Kaos Kaki Pelindung Aurat yang Kadang Dilupakan Muslimah

Memilih kaos kaki muslimah yang tepat tentu tidak mudah. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, salah satunya adalah dapat menutupi aurat. Tidak dipungkiri bahwa ketidaknyamanan para muslimah ketika menggunakan kaos kaki biasa adalah sedikit ruang gerak saat beraktivitas. Mereka harus berhati-hati ketika berjalan, duduk, dan lain sebagainya. Karena itu, dengan menggunakan kaos kaki muslimah yang notabene memiliki panjang sebetis, tentu akan membuat pergerakan menjadi lebih mudah, bebas, dan cepat tanpa khawatir aurat akan terlihat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan selain ukuran panjang sebetis untuk memilih kaos kaki muslimah, di antaranya adalah kualitas bahan yang digunakan, model,kualitas jahitan, serta merek dan harganya. Selain itu, dalam memilih kaos kaki muslimah terbaik, Anda juga harus memperhatikan warna serta motifnya. Hal ini bertujuan agar Anda lebih mudah ketika memadupadankan dengan busana muslim yang Anda kenakan.

Cara Memilih Kaos Kaki Wanita untuk Muslimah

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih kaos kaki untuk muslimah, di antaranya adalah :

Perhatikan Kualitas Bahan yang Digunakan

Bahan untuk membuat kaos kaki bermacam-macam, ada yang terbuat dari bahan wool, acrylic, spandex, nylon, polyester, dan benang varia. Beberapa produsen kaos kaki muslimah biasanya menggunakan campuran dari bahan-bahan tersebut untuk menghasilkan kualitas kaos kaki terbaiknya. Untuk mendapatkan kenyamanan, Anda bisa memilih kaos kaki dari bahan utama seperti wol atau nilon, di mana bahan tersebut dapat memberikan kesan adem dan nyaman ketika dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu, bahan yang berkualitas dapat membuat kaos kaki lebih awet dan tidak mudah rusak meskipun dipakai berkali-kali.

Perhatikan Modelnya

Dalam memilih kaos kaki wanita muslimah, usahakan untuk memperhatikan model kaos kaki terlebih dahulu sebelum membelinya. Pilih model yang memudahkan Anda untuk beribadah, misalnya kaos kaki wudhu. Hal ini penting, karena biasanya ketika berwudhu, seseorang akan melepas kaos kakinya. Tapi dengan kaos kaki wudhu, Anda tidak perlu lagi melepas kaos kaki, karena Anda hanya cukup melipatnya ke atas ketika berwudhu. Namun yang perlu diperhatikan dalam pemilihan model kaos kaki untuk muslimah adalah, pilih yang tebal dan tidak transparan, sehingga aurat Anda tidak terlihat secara sempurna.

Perhatikan Ukurannya

Usahakan kaos kaki yang Anda beli tidak terlalu sempit atau pun longgar. Karena jika terlalu sempit akan membuat kaki Anda tidak nyaman dan gerah, dan jika terlalu longgar akan membuat kaos kaki mudah melorot dan bisa mengganggu penampilan Anda. Selain itu, untuk kebutuhan muslimah, hendaknya Anda memilih kaos kaki yang lebih panjang (minimal sebetis), agar aurat bisa tertutupi dengan baik dalam berbagai aktivitas apapun.

Perhatikan Kualitas Jahitan Kaos Kaki

kaos kaki muslimah lucu yang memiliki kualitas jahitan yang bagus akan lebih kuat dan juga lebih awet. Untuk melihatnya, Anda bisa cek jahitan pada bagian cuff (bagian kepala kaki). Semakin rapi dan rapat jahitan, semakin bagus kualitas kaos kakinya.

Perhatikan Warna dan Motifnya

Warna dan motif kaos kaki muslimah bermacam-macam, namun yang banyak ditemui dipasaran adalah warna yang mirip dengan warna kulit. Meskipun begitu, Anda bisa memilih warna lain yang lebih menarik. Usahakan warna yang Anda pilih cocok dan sesuai dengan busana muslim yang Anda pakai. Selain itu, untuk memberikan kesan gaul dan trendi, Anda juga bisa memilih kaos kaki dengan motif yang unik dan lucu. Sehingga gaya berbusana Anda akan terlihat lebih fresh dan cute.

