Baju Koko Busana Andalan Pria dalam Segala Situasi

Keberadaan baju koko pastinya sudah tidak asing lagi di tengah-tengah masyarakat, khususnya kaum muslim. Pakaian jenis ini dikenakan oleh kaum muslim laki-laki ketika beribadah. Saat ini, baju koko pria dengan desain kekinian juga sudah banyak digunakan sebagai seragam dan berbagai aktivitas lain. Hal tersebut tak lain karena banyaknya variasi model yang semakin berkembang dan menarik. Salah satu busana bagi seorang pria yang biasa dikenakan untuk beribadah ialah baju koko. Ternyata, baju koko ini asal muasalnya berasal dari bangsa Tionghoa. Masyarakat Tionghoa mengenakan baju koko ini secara turun temurun yang biasa disebut Tui Khim dan terus populer hingga sekarang. Nama dari baju “koko” ini berasal dari sebutan orang Indonesia yang menyebut kaum laki – laki Tionghoa dengan sebutan engkoh yang hingga sekarang berkembang menjadi kata koko. Sehingga, baju koko ini menjadi identik dan bukti akulturasi antara bangsa Indonesia dan Kebudayaan Tionghoa. Itulah asal muasal nama baju koko yang namanya terkenal hingga saat ini. Biasanya masyarakat Indonesia menggunakan baju Koko untuk beribadah seperti pergi ke masjid. Tapi, seiring berjalannya waktu penggunaan baju koko tak hanya digunakan untuk pakaian beribadah saja, namun penggunaan baju koko juga bisa digunakan untuk acara formal keagamaan seperti acara kajian, silaturahmi dengan keluarga, dan lain sebagainya. Tentunya dibutuhkannya model baju koko yang fashionable dan cocok dikenakan di setiap situasi dan kondisi. Tak hanya wanita saja yang ingin terlihat fashionable dan modern ketika sedang memakai busana, pria pun juga harus dan wajib mengenakan pakaian yang nyaman, enak dipandang, dan tentunya yang modern

Tips Memilih Baju Koko

Untuk memilih baju koko pria yang cocok digunakan di segala situasi tidaklah mudah. Berikut ini terdapat beberapa tips memilih baju koko pria modern yang tetap fashionable dan tentu saja cocok digunakan dalam segala situasi. Selain itu ada juga model untuk baju koko anak

Corak dan Warna

Bagi sebagian orang dalam memilih pakaian, corak dan warna haruslah sangat diperhatikan. Biasanya seseorang akan menyesuaikan warna pakaian dengan kulit mereka. Untuk trend di zaman sekarang ini, baju koko pria memiliki corak dan warna yang elegan dan berkelas. Seperti warna yang kalem (tidak terlalu mencolok) dan netral seperti warna cream, baju koko putih, navy, dan lain sebagainya. Namun, ada baiknya jika anda memilih warna sesuaikan warna yang pas untuk kulit anda dan pilihlah yang membuat anda nyaman ketika mengenakannya.

Model

Baju koko memanglah baju muslim untuk pria yang banyak digunakan di Indonesia. Modelnya pun beragam seperti lengan pendek ataupun lengan panjang. Untuk kaum muda, biasanya mereka menyukai model baju koko lengan pendek dengan beragam motif yang ada. Biasanya, motif berupa bordiran yang tidak terlalu ramai sehingga baju koko pria modern ini enak dipandang karena modelnya yang elegan. Ketika anda memilih model pakaian muslim ini, jangan lupa sesuaikan dengan postur tubuh anda. Walaupun begitu, model baju koko ya umum seperti yang kebanyakan orang pakai hanya saja pilihan warna, corak dan motifnya yang beragam membuat orang mengira bahwa model baju koko sangatlah banyak. Selain itu baju koko rabbani juga bagus modelnya.

Jenis Bahan

Seperti yang kita ketahui, pemilihan jenis bahan yang dikenakan sangatlah berpengaruh ketika dikenakannya. Jika anda sering beraktivitas di ruangan ber-AC ada baiknya jika anda mengenakan baju koko yang katun dan tidak tipis.

Jahitan Baju

Jahitan baju koko juga akan mempengaruhi tingkat kenyamanan berpakaian. Ketika membeli baju koko, pilihlah model jahitan yang tidak berkerut, panjang lengannya pas supaya tidak menutupi pergelangan tangan, dan lingkar lubang tangan yang tidak terlalu kesempitan supaya tangan bisa masuk secara leluasa saat baju koko dipakai. Satu hal lagi yang tidak boleh kelupaan adalah bagian kerah. Jahitan di bagian kerah jangan terlalu ketat ya agar tidak mencekik leher.

