cocok Dikenakan oleh Hijabers

Memadukan rok dengan hijab untuk sehari-hari memang bikin Anda terlihat stylish seketika. Nah, jika Anda ingin mudah memadupadankan busana hijab, berikut ini 5 model rok kekinian yang wajib Anda miliki:

Denim Skirt

Rok jeans alias denim skirt memang menjadi fashion item vintage yang kini kembali jadi tren. Seolah tak lekang dimakan zaman, denim skirt—baik yang bermodel flare atau sepan—cocok dipadukan dengan berbagai jenis outfit, untuk gaya kasual hingga formal.

Button Up Skirt

Masih dari gaya vintage, rok dengan detail kancing di bagian depan yang menjulur dari atas ke bawah kini kembali jadi tren. Padukan dengan kemeja motif dan sneakers putih yang keren.

Rok Plisket

Terus jadi tren dan digandrungi, rok plisket (pleated skirt) menjadi fashion item yang wajib ada di lemari Anda. Nyaman dan bisa dipadupadankan dengan beragam atasan, pleated skirt jadi salah satu model rok kekinian yang bikin Anda tampil semakin stylish, untuk sehari-hari maupun busana kondangan.

Rok Ruffle Asimetris

Booming di kalangan selebgram, rok ruffle yang asimetris—yang biasanya bermotif kotak-kotak (plaid)—bisa bikin tampilan Anda terlihat edgy dan beda. Padukan dengan sneakers untuk tampilan kasual atau high heels untuk acara formal.

Rok Tutu

Feminin nan menggemaskan, rok tutu jadi salah satu model rok kekinian yang wajib ada di lemari Anda—setidaknya satu. Untuk tampilan casual, Anda bisa memadukan rok tutu berwarna pastel dengan hijab dan jaket jeans. Jadi tidak melulu pakai rok format seperti model rok kebaya

Baju Tunik Wanita Muslimah untuk Tampil Stylish dan Islami

Selain gaun, muslimah bisa juga menggunakan tunik atau blus panjang untuk dipadupadankan dalam menutup aurat. Fashion muslim kini sangat digemari masyarakat luas. Semakin kesini wanita muslimah banyak yang menggunakan pakaian tertutup yang fashionable. Tunik kini sering dipakai dan menjadi pilihan baju wanita muda. Biasanya dipadukan dengan celana atau rok panjang supaya terlihat lebih pas untuk busana muslim. Di antara sekian banyak model busana untuk muslimah, sepertinya tunik masih menjadi ikon fashion muslimah yang banyak disukai hingga saat ini. Selain terkenal praktis dalam segi pemakaiannya, model baju tunik modern yang berkembang nyatanya juga semakin bergaam. Begitu pula pilihan bahan untuk membuatnya. Tunik merupakan pakaian longgar yang mempunyai panjang hingga paha atau betis. Panjang lengan pada tunik pun juga bervariasi, ada yang lengan panjang, lengan ¾, serta tanpa lengan. Baju jenis tunik ini sangat fleksibel, karena tunik dapat dikenakan baik untuk acara formal maupun non formal. Tinggal pilih saja tunik dengan bahan, corak, dan desain yang sesuai gaya atau kegiatan yang akan dijalani. Dengan memilih tunik yang tepat, Anda dapat tampil lebih percaya diri.

Berikul model baju tunik dari lifira collection yang bisa beli disini dengan menghubungi whatsapp support :

Cara Memilih Atasan baju tunik terbaru

Untuk bisa tampil manis dengan tunik dan disandingkan dengan hijab. Tunik memiliki berbagai macam bahan dan model baju tunik terbaru. Setiap bahan atau modelnya memiliki kelebihannya masing-masing. Untuk itu, agar lebih jelas, perlu anda simak tips sederhana memilih baju tunik wanita muslimah berikut. 

Kenali Kualitas dan Bahan

Terdapat beberapa bahan yang biasa dijadikan tunik. Bahan-bahan ini menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan saat menggunakan tunik. Setiap bahan memiliki kelebihan dan sifatnya masing-masing. Karena itu, Anda harus mengenali kualitas dan bahan dari produk yang akan Anda beli. Jika Anda menginginkan kesan flowy dan lembut, tunik berbahan chiffon atau crepe bisa menjadi pilihan yang tepat. Kedua bahan tersebut memiliki sifat yang jatuh saat dipakai. Namun, karena terbilang tembus pandang, Anda harus memastikan tunik berbahan chiffon pilihan Anda memiliki furing sebagai dobelannya. Dengan begitu, Anda pun dapat bergaya dengan leluasa. Selanjutnya, bahan yang nyaman dan adem digunakan adalah cotton. Kelebihan lain dari cotton adalah dapat menyerap keringat dan air dengan baik. Bahan selain cotton yang memiliki daya serap tinggi yaitu babyterry. Meskipun babyterry lebih tebal dari cotton, bahan ini tak akan membuat berkeringat. Alhasil, Anda pun dapat beraktivitas dengan nyaman meskipun jadwal sedang padat. Untuk Anda yang menginginkan produk dengan bahan yang bersifat anti kuman, jamur, maupun bakteri, pilihlah tunik berbahan polyester. Bahan ini juga terbilang awet dan mudah kering ketika dijemur. Meskipun demikian, bahan polyester tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Jadi, bagi Anda yang mudah berkeringat, pakailah tunik berbahan polyester di acara-acara tertentu saja, ya.

