Pentingnya Penggunaan Inner dalam Berhijab

Dalam berhijab dibutuhkan pula inner hijab atau dalaman sebagai pelengkapnya terutama pada pemakaian hijab yang berbahan tipis dan menerawang. Pernah nggak sih kamu merasa pusing atau telinga kamu terasa sakit setelah memakai hijab dalam waktu yang lama? Mungkin itu karena kamu salah dalam memilih ciput atau inner (dalaman). Buat kamu para hijabers pastinya sudah tidak asing lagi dengan ciput atau inner, bahkan bisa dibilang kalau hijab dan ciput adalah dua benda yang tidak bisa dipisahkan. Namun kamu tau nggak sih kalau ternyata ciput itu ada bermacam-macam dan memiliki fungsi yang berbeda juga. 

Manfaat Memakai Inner Hijab

Tidak hanya berfungsi sebagai penutup aurat, pemakaian inner hijab dengan warna, bentuk, dan ukuran tertentu yang dipadukan dengan hijab yang tepat dapat membantu penampilan wanita muslimah makin anggun. Berikut beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan inner hijab.

Mendukung Kerapian dalam Penggunaan Hijab

Salah satu manfaat dari penggunaan inner hijab adalah untuk menjaga hijab agar tidak mudah bergeser karena bersentuhan dengan rambut yang licin. Disamping itu pemakaian inner juga membantu menutupi rambut sehingga mencegah ujung rambut mencuat pada saat penggunaan hijab yang berpori cukup besar atau berbahan tipis.

Membentuk Siluet Kepala

Tujuan dari penambahan sanggul atau cepol pada inner hijab tidak lain adalah untuk membentuk siluet yang bagus pada penggunaan hijab serta memberi bentuk yang indah pada bagian kepala. Hanya saja dalam penggunaan cepol atau sanggul ini sebaiknya disejajarkan dengan garis kepala teratas sehingga bentuknya tidak menyerupai punuk unta.

Menyeimbangkan Bentuk Wajah

Keberadaan inner hijab dalam berbagai variasi bentuk dan ukuran dapat dimanfaatkan untuk menyamarkan bentuk wajah sehingga diperoleh tampilan yang lebih seimbang. Untuk menyamarkan bentuk wajah yang chubby, dapat digunakan inner hijab berupa ciput hijab pet atau ciput ninja yang mampu membuat wajah tampak panjang dan terkesan lebih tirus. Sedangkan untuk menyamarkan wajah yang panjang dapat menggunakan inner hijab yang berwarna kontras dengan hijab yang dikenakan.

Tips dalam Memilih Inner Hijab

Dalaman hijab atau inner menjadi andalan para hijabers agar bisa menutupi bagian depan rambut kepala agar tidak terlihat. Meskipun tertutup oleh hijab, pemilihan ciput atau inner hijab yang tidak tepat bisa membuat kamu merasa tidak nyaman ketika menggunakanannya. Salah satu keluhan hijabers adalah pusing karena ciput yang terlalu ketat. Berikut ini ada beberapa tips dalam memilih inner hijab yang nyaman dikenakan dalam waktu yang lama.

Pilihlah Inner Ninja Berbahan Spandek

Pilih ciput ninja bahan spandek kaos yang berkualitas tinggi sehingga kamu nyaman saat memakai ciput. Bahan spandek yang tipis dan tidak ketat bisa menjadi ciput anti pusing.

Pilih Inner Berbahan Ciput Rajut

Inner anti pusing selanjutnya adalah inner dengan bahan rajut yang sudah banyak beredar dipasaran. Inner anti pusing berbahan rajut ini tersedia dalam berbagai jenis mulai dari inner rajut bandana, inner anti tembem alias antem dan inner rajut anti budek atau anti sakit ketika dipakai bagian telinga. Inner bahan rajut nyaman dipakai karena bahan yang stretch atau melar serta tidak terlalu ketat ketika digunakan.

Pilih Inner Berbahan Rayon Super

Bahan rayon adalah salah satu bahan yang banyak dipakai untuk pakaian. Bahan rayon memiliki daya serap yang tinggi, lembut di kulit dan nyaman dipakai. Saat digunakan sebagai inner, bahan rayon yang memiliki tekstur halus dan lembut pun membuat kamu tidak pusing saat memakainya.

