Baju Tunik Wanita Muslimah untuk Tampil Stylish dan Islami

Selain gaun, muslimah bisa juga menggunakan tunik atau blus panjang untuk dipadupadankan dalam menutup aurat. Fashion muslim kini sangat digemari masyarakat luas. Semakin kesini wanita muslimah banyak yang menggunakan pakaian tertutup yang fashionable. Tunik kini sering dipakai dan menjadi pilihan baju wanita muda. Biasanya dipadukan dengan celana atau rok panjang supaya terlihat lebih pas untuk busana muslim. Di antara sekian banyak model busana untuk muslimah, sepertinya tunik masih menjadi ikon fashion muslimah yang banyak disukai hingga saat ini. Selain terkenal praktis dalam segi pemakaiannya, model baju tunik modern yang berkembang nyatanya juga semakin bergaam. Begitu pula pilihan bahan untuk membuatnya. Tunik merupakan pakaian longgar yang mempunyai panjang hingga paha atau betis. Panjang lengan pada tunik pun juga bervariasi, ada yang lengan panjang, lengan ¾, serta tanpa lengan. Baju jenis tunik ini sangat fleksibel, karena tunik dapat dikenakan baik untuk acara formal maupun non formal. Tinggal pilih saja tunik dengan bahan, corak, dan desain yang sesuai gaya atau kegiatan yang akan dijalani. Dengan memilih tunik yang tepat, Anda dapat tampil lebih percaya diri.

Cara Memilih Atasan baju tunik terbaru

Untuk bisa tampil manis dengan tunik dan disandingkan dengan hijab. Tunik memiliki berbagai macam bahan dan model baju tunik terbaru. Setiap bahan atau modelnya memiliki kelebihannya masing-masing. Untuk itu, agar lebih jelas, perlu anda simak tips sederhana memilih baju tunik wanita muslimah berikut. 

Kenali Kualitas dan Bahan

Terdapat beberapa bahan yang biasa dijadikan tunik. Bahan-bahan ini menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan saat menggunakan tunik. Setiap bahan memiliki kelebihan dan sifatnya masing-masing. Karena itu, Anda harus mengenali kualitas dan bahan dari produk yang akan Anda beli. Jika Anda menginginkan kesan flowy dan lembut, tunik berbahan chiffon atau crepe bisa menjadi pilihan yang tepat. Kedua bahan tersebut memiliki sifat yang jatuh saat dipakai. Namun, karena terbilang tembus pandang, Anda harus memastikan tunik berbahan chiffon pilihan Anda memiliki furing sebagai dobelannya. Dengan begitu, Anda pun dapat bergaya dengan leluasa. Selanjutnya, bahan yang nyaman dan adem digunakan adalah cotton. Kelebihan lain dari cotton adalah dapat menyerap keringat dan air dengan baik. Bahan selain cotton yang memiliki daya serap tinggi yaitu babyterry. Meskipun babyterry lebih tebal dari cotton, bahan ini tak akan membuat berkeringat. Alhasil, Anda pun dapat beraktivitas dengan nyaman meskipun jadwal sedang padat. Untuk Anda yang menginginkan produk dengan bahan yang bersifat anti kuman, jamur, maupun bakteri, pilihlah tunik berbahan polyester. Bahan ini juga terbilang awet dan mudah kering ketika dijemur. Meskipun demikian, bahan polyester tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. Jadi, bagi Anda yang mudah berkeringat, pakailah tunik berbahan polyester di acara-acara tertentu saja, ya.

Sesuaikan Model Tunik dengan Aktivitas

Tunik memiliki model yang sangat beragam, contohnya tunik asimetris, tunik kaos, tunik batwing, simple tunik, dan lainnya. Setiap model tunik memiliki ciri khas dan kegunaannya masing-masing. Jadi, jangan sampai mood Anda berantakan gara-gara tunik yang Anda pakai bikin mati gaya. Tunik yang pas untuk menemani kuliah adalah tunik dengan desain dan model yang minimalis. Anda bisa memilih tunik dengan motif yang simpel jika tidak menyukai busana berwarna polos. Berbeda dengan ketika menghadiri pesta, wisuda, atau lamaran, Anda perlu memilih tunik dengan corak mewah. Anda juga bisa memilih produk yang ditambahkan aksen brokat yang menonjol. Dengan begitu, acara spesial pun lebih mengesankan. Ada juga tunik dengan detail hoodie yang terbuat dari bahan berdaya serap baik. Tunik model ini sangat cocok Anda gunakan untuk menemani aktivitas olahraga seperti jogging atau bersepeda. Jadi, pilihlah model tunik yang sesuai dengan kegiatan Anda, ya. Ketika memilih tunik yang pas, aura dan tampilan Anda pun akan tampak lebih menawan!

