Macam Renda Sebagai Bahan Pelengkap Busana

This image has an empty alt attribute; its file name is p_a0lcXF-sdrMDseJ_QwcYjMsb6W0WIOSV2GVkFsFG3E7SDKCs5njjz5bSes1mJITXWAMqJOHZMY-9_RjWvfPAHkHsdbrzEOU8pIdvHwAwFOmucIKIINhu4O7dF3vIeunyUhWFmD

Salah satu alternatif aksesoris yang sangat digemari oleh para pecinta fashion adalah renda. Sebagai salah satu aksesoris pelengkap busana, renda sering diidentikkan dengan kesan yang anggun dan feminim. Renda biasanya dimanfaatkan untuk menambah nilai estetik tersendiri pada busana yang dikenakan bersamaan. Renda sebagai garnitur busana sudah dikenal sejak dulu kala. Seiring dengan majunya industri tekstil, renda sangat bervariasi baik konstruksi, bentuk, maupun bahannya. Renda yang sering digunakan terbuat dari bahan katun, sutra, nilon, polyester, dan sebagainya. Renda juga dapat dibuat dengan tangan atau mesin. Dewasa ini, renda mulai digunakan di hampir semua perlengkapan wanita mulai dari pakaian, rok, bantal, mukenah, hingga tas. Dengan mengaplikasikan renda pada aksesoris akan memberikan kesan yang feminim serta kesan lebih enak dipandang bagi para penggunanya.

Jenis – Jenis Renda 

Seiring perkembangan zaman, renda mulai muncul dengan berbagai tekstur dan motif yang semakin kekinian pula. Untuk memberikan kesan estetik pada produk busana maupun pada produk jahit lainnya, renda sendiri secara umum dapat dijumpai dalam beberapa model dan variasi. Berikut ini beberapa jenis renda yang mudah dijumpai dipasaran.

Renda Bulu Ostrich

atau biasa dikenal sebagai renda bulu unta. Sebetulnya apa sih kegunaan dari bulu ostrich ini ? Biasanya pelaku bisnis fashion atau pabrik textile menggunakan bahan ini sebagai aksesoris fashion. Misal digunakan di lengan baju atau bisa dipasang di bagian kalung baju wanita. Para pecinta bulu yang digunakan untuk baju wanita sangat digemari untuk kulit burung unta tersebut. Tidak sedikit juga para perancang busana menggunakan bahan ini. Selain itu banyak ragam warna untuk bulu ostrich ini :

  1. Merah
  2. Maroon
  3. Hot Merah Muda
  4. Magenta
  5. Ungu

dan banyak varian warna lainnya

Contoh bulu ostrich yang banyak dijual dipasaran :

bulu ostrich

Jika diaplikasikan di baju wanita bisa seperti ini misalnya :

Jual Pasmina bulu ostrich - Balikpapan Barat - Hilwa Fashion | Tokopedia

Renda Rajut Vintage

Renda rajut vintage merupakan salah satu jenis renda yang proses pembuatannya dilakukan dengan cara merajut manual menggunakan tangan. Jenis renda ini termasuk pada jenis renda tertua dan paling sering digunakan. Untuk membuat renda jenis ini memang dibutuhkan kesabaran dan keterampilan yang lebih, karena mengingat cara membuatnya yang masih dilakukan dengan tangan. Selain itu, waktu yang diperlukan untuk membuat renda ini juga terhitung cukup lama. Tetapi, tentu saja hasil yang didapatkan dari renda rajut vintage ini sangat cantik dan anggun. Para pecinta fashion klasik akan sangat senang menggunakan renda jenis ini.

Renda Rajut Mesin

Renda rajut mesin merupakan renda yang memiliki bentuk yang hampir sama dengan renda rajut vintage, hanya saja proses pembuatannya dilakukan oleh mesin. Waktu yang diperlukan untuk membuat renda rajut ini juga sangat cepat, berbeda dengan renda rajut vintage. Renda rajut mesin biasanya juga memiliki harga yang cenderung lebih murah daripada renda rajut vintage. Bahan dasar yang dipakai untuk membuat renda rajut mesin ini biasanya adalah campuran dari benang katun dan benang sintetis. Sayangnya untuk renda rajut mesin motif yang dihasilkan cenderung tidak serapi renda rajut vintage. Tapi secara keseluruhan renda rajut mesin bisa dijadikan alternatif untuk bahan pelengkap busana.

