Pesona dan Ragam Kain Batik

This image has an empty alt attribute; its file name is 57bwSLsLl6gdcSDHQW0NpnFddYFmTId44BPZNw3OtjqKv23PVmuHnvlCQFwzieIyhW9QXfe4I4NR7s93v92ZOqeNWw0VrPeEa2pA2GpHf2svjYfNyhHlrqChHGfm6vNIlgBwVefu

Pakaian dari kain batik kini sudah menjadi trend di semua kalangan bahkan pakaian batik menjadi senjata pamungkas untuk berbagai kegiatan penting seperti acara resepsi pernikahan dan berbagai acara resmi lainnya. Selain untuk acara resmi busana batik kini sudah berkembang ragam dan desainnya sehingga batik saat ini menjadi pakaian yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan.

Motif Batik Nusantara

Motif Batik Nusantara memang sangat beragam, bahkan setiap wilayah pasti memiliki motif batik sendiri yang menjadikan sebuah ciri khas dari wilayah tersebut. Motif batik sendiri merupakan sebuah kerangka gambar pada batik bisa berupa perpaduan antara garis, bentuk dan isen. Perpaduan corak atau pola itulah yang mewujudkan batik secara keseluruhan.

Batik Klasik

Batik Klasik mempunyai makna dengan filosofi yang berasal dari pembuatnya yaitu masyarakat Jawa, Batik jenis mempunyai keindahan secara visual dan filosofi. Pada umumnya batik ini memiliki warna-warna gelap yang mengandung makna wibawa dan keseriusan. Berikut beberapa motif batik yang termasuk ke dalam motif batik klasik.

  • Batik Sido Luhur
  • Batik Sido Mukti
  • Batik Sido Mulyo
  • Batik Cuwiri
  • Batik Kawung
  • Batik Tambal
  • Batik Petani
  • Batik Truntum
  • Batik Parang
  • Batik Grompol

Batik Pesisir

Batik Pesisir mempunyai motif yang lebih bebas dan tidak kaku. Dari segi warna batik pesisir lebih mempunyai banyak warna dari batik klasik. Batik pesisir melambangkan kemandirian dan jiwa yang penuh kebebasan. Warna dan motif yang ditorehkan pada batik pesisir lebih cerah, lebih mencolok dan lebih berani dibanding batik klasik. Berikut beberapa contoh dari batik pesisir. Macam-macam motif batik pesisir adalah sebagai berikut.

  • Batik Lasem
  • Batik Cirebon
  • Batik Pekalongan

Batik Kontemporer

Batik jenis ini biasa dibuat untuk brand anak muda, sehingga motif yang digunakan tidak selalu mempunyai filosofi dari masa lalu. Motif Kontemporer memiliki motif warna-warni yang berani atau desain yang tidak seperti batik pada umumnya. Batik ini bisa digunakan dalam acara formal maupun non formal. Sehingga pada Batik Kontemporer, banyak ditemukan motif yang tidak bernama dan tidak bercerita.

Metode Membatik

Terdapat beberapa metode dalam pembuatan kain batik. Biasanya semakin rumit dan semakin lama waktu pengerjaannya, harga kain batik akan semakin mahal. Ini dia beberapa jenis batik berdasarkan cara pembuatannya.

Batik Tulis

Batik ini disebut batik tulis karena proses pengerjaannya seperti menulis di atas kain. Cara membuat batik tulis adalah dengan menorehkan cairan ‘malam’ (wax) dengan menggunakan canting menurut pola-pola tertentu pada kain. Semua proses pembuatan batik tulis dilakukan menggunakan tangan. Oleh karena itu, biasanya motif pada kain batik tulis tidak akan terlihat sempurna. Karena dikerjakan tangan manusia maka mungkin saja ada sedikit perbedaan antara motif yang sama pada satu kain batik. Pada batik tulis biasanya pada awal atau akhir mencanting ada tetesan yang lebih besar. Selain itu corak dan warna pada sisi depan dan belakang batik tulis akan sama karena proses mencantingnya dilakukan pada kedua sisi. Untuk batik kuno biasanya ada inisial nama pembuatnya di ujung kain. Batik tulis biasanya dihargai mahal karena proses pembuatannya yang cukup sulit dan lama.

Batik Cap

Untuk membuat batik cap dilakukan dengan menempelkan lempengan besi yang telah dibubuhi malam pada kain. Batik yang dihasilkan dengan dicap akan memiliki corak yang teratur dan cukup identik. Namun biasanya ada sedikit perbedaan jarak antar motif. Bila dibalik, bagian belakangnya akan tampak lebih buram daripada bagian depan karena proses pencelupan dan pewarnaan hanya dilakukan di salah satu sisi kainnya saja. Untuk membuat batik cap juga diperlukan kemampuan khusus. Tetapi karena prosesnya lebih sederhana dan waktu pengerjaannya lebih singkat daripada batik tulis, maka harga batik cap pada umumnya tidak semahal batik tulis.

Batik Cetak Sablon/Printing

Proses pembuatan batik printing bisa dilakukan dengan cara disablon, bisa pula dibuat dengan cara dicetak dan diwarnai dengan menggunakan mesin. Karena prosesnya yang lebih sederhana dan murah serta lebih mudah untuk diproduksi secara massal, maka harga dari batik printing cenderung murah. Motif-motif  yang sama pada batik printing akan terlihat lebih identik dan rapi karena dicetak menggunakan mesin. Warna pada batik printing biasanya tidak tembus ke belakang karena pewarnaan hanya pada satu sisi saja. Pada batik printing juga tidak akan ada bekas cairan malam karena pada proses pembuatannya tidak menggunakan malam. Selain itu, penggunaan cairan malam pada batik akan menimbulkan bau yang khas yang tidak ada pada batik printing.

