Untuk beribadah atau Salat, Anda bisa menggunakan mukena terusan agar aurat tertutup rapat dan mematuhi syariat Allah. Perlengkapan ibadah yang juga disebut sebagai mukena one piece atau mukena terusan ini dirancang untuk menutupi seluruh bagian tubuh. Dahulu mukena terusan memang lebih banyak disukai oleh orang tua. Namun, dengan mengikuti perkembangan zaman, variasi model mukena terusan kini makin viral, sehingga anak muda juga mulai menyukai dan memakainya untuk beribadah kepada Allah.

Di artikel ini, kami akan memberikan tips memilih mukena terusan yang dingin dan nyaman secara detai. Anda bisa memilih produk dengan bahan kain yang adem seperti kain rayon premium atau kain rayon rumbai.

Cara memilih mukena terusan

Sebelum membeli mukena terusan, ada beberapa hal penting yang harus Anda cermati agar memperoleh mukena  yang nyaman untuk dipakai. 

Tentukan model mukena terusan yang ingin dipakai

Mukena terusan tersedia dalam dua model yaitu dengan tudung dan tanpa tudung. 

Mukena terusan dengan tudung

Lebih praktis dan menutupi aurat dengan sempurna. Mukena terusan dengan tudung cocok Anda pakai di dalam rumah atau ketika bepergian. Secara syariah juga sudah anjuran Islam. Dengan memakai mukena terusan dengan tudung, rambut bisa tertutup dengan sempurna meskipun tanpa menggunakan hijab.

Model yang ditawarkan mukena  terusan  ini cukup beragam. Anda bisa memilih tudung tanpa tali atau dengan tali. Mukena terusan tanpa tali lebih praktis saat dipakai. Selain itu, Anda bisa menyesuaikan kekencangan tudung jika memilih produk yang dilengkapi tali. Disesuaikan dengan selera masing masing.

Mukena terusan tanpa tudung

Tak perlu repot merapikan hijab setelah salat. Apakah Anda hijaber yang suka traveling dan bepergian? Pasti akan terasa merepotkan jika harus selalu merapikan hijab setelah salat. Selain memakan waktu, banyak tempat ibadah yang tidak menyediakan kaca besar. Akhirnya Anda akan kewalahan saat merapikan dan menata hijab.

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah mengenakan mukena terusan tanpa tudung. Mukena jenis ini memiliki lubang di bagian leher sehingga Anda bisa memakainya bersama hijab. 

Anda khawatir ukurannya kebesaran? Ada beberapa produk yang menambahkan ritsleting agar besar lubang bisa disesuaikan dengan ukuran kepala Anda.Jadi, Anda bisa memakainya dengan nyaman. Hijab Anda pun tak lagi berantakan. Pakasi solusi tali diatas juga bisa digunakan.

Ketahui karakteristik bahan pada mukena terusan

Hal yang tidak boleh terlewatkan adalah mengetahui khas dari bahan pada mukena itu sendiri. Hal tersebut sangat penting dilakukan demi kenyamaan saat memakai mukena terusan. Bahan dari mukena yang paling sering dijumpai di pasaran adalah bahan dari parasut, rayon, sutra, dan poliester. Seperti apa karakteristik dan kelebihan dari bahan-bahan tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Mukena Terusan bahan Parasut: Ringan, mudah dibersihkan, anti air dan praktis

Mukena terusan dengan bahan parasut umumnya menjadi andalan bagi wanita yang suka bepergian. Selain itu bahannya juga ringan, mukena terusan parasut bisa dilipat sampai kecil sehingga tidak memakan banyak tempat saat dibawa bepergian. Dengan kelebihan tersebut, mukena terusan berbahan parasut ini dianggap paling praktis untuk digunakan wanita aktif dan sering bepergian.

Mukena Terusan Bahan Katun rayon: Adem dan mampu menyerap keringat dengan baik

Bahan katun rayon memiliki banyak kelebihan pada kain tersebut. Mukena terusan dengan bahan rayon tersebut dapat menjamin kenyamanan dalam pemakaiannya, karena ringan, adem, dan baik dalam menyerap keringat. 