Renda Katun

Renda katun seperti namanya, terbuat dari bahan kain katun. Kain katun tersebut di bordir dengan motif yang diinginkan dengan lebar tertentu. Renda katun serasi untuk penyelesaian bahan jahitan yang dibuat dari bahan katun juga. Biasanya para penjahit banyak mengaplikasikannya pada baju, mukena, tas, dan beragam kreasi. Renda jenis ini juga sangat mudah dan banyak ditemui dipasaran. Pada umumnya renda katun sering diaplikasikan pada mukena. Renda jenis ini juga akan memberikan kesan yang feminim bagi para penggunanya. 

Renda Air

Renda air biasanya terbuat dari bahan sintetis, sehingga memiliki karakteristik yang cenderung tipis dan terawang (tembus pandang) seperti air. Motif dari renda air juga sangat beragam, kebanyakan bertema floral. Warna putih mungkin yang paling banyak digunakan karena netral. Ada renda air yang sangat lembut melangsai, ada juga yang agak kaku, mana yang paling baik seharusnya yang sesuai penggunaannya. Namun secara umum semakin halus-lembut harganya semakin mahal. Tekstur renda air yang cukup kaku akan memberikan kesan elegan bagi para penggunanya. Biasanya, renda air digunakan sebagai pembungkus souvenir. Karena teksturnya yang tipis dan tembus pandang, souvenir yang dibungkus dengan renda air akan terlihat sangat cantik.

Renda Tile

Jenis renda selanjutnya yaitu renda tile. Renda tile memiliki karakteristik yang hampir sama dengan renda air, yaitu tipis dan menerawang (tembus pandang). Renda tile ini berbahan dasar kain tile atau kain brokat. Renda tile lebih melangsai dan biasa diaplikasikan pada gaun pengantin, baju pesta, kebaya, kerudung. Renda tile dapat menambah kesan anggun dan mewah pada busana. Umumnya, harga yang ditawarkan untuk memperoleh rendah ini cenderung lebih mahal daripada renda – renda pada umumnya. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena kualitas dari renda jenis ini sangat mewah dan cocok untuk dipadu padankan pada busana acara formal. 

Renda Elastis

Salah satu renda yang memiliki karakteristik cukup unik yaitu renda elastis. Karena renda elastis mirip dengan renda air, namun bahan yang digunakan adalah benang sintetis yang bisa melar. Renda elastis banyak digunakan untuk aplikasi pada bahan kaos seperti baju kaos atau bergo. Saat ini banyak juga digunakan untuk kreasi bandana, ciput, manset, dan lain-lain. Renda elastis lebar juga bisa digunakan untuk kaos tanktop atau korset. Biasanya renda elastis ini juga dimanfaatkan untuk pakaian dalam. 

Renda Bunga

Jenis renda yang tak kalah menakjubkan selanjutnya adalah jenis renda bunga. Renda bunga sebetulnya merupakan modifikasi dari bahan-bahan yang dirangkai menjadi bunga, dan dijalin dengan bahan seperti tile, organdi, flanel, dan lain-lain untuk memanjangkannya. Motif renda bunga mawar banyak digunakan untuk pinggiran jilbab, hiasan baju, bros, dan aplikasi lainnya. Renda bunga berukuran besar biasanya diaplikasikan per potongan bunga dan dijahitkan ke bahan dasar satu-persatu. Renda bunga biasanya digunakan agar para penggunanya terkesan feminim. 

Renda Giver

Renda yang selanjutnya adalah renda giver. Renda giver merupakan salah satu jenis renda yang memiliki karakteristik cukup tebal bila dibandingkan dengan jenis – jenis renda yang lainnya. Renda jenis giver ini umumnya banyak diaplikasikan untuk membuat pakaian musim dingin seperti sweater. 

Renda Spanyol

Renda Spanyol merupakan jenis renda yang berasal dari Spanyol dan memiliki karakteristik lembut cenderung mirip dengan renda tile, tetapi terbuat dari bahan katun polyester. Renda Spanyol pada umumnya memiliki tampilan yang lebih mewah dan eksklusif daripada jenis renda yang lainnya. Tentu saja harga yang ditawarkan juga sedikit lebih mahal dari harga renda pada umumnya, karena kualitas yang diberikan juga sangat baik. Biasanya renda Spanyol ini diaplikasikan untuk pakaian acara formal.

