Aksesoris Konektor Hijab Penambah Gaya Penampilan yang Modis dan Tetap Patuhi Prokes

Semenjak masa pandemi, banyak orang berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi baru seperti konektor masker atau strap mask. Salah satu yang paling dicari adalah konektor masker untuk wanita berhijab, karena memudahkan dalam menggunakan masker. Apalagi jika tanpa memakai konektor akan kesulitan bagi wanita berhijab untuk mengaitkan masker. Namun Anda juga perlu tahu beberapa jenisnya. Konektor masker merupakan sebuah benda yang digunakan untuk menyambungkan antara tali-tali masker atau jelasnya sebagai pengait tali masker. Benda ini menjadi benda penting yang perlu dimiliki oleh para hijabers. Hal ini dikarenakan maraknya jenis masker medis atau masker kain yang unik dan cantik, namun memiliki tali pendek yang hanya bisa dikaitkan di telinga. Maka dari itu konektor hijab ini berguna untuk mempermudah para hijabers menggunakan masker. Kamu cukup mengaitkan konektor tersebut dengan karet yang terdapat pada masker.

Manfaat Konektor Masker

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan konektor masker, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Lebih praktis dalam memakai masker earloop, terutama bagi wanita yang mengenakan hijab, sehingga tidak perlu kesusahan lagi dalam mengenakan masker.
  • Meminimalisir rasa sakit pada bagian telinga yang disebabkan oleh tali masker yang dikenakan terlalu lama.
  • Tidak membuat kepala pusing saat mengenakan masker earloop yang terlalu lama.
  • Konektor masker juga bisa dapat dijadikan sebagai aksesoris tambahan penunjang penampilan.

Model Konektor Masker

Sebagai aksesoris yang sedang trend belakangan ini, konektor masker secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam model dan variasi bahan yang berbeda-beda. Beberapa contoh konektor masker yang dapat dipilih sebagai pelengkap penampilan diantaranya adalah sebagai berikut.

Konektor Hijab Rajut

Konektor masker hijab rajut merupakan aksesoris yang terbuat dari bahan rajut yang bisa dipakai sebagai penyambung masker earloop saat mengenakan hijab. Selain unik, pola rajutan dalam konektor masker hijab inipun umumnya terbilang cukup bervariasi dan beraneka ragam. Jadi, Anda bisa dengan bebas memilih motifnya dan bisa disesuaikan dengan penampilan yang sedang Anda kenakan.

Konektor Masker Bahan Kain

Konektor masker yang dibuat dari kombinasi bahan kain, karet elastis, dan juga kancing pada kedua ujungnya termasuk ke dalam salah satu aksesoris masker yang memiliki tampilan cukup simple tetapi tetap menarik. Konektor masker bahan kain sangat cocok untuk diandalkan bagi orang yang tidak ingin ribet. Selain itu, konektor masker dari bahan kain yang dikombinasikan dengan kancing sangat mudah untuk dilepas pasang kapanpun dan dimanapun. Konektor masker dari bahan hijab juga memiliki banyak variasi motif dan beraneka ragam bentuknya. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat konektor masker dari bahan kain, berikut ini alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk membuatnya.

  • Kain perca dengan ukuran 4cm x 50cm
  • Karet elastis dengan ukuran 0.8cm x 25cm
  • Jarum dan benang jahit yang berwarna senada dengan kain
  • 2 buah kancing berukuran sedang
  • Gunting, jarum pentul, dan peniti.

Selesai menyiapkan alat dan bahan di atas, Anda dapat mengikuti langkah langkah di bawah ini untuk mulai membuat konektor masker dari bahan kain.

  • Lipat kain secara memanjang dengan posisi bagian baiknya saling berhadapan lalu jelujur sepanjang tepinya hingga berbentuk seperti pipa,
  • Lalu, balik kain dengan bantuan sumpit supaya bagian baik kain berada di luar.
  • Masukkan karet elastis yang sudah anda sediakan ke dalam kain dengan bantuan peniti lalu jahit pada salah satu sisinya.
  • Rapatkan kain lalu jahit ujung yang lain dari elastis dengan kain.
  • Supaya konektor masker lebih terlihat rapi, lipat setiap ujung kain yang sudah berisi elastis lebar 2cm.
  • Sebagai penyelesaian akhir, pasangkan kancing di atas kedua lipatan kain tersebut. 
  • Konektor masker tiap digunakan.

Selain dilengkapi dengan kancing, terdapat pula konektor masker hijab dari bahan kain yang dilengkapi dengan perekat pada masing-masing ujungnya. Perekat yang biasa dipakai pada konektor masker ini adalah velcro. Velcro sendiri merupakan sebuah rangkaian bahan tekstil yang terdiri dari dua bagian yang dapat menyatu jika dipertemukan.

Konektor Masker Mutiara

Konektor masker mutiara merupakan aksesoris masker yang terbuat dari mutiara imitasi dan sejumlah manik-manik lucu yang berwarna warni. Selain dijadikan sebagai pengait masker, konektor masker ini juga bisa dipakai untuk membuat tampilan hijab menjadi lebih menarik. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat konektor masker mutiara, berikut ini alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk membuatnya.

  • Mutiara atau manik-manik yang berdiameter sesuai dengan keinginan.
  • Senar sesuai dengan ukuran lubang pada mutiara atau manik-manik tersebut.
  • 2 buah pengait.
  • Gunting dan jarum.

Selesai menyiapkan alat dan bahan di atas, Anda dapat mengikuti langkah langkah di bawah ini untuk mulai membuat konektor masker mutiara.

  • Ikat senar pada jarum dan buat simpul mati pada ujung yang lain.
  • Masukkan mutiara melalui jarum kemudian rangkai sesuai dengan keinginan anda. Dalam hal ini anda bisa mengkreasikan mutiara dengan berbagai bentuk dan warna.
  • Selanjutnya, pasang pengait di kedua ujungnya. Pastikan ikatan pada pengait sangat kuat agar mutiara tidak mudah lepas.
  • Konektor masker mutiara siap digunakan.

Konektor Masker Kristal

Konektor masker kristal secara umum memiliki tampilan yang sangat cantik dan terkesan menarik karena dibuat dari kristal yang mengkilap. Konektor masker kristal sangat cocok diandalkan sebagai pelengkap gaya penampilan saat hangout.

Konektor Masker Pita

Bagi Anda yang ingin tampil lebih feminim saat mengenakan masker earloop, Anda bisa mencoba untuk mengenakan konektor masker berbentuk pita sebagai aksesorisnya. 

Konektor Masker Renda

Bagi Anda pecinta gaya vintage, mengenakan konektor masker berbahan renda dapat dijadikan sebagai alternatif pilihan yang tepat. Konektor masker unik ini biasanya hadir dalam warna-warna netral yang soft jadi juga bisa dipadupadankan dengan berbagai warna hijab.

Konektor Masker Plastik

Konektor masker unik berikutnya yang bisa Anda pilih sebagai pelengkap gaya dalam penampilan adalah berupa konektor masker yang berbahan plastik yang memiliki karakteristik sangat lentur. Selain nyaman dipakai, konektor masker plastik ini juga sangat fleksibel untuk dijadikan konektor masker hijab.

Konektor hijab ini berguna untuk mempermudah para hijabers menggunakan masker tersebut. Cukup mengaitkan konektor tersebut dengan karet yang terdapat pada masker, maka hijaber bisa nyaman menggunakan masker tanpa khawatir lepas. Demikian pembahasan mengenai referensi konektor masker untuk para pengguna hijab yang dapat dipilih sebagai aksesoris pelengkap dalam penampilan.