Mukena Terusan Bahan Sutra: Membuat tampilan lebih elegan dengan teksturnya yang lembut, kuat, dan elastis

Untuk mendapatkan tampilan yang elegan dan mewah, Anda bisa memilih produk dengan bahan kain sutra. Tekstur yang lembut dan mengkilap adalah kelebihan yang ditawarkan untuk bahan sutra. Berkat kelebihan tersebut, tak heran jika banyak muslimah yang menjadikan mukena berbahan sutra sebagai mukena untuk acara seserahan pernikahan.

Mukena terusan dari bahan sutra juga memiliki daya serap air serap yang baik, sehingga Anda akan tetap nyaman memakainya meskipun sedang banyak berkeringat. Selain itu, bahan sutra memiliki serat yang agak lentur sehingga lebih kuat dan awet.

Mukena Terusan Bahan Poliester: Tidak mudah berkerut, serta lebih awet saat digunakan sehari-hari

Bagi Anda yang ingin memiliki mukena terusan yang tidak mudah kusut, sebaiknya anda bisa memilih mukena dengan bahan kain poliester. Namun, kekurangan untuk bahan poliesteryaitu  tidak dapat menyerap keringat dengan baik. Sebaiknya hindari penggunaan mukena dengan bahan poliester di saat cuaca sedang panas.

Akan tetapi, mukena berbahan poliester lebih mudah untuk dibersihkan dan dicuci. Tidak ada perlakuan khusus untuk merawat mukena terusan dari bahan poliester ini, karena dikenal tidak mudah rusak saat dicuci.

Perhatikan detail Mukena Terusan

Detail dari mukena terusan juga perlu Anda perhatikan lebih detail. Selain membuat mukena terlihat semakin bertambah menarik, beberapa detail yang lain  juga memiliki manfaat. Ada dua detail yang banyak diterapkan pada mukena terusan yaitu bordir dan karet. Kira-kira kegunaannya untuk apa? 

Detail bordir: Memberikan kesan manis pada penampilan

Jika Anda ingin terlihat lebih manis dengan mukena terusan yang dipakai, pilihlah mukena dengan sentuhan bordir di dalamnya. Pengaplikasian detail bordir juga menambah kesan mewah dan elegan, sehingga mukena ini cocok digunakan pada hari Raya Idul Fitri, Idul Adha.

Detail bordir memberikan keunikan tersendiri pada model mukena terusan. Jadi, Anda bisa menjadikan mukena dengan detail ini sebagai hadiah untuk orang tua, saudara, sahabat dan keluarga.

Detail karet: Digunakan untuk menyesuaikan mukena dengan bentuk wajah

Detail karet biasanya digunakan pada tali mukena dan lubang wajah. Mukena terusan yang menggunakan detail ini akan lebih elastis dan lentur. Alhasil, Anda tidak  perlu khawatir kelonggaran saat menggunakan mukena terusan. Bagian yang diberi detail karet akan mengikuti bentuk dan ukuran wajah sehingga mukena terasa lebih nyaman ketika dipakai untuk beribadah.

Pilih warna dan corak yang Anda sukai sesuai dengan Selera

Memilih warna dan motif mukena terusan yang sesuai dengan selera Anda. Memakai mukena dengan warna kesukaan pasti akan membuat Anda jadi lebih bersemangat untuk melakunan ibadah. Terlebih lagi keanekaragaman motif dan warna mukena terusan semakin beragam sehingga lebih mudah dipilih sesuai selera anda.

Apabila Anda suka tampilan yang minimalis, Anda bisa memilih mukena terusan berwarna soft dengan sedikit motif, misal seperti warna soft pink atau coklat muda. Selain itu pilih produk bercorak ramai dengan warna yang berwarna warna jika ingin mukena terusan dengan tampilan yang bagus.

Untuk Anda yang masih bingung menentukan motif dan warna mukena, pilih saja produk berwarna netral. Anda bisa memilih warna putih, hitam, atau biru dongker yang ditambahkan renda atau lis kontras agar tampilan tidak terlalu membosankan.

Sumber  : https://my-best.id/137582