Jenis Jenis Kain Flanel

Ini Dia Lem yang Cocok untuk Kain Flanel - Phaethon™ Lem Kertas

Flanel bahan akrilik atau polyester sama seperti bahan jenis kain lainnya dan ternyata flanel pun punya tipe yang berbeda, baik dari jenis bahan model ketebalan dan faktor yang lain.

Pengertian Kain flanel

Kain flanel merupakan jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun. kalian bisa sangat mudah mendapatkan kain flanel ini di toko kerajinan tangan, toko kain atau di beli di toko online.

Jenis Kain Flanel berdasarkan bahan dasarnya

Kain Flanel Akrilik

Jenis Kain Flanel dan Harganya - Kampoong Indonesia

Dari namanya sudah ketahuan kalau bahannya terbuat dari Akrilik, yaitu sejenis plastik. Kualitasnya juga berbeda-beda, ada yang teksturnya padat dan berbulu, yang selama ini kita pakai

Motif Flanel Akrilik

Kain Flanel Akrilik Sablon atau diprint motif

Jadi makin banyak variasinya jika bisa dicetak atau print.

Motif batik
Motif kartun
motif tulisan

Kain Flanel bambu

Terbuat dari bambu dan campuran serat kayu yang sering disebut cerpen lips karena dibuat dari bahan-bahan yang mudah terurai alami

Kain flanel Blend

Jenis Kain Flanel dan Harganya - Kampoong Indonesia

Jenis ini merupakan campuran dari dua bahan, yaitu campuran wol domba dan rayon. Jenis kain lebih padat dan tidak mudah melar, jadi bisa digunakan untuk kreasi yang berukuran sangat kecil.

Bulu domba memang harganya paling mahal diantara jenis kain flanel yang lainnya. Di Indonesia masih sangat jarang sekali yang jual kain tersebut. Sepertinya teksturnya lebih tebal dan lebih berserat.

Kain Flanel bahan polyester

Untuk jenis ini, harga nggak jauh berbeda dibandingkan dengan flanel akrilik. Perbedaannya yaitu flanel polyester lebih licin ketika disentuh dan sedikit mengkilat.

Kain Flanel fridges

Bentuknya serabut mirip dengan kapas dan terbuat dari wol. Cara pengolahannya dengan ditusuk-tusuk jarum atau dicuci, Oleh karena itu sering disebut needle-free.

Apa kelebihan dari kain flanel ?

  • Mudah dibentuk sekalipun dalam potongan yang sangat kecil
  • Limbahnya masih bisa dimanfaatkan

Dari jenis flanel flanel diatas, dimana dari jenis-jenis tersebut yang paling terasa yaitu dari teksturnya, ada yang warnanya cerah dan ada yang warnanya pudar. Ada juga yang padat dan ada juga yang empuk, ada yang licin dan ada juga yang tipis.

Memang lebih nyaman dilihat secara langsung dan menyentuhnya.

Kemudian mana yang paling bagus dari jenis flanel diatas ?

Semua tergantung dari kebutuhan masing-masing pengguna, berdasarkan kepentingan pengguna. Kalau sering buat yang ukurannya kecil pakai flanel Blend, kalau besar jangan pakai yang flanel Blend, karena harganya cukup mahal. Jadi kita bisa memakai akrilik. Misal rencana mau buat tempat pensil, pilih yang tebal dengan tekstur warna yang cerah.

sekian pembahasan tentang jenis-jenis kain flanel. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan sahabat citratextile.

Sumber :