Perhatikan Panjang Lengannya

Pada umumnya, tunik memiliki ukuran lengan yang beragam, mulai dari lengan panjang, lengan 3/4, hingga tanpa lengan. Perbedaan panjang lengan akan memberikan impresi dan style yang berbeda. Sebagai contoh, tunik berlengan panjang banyak digunakan untuk acara-acara formal. baju tunik wanita muslimah bahkan tak perlu menggunakan manset lagi ketika mengenakan tunik lengan panjang. Lain halnya dengan tunik tanpa lengan. Ketika mengenakan tunik ini, banyak wanita yang menambahkan outer tambahan agar gaya makin maksimal. Namun, ada juga wanita yang lebih nyaman menggunakan tunik tanpa lengan saja tanpa tambahan manset ataupun outer. Bagi Anda yang menyukai mix and match busana, tunik tanpa lengan bisa jadi pilihan menarik untuk berkreasi. Apakah Anda kurang nyaman menggunakan tunik lengan panjang dan tidak percaya diri ketika menggunakan tunik tanpa lengan? Nah, Anda bisa menggunakan tunik lengan 3/4 sebagai solusinya. Selain itu, bagi Anda yang insecure dengan ukuran lengan, tunik 3/4 juga dipercaya dapat menyamarkan ukuran lengan Anda. 

Model Pilihan Tunik yang Kekinian

Saat ini, di pasaran banyak sekali jenis tunik yang dijual. Berikut ini terdapat beberapa pilihan model tunik yang dapat Anda pilih untuk tetap tampil modis dan tentu saja cocok dikenakan untuk wanita muslimah.

Tunik Polos

Tunik dengan model polos cocok digunakan untuk segala suasana. Dapat membuat penampilan kita menjadi terlihat anggun di acara formal. Atau bisa juga untuk dibawa ke acara non formal dengan gaya casual. Cukup dipadukan dengan hijab warna senada untuk gaya berbusana anda.

Tunik Peplum

Tunik jenis ini dilengkapi dengan lipatan-lipatan di bagian bawah. Menjadikan penampilan lebih girly dan feminim. Tunik jenis ini juga bisa dikenakan baik pada acara formal maupun non formal. Apabila ingin menggunakan pada acara formal, sebaiknya pilih bahan yang agak tebal dan kaku agar terkesan lebih rapi. Sedangkan apabila ingin mengenakan pada acara non formal, bisa memilih tunik dengan bahan jersey ataupun spandek agar terkesan lebih santai.

Tunik Asimetris

Tunik jenis ini memiliki sudut yang menyamping atau mengerucut pada bagian bawah. Mengenakan tunik jenis ini cocok buatmu yang memiliki kepribadian trendy dan fashionable.

Tunik Vest

Baju tunik jenis ini biasanya didesain seperti rompi dan sering dipakai sebagai outer ketika memakai kaos maupun kemeja tanpa membuat penampilan pemakainya jadi terkesan berlebihan. 

Tunik Dress

Tunik dress merupakan model tunik yang memiliki model yang menyerupai dress, tetapi sejatinya adalah tunik. Bagi sejumlah wanita baju tunik cantik ini sering dijadikan pilihan yang tepat bagi mereka yang aktif dan memiliki kegiatan yang padat. 

Tunik Abaya

Dibandingkan dengan abaya, baju tunik modern cantik ini sifatnya memang cenderung lebih fleksibel jadi bisa digunakan untuk acara formal maupun non formal, tinggal mengkombinasikan dengan hijab yang sesuai dengan acara.