Sesuaikan Model Tunik dengan Aktivitas

Tunik memiliki model yang sangat beragam, contohnya tunik asimetris, tunik kaos, tunik batwing, simple tunik, dan lainnya. Setiap model tunik memiliki ciri khas dan kegunaannya masing-masing. Jadi, jangan sampai mood Anda berantakan gara-gara tunik yang Anda pakai bikin mati gaya. Tunik yang pas untuk menemani kuliah adalah tunik dengan desain dan model yang minimalis. Anda bisa memilih tunik dengan motif yang simpel jika tidak menyukai busana berwarna polos. Berbeda dengan ketika menghadiri pesta, wisuda, atau lamaran, Anda perlu memilih tunik dengan corak mewah. Anda juga bisa memilih produk yang ditambahkan aksen brokat yang menonjol. Dengan begitu, acara spesial pun lebih mengesankan. Ada juga tunik dengan detail hoodie yang terbuat dari bahan berdaya serap baik. Tunik model ini sangat cocok Anda gunakan untuk menemani aktivitas olahraga seperti jogging atau bersepeda. Jadi, pilihlah model tunik yang sesuai dengan kegiatan Anda, ya. Ketika memilih tunik yang pas, aura dan tampilan Anda pun akan tampak lebih menawan!

Perhatikan Panjang Lengannya

Pada umumnya, tunik memiliki ukuran lengan yang beragam, mulai dari lengan panjang, lengan 3/4, hingga tanpa lengan. Perbedaan panjang lengan akan memberikan impresi dan style yang berbeda. Sebagai contoh, tunik berlengan panjang banyak digunakan untuk acara-acara formal. baju tunik wanita muslimah bahkan tak perlu menggunakan manset lagi ketika mengenakan tunik lengan panjang. Lain halnya dengan tunik tanpa lengan. Ketika mengenakan tunik ini, banyak wanita yang menambahkan outer tambahan agar gaya makin maksimal. Namun, ada juga wanita yang lebih nyaman menggunakan tunik tanpa lengan saja tanpa tambahan manset ataupun outer. Bagi Anda yang menyukai mix and match busana, tunik tanpa lengan bisa jadi pilihan menarik untuk berkreasi. Apakah Anda kurang nyaman menggunakan tunik lengan panjang dan tidak percaya diri ketika menggunakan tunik tanpa lengan? Nah, Anda bisa menggunakan tunik lengan 3/4 sebagai solusinya. Selain itu, bagi Anda yang insecure dengan ukuran lengan, tunik 3/4 juga dipercaya dapat menyamarkan ukuran lengan Anda. 

Model Pilihan Tunik yang Kekinian

Saat ini, di pasaran banyak sekali jenis tunik yang dijual. Berikut ini terdapat beberapa pilihan model tunik yang dapat Anda pilih untuk tetap tampil modis dan tentu saja cocok dikenakan untuk wanita muslimah.

Tunik Polos

Tunik dengan model polos cocok digunakan untuk segala suasana. Dapat membuat penampilan kita menjadi terlihat anggun di acara formal. Atau bisa juga untuk dibawa ke acara non formal dengan gaya casual. Cukup dipadukan dengan hijab warna senada untuk gaya berbusana anda.

Tunik Peplum

Tunik jenis ini dilengkapi dengan lipatan-lipatan di bagian bawah. Menjadikan penampilan lebih girly dan feminim. Tunik jenis ini juga bisa dikenakan baik pada acara formal maupun non formal. Apabila ingin menggunakan pada acara formal, sebaiknya pilih bahan yang agak tebal dan kaku agar terkesan lebih rapi. Sedangkan apabila ingin mengenakan pada acara non formal, bisa memilih tunik dengan bahan jersey ataupun spandek agar terkesan lebih santai.

Tunik Asimetris

Tunik jenis ini memiliki sudut yang menyamping atau mengerucut pada bagian bawah. Mengenakan tunik jenis ini cocok buatmu yang memiliki kepribadian trendy dan fashionable.

Tunik Vest

Baju tunik jenis ini biasanya didesain seperti rompi dan sering dipakai sebagai outer ketika memakai kaos maupun kemeja tanpa membuat penampilan pemakainya jadi terkesan berlebihan. 

Tunik Dress

Tunik dress merupakan model tunik yang memiliki model yang menyerupai dress, tetapi sejatinya adalah tunik. Bagi sejumlah wanita baju tunik cantik ini sering dijadikan pilihan yang tepat bagi mereka yang aktif dan memiliki kegiatan yang padat. 

Tunik Abaya

Dibandingkan dengan abaya, baju tunik modern cantik ini sifatnya memang cenderung lebih fleksibel jadi bisa digunakan untuk acara formal maupun non formal, tinggal mengkombinasikan dengan hijab yang sesuai dengan acara.