Renda Lis Bordir

Dan jenis renda terakhir yang dibahas adalah jenis renda lis bordir. Renda lis bordir merupakan renda yang pada umumnya dipakai untuk dikombinasikan sebagai tepian atau garis dari sebuah pakaian. Renda lis ini kebanyakan memiliki karakteristik yang cukup unik, yaitu tidak terlalu lebar dan bentuk yang ditawarkan juga sangat beragam. Renda lis bordir ini juga merupakan jenis renda yang cukup mudah ditemui dipasaran dan harga yang ditawarkan juga cenderung ekonomis. Jenis renda lis bordir ini juga sangat mudah untuk dikreasikan, sehingga banyak hasil aksesoris dengan renda ini akan terlihat cantik dan menawan.

Pemanfaatan Renda

Pada awalnya kain renda banyak digunakan sebagai bahan pakaian dan bahan pembantu di Tiongkok. Belakangan, karena karakteristik kain renda yang mewah dan romantis, berangsur-angsur ditingkatkan menjadi bahan utama pakaian dan kini telah menjadi kain utama di industri pakaian. Beberapa tahun belakangan, produk-produk fashion yang menggunakan renda banyak bermunculan. Tak hanya kebaya, renda pun digunakan pada gaun malam mewah, tunik polos, rok, bahkan sepatu dan tas. Renda pun banyak muncul pada peragaan busana dan momen karpet merah. Tak hanya itu, renda pun semakin banyak dijadikan pakaian sehari-hari, entah itu hanya berbentuk detail atau bahkan secara keseluruhan. Tak heran, produk dengan bahan renda pun sudah seharusnya jadi salah satu barang wajib dalam lemari. Terkait dengan pemanfaatannya, sebuah renda pada umumnya dapat diaplikasikan pada berbagai jenis pakaian, terutama pakaian wanita dan pakaian anak perempuan. Beberapa jenis busana yang banyak menggunakan renda sebagai pemanisnya antara lain sebagai berikut. 

Maxi Dress

Kini, renda tak hanya digunakan dalam acara-acara khusus yang formal, renda pun kini sudah ‘turun ke jalan’ alias bisa digunakan sehari-hari. Para pengguna bisa memadukan gaun renda dengan jaket yang elegan dan sepatu boots. Tampilan ini bisa digunakan untuk berjalan-jalan atau pergi ke kafe bersama teman-teman. Maxi dress merupakan gaun terusan yang bersiluet A yang memiliki panjang hingga sebatas mata kaki dan sebagian besar diciptakan tanpa lengan. Meski awalnya hanya dibuat untuk keperluan khusus seperti pesta, dewasa ini maxi dress yang dihias dengan detail renda juga bisa dipakai untuk pelengkap gaya casual di rumah. 

Gamis Wanita

Gamis merupakan pakaian muslim wanita asal Timur Tengah yang sebenarnya sudah ada sekitar 4000 tahun yang lalu. Meski sudah ada sejak lama, tapi perkembangan gamis ini baru dimulai sekitar abad ke-7 yang kemudian disusul dengan lahirnya berbagai model gamis modern yang dihiasi dengan detail renda. Gamis kini menjadi trend saat hadir di acara dan hari raya, terutama gamis renda. Dengan memadukan gamis dengan bahan renda, tentu busana anda akan terlihat lebih mewah dan elegan. Namun kini baju renda muslim ini menjadi incaran pasang mata untuk memilih berbagai model dan varian warna. Hal ini terjadi karena pergantian fashion mode dari setiap waktu. Wanita muslimah banyak menginginkan model terbaru dengan tampilan lebih fresh, modern, dan lebih kekinian. 

Gaun Pengantin

Tidak perlu diragukan lagi, bahwa renda sangat ideal untuk digunakan sebagai gaun pengantin. Anda bisa memilih busana renda dengan berbagai macam warna, atau monokrom, seperti hitam maupun putih. Gaya inipun cocok Anda pakai untuk menghadiri pesta ulang tahun atau pernikahan. Gaun pengantin dengan detail sisipan renda akan menambahkan citra romantis dan memberikan daya tarik tersendiri.