Pilihlah Inner Bahan Rayon yang Tidak Menutupi Telinga

Nah, inner yang satu ini sedang tren. Inner rajut kini juga hadir dalam model yang tidak menutupi telinga. Inner rajut terbaru ini selain tidak pusing karena bahannya yang ringan dan tipis, juga bisa membuat kamu terlihat lebih tirus karena bentuknya yang menutupi bagian pipi dan dagu.

Pilihlah Ukuran Inner yang Sesuai

Selain bahan, ukuran inner juga perlu diperhatikan agar tidak membuat pusing saat dipakai. Pemilihan inner hijab yang tidak sesuai dengan ukuran akan membuat kepalamu terasa sakit karena terlalu ketat. Inner yang terlalu ketat bisa menimbulkan ruam merah yang akan terasa gatal, iritasi dan perih dibagian kulit wajah. Kebalikan dari ketat adalah longgar. Namun jangan juga memakai inner yang longgar karena bisa membuat rambut kamu akan keluar dari hijab. Dan inner yang longgar juga membuat penampilan tidak rapi saat memakai hijab. Selain itu, inner hijab yang longgar juga akan turun dengan sendirinya di kepala dan malah membuat kamu tidak nyaman. Jadi pilihlah ukuran yang pas agar kamu nyaman beraktivitas dengan menggunakan inner.

Jenis-Jenis Inner Hijab

Tak heran jika di pasaran kini tersedia beragam jenis ciput dan membuat kamu bingung harus membeli yang mana. Nah, untuk membuka matamu, ini dia 7 jenis ciput yang ada di pasaran, agar kamu tahu mana yang harus dipilih sesuai kebutuhan.

Ciput Bandana

Sesuai namanya, ciput ini berbentuk seperti bandana yang lebar. Bahannya pun umumnya terbuat dari kaos atau spandek yang elastis sehingga nyaman dikenakan. Ciput ini dapat menutupi area dahi hingga ubun-ubun kepala, dan menjaga rambut supaya tidak keluar jilbab. Itu sebabnya, ciput ini disarankan hanya digunakan ketika kamu mengenakan jilbab berbahan tebal agar rambutmu tak menerawang.

Ciput Rajut

Mirip seperti ciput bandana, namun lebih lebar sehingga mampu menutupi hingga ke area belakang kepala. Sesuai namanya, bahannya terbuat dari rajut, sehingga elastis dan sangat nyaman dipakai. Dijamin nggak akan membuat kamu sakit telinga. Dan kekinian, ciput rajut hadir dalam dua warna, bahkan empat warna sekaligus, dalam satu ciput. Tujuannya, supaya bisa dipakai bergantian menyesuaikan dengan warna jilbabmu.

Ciput Ninja

Ini adalah salah satu jenis ciput yang paling sering ditemui di toko online. Ciput ninja bentuknya mirip seperti bergo, yaitu menutupi seluruh kepala dan leher. Itu sebabnya, ciput ninja cocok dikenakan saat kamu memakai ciput kerudung yang cukup tipis, atau ketika kamu bergaya berkerudung yang hanya disampirkan di sekeliling wajah.

Ciput Anti Tembem

Ini dia ciput yang paling laris dan banyak dicari, terutama oleh mereka yang merasa berpipi tembem. Sekilas mirip dengan ciput ninja, tapi ciput anti tembem ini lebih menutup bagian pipi sehingga menciptakan efek tirus. 

Ciput Arab

Ciput Arab sangat sederhana. Berbentuk seperti topi kupluk yang pemakaiannya sangat praktis. Kelebihannya, ciput ini akan menutup seluruh bagian rambut kamu.

Ciput Pet

Dalaman jilbab yang satu ini punya bentuk mirip ciput Arab, namun memiliki bentuk yang mancung seperti topi di bagian depannya untuk memastikan jilbabmu terpasang dengan mantap dan rapi. Cocok nih buat kamu yang ingin jilbabmu selalu terpasang rapi dan simetris.

CIput Anti Budek

Masalah yang sering dialami ketika memakai ciput adalah sakit telinga atau telinga menjadi budek lantaran tertutup kain ciput. Nah, ciri khas ciput ini memiliki cut out di bagian telinganya sehingga mengantisipasi dari masalah di atas.