Cara Merawat Kaos Kaki yang Benar

Setelah Anda membeli kaos kaki muslimah, maka pastikan Anda juga memperhatikan cara merawatnya agar kaos kaki tetap bersih, lebih awet, dan nyaman saat dipakai. Berikut ini beberapa tips cara merawat kaos kaki yang benar :

  • Hindari mencuci kaos kaki dengan mesin cuci. Usahakan mencucinya dengan menggunakan tangan dan pastikan jangan menyikat kaos kaki agar kaos kaki tidak mudah rusak.
  • Pisahkan kaos kaki yang memiliki warna putih dengan pakaian lainnya ketika merendam atau mencucinya.
  • Jemur kaos kaki di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.
  • Ambil kaos kaki dari jemuran jika sudah benar-benar kering. Kemudian lipat dan simpan di tempat yang tidak lembab agar terhindar dari bakteri dan jamur yang bisa membuat kaos kaki bau.

Model Kaos Kaki Muslimah yang Wajib Dimiliki

Kaos kaki bukan hanya sekedar menjadi items penyempurna gaya atau melindungi kaki saja bagi para wanita muslim. Seperti yang kita diketahui, sebagai wanita muslim, selain wajah dan telapak tangan, pada bagian tumit ke bawah hingga telapak kaki juga wajib ditutupi. Demi menyempurnakan aurat yang sesuai dengan syariat agama, kaos kaki tentu bisa jadi solusi terbaik. Melihat kebutuhan wanita muslim akan kaos kaki, saat ini semakin banyak pilihan model kaos kaki muslimah yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Butuh referensi jenis kaos kaki Muslimah seperti apa yang cocok untukmu? Berikut enam model kaos kaki muslimah yang perlu kamu ketahui.

Kaos Kaki Jempol

Jenis kaos kaki Muslimah pertama yang perlu kamu ketahui adalah model kaos kaki jempol. Kaos kaki jempol sendiri memiliki desain fit pada bagian jempol. Biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu panjang dan material stretchable, kaos kaki jempol polos ini sangat nyaman untuk menyempurnakan gaya sehari-hari.

Kaos Kaki Muslimah Motif Batik

Bosan dengan jenis kaos kaki polos? Kamu bisa mencoba kaos kaki motif batik Muslimah. Kaos kaki muslimah motif Soka ini memang kerap dipilih banyak Hijabers untuk pelengkap gaya karena dikenakan sangat nyaman dan memiliki kualitas yang baik.

Kaos Kaki Pendek

Selanjutnya ada model kaos kaki pendek atau hidden invisible socks. Sesuai dengan namanya, kaos kaki dengan ukuran yang tidak panjang ini sangat pas untuk kamu yang ingin menggunakan sneakers karena ukurannya cukup pendek dan fleksibel. Selain nyaman, 3-Pack Cotton Casual Socks dari Zahra Signature juga mudah dipadu-padankan dengan warna sepatu apapun karena memiliki rangkaian nuansa warna basic.

Kaos Kaki Wudhu

Kaos kaki wudhu bisa dibilang menjadi salah satu jenis kaos kaki yang banyak dipilih para muslimah. Kaos kaki wudhu menjadi favorit banyak orang karena memang sangat praktis untuk menemani aktivitas harian. Hal ini karena kaos kaki wudhu memiliki detail slip holes atau bukaan pada bagian bawah untuk memudahkan saat akan berwudhu. Desain kaos kaki wudhu sendiri juga cukup beragam, ada kaos kaki muslimah panjang, kaos kaki wudhu pendek, kaos kaki wudhu motif, dan masih banyak lagi.

Kaos Kaki Motif Bunga

Untukmu yang suka tampil feminin atau gaya chic bisa mengandalkan koleksi kaos kaki motif bunga. Kaos kaki motif bunga juga tidak melulu tampil dalam warna kontras, beberapa kaos kaki motif bunga dari brand Soka bahkan merilis koleksi kaos kaki motif bunga dengan pilihan warna pastel.

Kaos Kaki Muslimah Polos

Terakhir, ada grosir kaos kaki muslimah. Jenis kaos kaki polos ini wajib masuk ke dalam daftar koleksi socks favoritmu. Biasanya kaos kaki putih dan sepasang kaos kaki hitam kerap menjadi pilihan karena mudah di mix and match dengan warna sepatu apapun.