Batik Kombinasi

Batik kombinasi berasal dari penggabungan dua teknik pembuatan batik pada satu kain. Misalnya sebagian motif akan dikerjakan dengan cara di cap atau printing, kemudian motif lainnya ditulis dengan menggunakan canting. Rentang harga batik kombinasi biasanya berada di pertengahan.

Jenis Kain Batik

Memilih kain batik tidak boleh asal-asalan, pasalnya harga batik pun bisa tergantung pada jenis kainnya. Harga batik di pasaran pun bervariasi ada yang dijual dengan harga murah dan juga mahal sesuai dengan kelas, model, motif, dan jenis bahan yang digunakan. Berikut ini adalah kain yang biasa digunakan untuk membatik.

Kain Katun

Kain Katun adalah kain yang umum digunakan untuk batik. Kain katun ada beberapa tingkatan. Kain katun primisima lebih bagus dari katun prima, dan kain polisima paling bagus diantara keduanya. Masing-masing katun tersebut ada beberapa tingkatan pula. Ada yang kasar dan tipis, lebih halus dan tebal dan paling tebal serta halus. Semua tergantung dari campuran serat kapas yang digunakan dalam pembuatan kain tersebut.

Kain Sutera

Kain batik sutera terbuat dari serat kepompong ulat sutera. Sutera merupakan salah satu bahan pakaian terindah di dunia. Sejak jaman dahulu, kain sutra telah digunakan untuk pakaian yang istimewa. Saat mengenakan pakaian yang terbuat dari sutra, kita akan merasakan kenyamanan dan kelembutan dari bahan sutra tersebut. Karena itu pakaian yang terbuat dari sutra memiliki banyak keunggulan.

Kain Mori

Kain mori merupakan kain yang berasal dari bahan kapas dan telah mengalami proses pemutihan dan memiliki klasifikasi yakni: kain mori primisima dengan kualitas tertinggi, namun daya serapnya kurang. Kain ini biasanya dalam bentuk gulungan dengan lebar 1,06 m dan panjang 15,5 meter. Di pasaran kita bisa menemukannya dengan merk Crown, kereta kencana dan bendera.Selanjutnya kain mori berjenis prima yang memiliki kualitas sedang dengan benang yang sedikit kasar. Kain ini bernaung dengan merek dagang seperti kupu, ayam mas, menjangan. Dan yang terakhir yakni kain mori biru yang merupakan kain dengan kualitas rendah dengan tekstur kasar dan dapat ditemui pada merek dagang: Nanas, Cendrawasih. Selanjutnya mori voliasme yang kualitasnya hampir sama dengan primisima namun tebal benangnya lebih rendah. Serta berkolin yang sama dengan primisima serta telah diolah secara mercerized (peningkatan daya serap).

Kain Kapas Grey

Kain kapas grey yaitu kain dari jenis kapas yang masih asli kain ini memiliki warna alami kapas karena tidak perlu melewati proses pemutihan.diantaranya adalah kain tenun gedog dan kain tenun ATBM yang diproduksi dengan alat tenun tradisional serta kain blacu.

Cara Merawat Kain Batik

Sayangnya masih banyak pengguna batik yang kurang paham bagaimana cara untuk merawat pakaian berbahan batik agar tetap awet dan warna tidak mudah kusam. Berikut ini beberapa tips singkat dan mudah dalam merawat batik yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Hindari mencuci batik dengan mesin cuci

Mencuci menggunakan mesin cuci tentu saja sangat praktis dan cepat, tetapi jika pakaian yang berbahan batik dicuci menggunakan mesin cuci akan mempercepat rusaknya serat kain dan warna cepat pudar. Selain mencuci dengan cara manual agar tidak mempercepat rusaknya serat kain memisah batik dengan pakaian lain juga harus dilakukan. Hal ini untuk mencegah batik terkena lunturan warna dari pakaian lain. Dengan demikian warna batik tetap terjaga dan tidak terkontaminasi dengan warna lain.

Cuci batik dengan shampo

Shampo rambut bisa menjadi alternatif deterjen untuk mencuci batik. Penggunaan shampoo karena bahan pembuatannya dari bahan aditif yang lembut sehingga tidak merusak batik, berbeda dengan detergen pakaian pada umumnya memiliki zat aditif yang lebih keras dibanding shampo rambut.

Hindari menggunakan pelembut pakaian

Pelembut pakaian atau softener digunakan untuk membuat pakaian lebih wangi mesti disimpan dalam lemari pakaian. Tetapi softener memiliki efek mempercepat rusaknya serat kain, nah efek ini yang harus dihindari agar koleksi batik anda bisa awet.

Rendam dengan air hangat

Mencuci menggunakan air hangat ternyata lebih menguntungkan dibanding air dingin. Dengan menggunakan air hangat untuk merendam batik, kotoran yang melekat pada pakaian akan mudah hilang. Dengan demikian frekuensi mengucek batik akan lebih sedikit sehingga serat kain tidak mudah rusak.

Hindari menjemur dibawah sinar matahari langsung

Menjemur langsung dibawah sinar matahari memang mempercepat pakaian kering, tetapi juga mempercepat warna jadi pudar, hal ini berlaku juga untuk kain batik ketika dijemur di bawah sinar matahari langsung warna akan cepat pudar.