Tunik

Tunik merupakan salah satu jenis pakaian berdesain longgar yang menutupi dada, bahu, dan punggung. Model baju tunik kini semakin menjadi trend yang dicari banyak orang. Khusus di Indonesia sendiri, tunik lebih banyak diproduksi sebagai busana muslim wanita. Kini tunik bisa padukan dengan kain renda untuk mempermanis tunik yang akan dikenakan. Dengan model tunik yang longgar akan menjadi tampilan para penggunanya tetap syar’i dan bisa untuk alternatif selain model gamis renda.

Blouse

Setiap wanita memiliki cara masing-masing untuk memilih dan memadukan model blus dengan celana, rok, outer, aksesoris, dan berbagai item fashion lain sesuai dengan keinginan. Pada dasarnya blus dapat menjadi pilihan tepat untuk acara casual, formal, atau semi formal. Berdasarkan kegunaan dan desainnya, blus wanita memiliki banyak varian dan model. Dari segi tampilan blus wanita sendiri memang sangat cocok dipakai untuk berbagai kesempatan karena dapat memberikan kesan yang elegan dan rapi bagi para penggunanya. Blus sendiri memang sangat cocok apabila dipadu padankan dengan renda, karena akan memberikan kesan yang feminim di penggunanya. Memakai atasan dengan bahan renda dan dipadukan dengan skinny jeans dan sepatu hak tinggi memiliki top renda dengan skinny jeans dan sepatu hak tinggi juga bisa membuat tampilan lebih menarik.

Rok

Aksen renda menjadi tren yang cukup populer dikalangan remaja yang mengikuti perkembangan trend fashion. Salah satu penggunaan renda adalah memadupadankan dengan rok. Dapat dikatakan bahwa rok renda sangat cocok digunakan karena para penggunanya akan memberikan kesan yang manis dan sangat feminim. Dengan bentuk dasarnya yang khas, akan menjadi sangat menarik apabila dikombinasikan dengan detail renda. 

Pakaian Dalam

Pakaian dalam merupakan sejenis perlengkapan yang sangat penting bagi semua orang tidak terkecuali para wanita dan anak perempuan. Untuk mempercantik penampilannya, agar terkesan lebih menarik pakain dalam ini biasanya juga sering dihias dengan berbagai macam detail renda yang tidak terlalu lebar.

Tak hanya busana, renda pun dapat diaplikasikan pada tas, sepatu, gelang, kalung, dan banyak item lain. Ini akan menambah tingkat keanggunan seorang perempuan. Bahkan detail terkecil pada aksesoris yang berenda bisa membuat tampil lebih gaya. Para penggunanya pun dapat memodifikasi barang-barang dengan ditambahkan sedikit renda. Baju lama pun akan terlihat seperti baru.

Cara Memasang Renda

Untuk memasang renda ini dapat dengan aneka macam macam cara, dapat dengan menyatukan secara eksklusif atau dapat juga renda sebelum di pasang di kerut atau di lipit-lipit terlebih dahulu, biasanya dikala kita memasangkan eksklusif pada ujung kain, biar ujung jahitan persambungan antara renda dan kain benangnya tidak terurai maka harus di obras untuk selanjutnya di jahit tindas atasnya. Berikut ini beberapa langkah-langkah untuk memasang renda. 

  1. Pilih jenis renda yang sesuai dengan busana. Tidak hanya dari motifnya, tapi juga dari harganya. Semakin rumit motif renda dan semakin bagus bahannya, maka harganya pun semakin mahal. Pilih motifnya yang sesuai dengan pola busana dan di mana akan diletakkan renda tersebut. 
  2. Sediakan renda dalam jumlah lebih agar bisa menyesuaikan pola motif renda. 
  3. Tidak perlu teknik menjahit tingkat tinggi kok untuk menjahit renda. Potong ujung renda sesuai motifnya, kemudian beri pinggiran dengan jahitan tangan.
  4. Gabungkan renda dengan bagian busana yang ingin dipercantik, kemudian tusuk lepas dulu untuk mengaitkannya sementara. Jangan lupa untuk mencocokkan motif renda dengan busana.
  5. Agar sambungan tidak kentara, sesuaikan motif renda. Tumpuk motif yang sama kemudian jahit dengan halus. Kemudian jahit dengan tangan sepanjang pinggiran renda yang disambung, kemudian gunting rapi renda yang berlebih.
  6. Untuk menjahit renda ke busana, tumpuk renda di atas busana, sesuaikan polanya. Diperlukan menggunting kain dan renda dengan model pola yang sama. Kemudian tusuk lepas dan jahit dengan mesin jahit.