Jahitan Bordir

Buat kalian yang ingin tampil modis saat ingin bersilaturahmi dengan teman-teman di kantor, belilah baju koko yang memiliki bordiran di bagian pundak sampai pergelangan tangan atau di bagian bawah baju. Baju koko yang dilengkapi dengan bordiran akan membuat penampilan kalian lebih wow. Usahakan agar warna bordirannya netral supaya warnanya lebih mudah menyatu dengan warna celana, sepatu, atau aksesoris yang ingin kalian pakai nanti. Misalnya bordiran warna cream, hitam, atau emas.

Sesuaikan dengan Karakter

Baju koko berlengan panjang paling cocok buat kalian yang ingin tampil lebih dewasa dan lebih berwibawa. Baju ini juga menunjukkan karakter yang lebih kuat bagi seorang pria muslim. Jadi tidak heran kalau baju koko lengan panjang menjadi item wajib yang harus dimiliki oleh setiap pria muslim. 

Model Baju Koko Pria

Semakin banyaknya model dan variasi yang ditawarkan ke dalam baju koko pria ini, membuat penggunanya bukan hanya sebatas mengenakan baju ini saat ingin beribadah saja. Pola dan desain yang menawan juga membuat anda dapat menggunakan baju koko pria ini sebagai pendukung fashion dan aktivitas sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa model koko dengan desain modern yang bisa jadi pilihan anda.

Baju Koko Lengan Panjang

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, baju koko ini sering dipakai untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Kebanyakan dari itu adalah model pakaian muslim modern. Bedanya dari model yang lain adalah baju koko pria modern divariasi dengan desain yang dan aksen yang beragam. Paduan yang ada di dalam baju koko ini bisa menghadirkan konsep modern dan lebih enak dipandang. Di dalam baju koko modern, anda akan sulit menemukan desain polos. Seperti pada model baju koko lengan panjang yang saat ini banyak beredar di pasaran. Berbagai sudut baju mulai dari lengan diberi aksen menarik. Bahkan anda bisa juga menemukan model kancing dengan variasi yang berbeda. Sehingga kesan modern dan menawan semakin terlihat ketika baju koko ini dipakai.

Baju Koko Lengan Pendek

Kesan modern bukan hanya bisa didapat pada baju koko lengan panjang saja, tetapi sekarang baju koko lengan pendek juga tidak ketinggalan. Anda bisa mendapatkan baju koko pria modern lengan pendek yang fashionable saat digunakan di setiap situasi dan kondisi. Tipe baju koko lengan pendek tentunya sudah tidak asing lagi untuk anda. Bagaimanapun baju koko lengan pendek mudah untuk ditemui dengan berbagai pilihan desain. Apalagi saat ini tampilan kesan modern bisa dihadirkan lewat baju koko lengan pendek ini. Didukung dengan motif tertentu serta variasi aksen membuatnya tampil beda. Ada juga yang menawarkan konsep baju koko polos dengan kancing unik sebagai daya tariknya. Salah satu ciri utama model pakaian muslim ini yakni pada ukuran lengan yang tidak melebihi siku. Di samping itu, panjangnya juga tidak melebihi pertengahan paha. Ukurannya pun dibuat tidak terlalu longgar. Dengan banyaknya pilihan model baju koko pria modern tersebut, anda dapat menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Baju Koko Pakistan

Sebagian dari anda mungkin belum mengetahui model koko pria modern yang satu ini. Padahal saat ini baju koko Pakistan sudah mulai laris di pasaran dan sering dikenakan. Hal ini disebabkan desain serta model yang disuguhkan dari baju koko Pakistan unik, nyaman dan elegan. Berbeda dari model sebelumnya, untuk baju koko yang satu ini dikenal dengan panjang baju hingga pertengahan paha. Baju koko ini juga sering disebut sebagai Kurta. Sehingga tak heran membuat model pakaian ini menunjukkan ciri khas dari gaya negara Pakistan. Baju koko pria modern ini biasanya dibuat dari bahan katun dan desainnya sangat longgar. Tetapi hal inilah yang membuat baju koko ini terasa nyaman saat dipakai. Biasanya lengan baju koko Pakistan dibuat panjang dan membuat penggunanya terlihat semakin elegan. Anda bisa memilih baju koko Pakistan ini untuk gaya busana anda yang baru.

Baju Koko Kombinasi

Kesan modern bisa muncul pada model baju koko kombinasi. Mulai dari baju koko kombinasi batik, kombinasi songket, bordir dan lain sebagainya. Dengan adanya kombinasi pada baju koko tersebut akan memberikan sebuah hal yang unik dan menarik. Namun tetap tidak menghilangkan fungsi dari baju koko tersebut. Saat anda mengenakan baju koko pria modern dengan kombinasi, maka baju koko yang anda pakai tidak terlihat monoton. Anda bisa memperoleh tampilan baru yang fresh dan gaya modern dengan baju koko yang dipakai.