Mukena merupakan salah satu bagian yang digunakan wanita muslimah untuk meningkatkan pelaksanaan salat agar rukunnya lebih sempurna. Produk mukena yang ada di pasaran cukup banyak modelnya dan memiliki kelebihan yang berbeda beda. Karena digunakan setiap hari, cara memilih jenis mukena yang tepat akan membuat salat menjadi lebih nyaman dan khusu.

Nah, dalam artikel ini kami akan membahas detail cara memilih mukena yang bagus dengan mempertimbangkan kualitas bahan, harga, serta tipenya.

Sejarah Munculnya Mukena

Salah satu di antara syarat sah dan rukun  salat adalah menutup aurat. Wanita muslimah batas aurat tersebut adalah seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan. Nah, mukena merupakan busana syariat yang bisa digunakan untuk menutupi aurat dengan lebih sempurna di mata Allah saat melaksanakan salat. 

Mengertikah anda bahwa mukena hanya dipakai oleh wanita muslimah di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara lainnya? Sebenarnya, mukena merupakan hasil perpaduan budaya Islam dan budaya tradisional Indonesia yang digagas oleh Wali Songo.

Dahulu, wanita Jawa hanya menggunakan jarit panjang atau kemben yang dililitkan, sehingga tidak dapat menutup aurat. Karena waktu itu budaya Jawa masih melekat, sehingga busana tertutup hanya digunakan saat salat saja. Akhirnya, mukena pun menjadi busana wajib yang digunakan oleh wanita muslimah Indonesia saat menjalankan ibadah salat.

Cara Memilih Mukena yang Nyaman Dipakai

Apa saja hal penting yang perlu diperhatikan ketika membeli mukena ? Anda perlu memperhatikan bahan, model, Style, kelengkapan, beserta ukurannya. Di bawah ini, kami akan menjelaskan cara memilih mukena terbaik secara lengkap dan detail.

Cara Memilih Bahan yang Sesuai Kebutuhan

Mukena yang baik dan adem biasanya menjadi idaman para wanita muslimah. Hal hal tersebut tergantung dari jenis bahan yang dipakai. Seharusnya terbuat dari bahan apa yang sebaiknya Anda pilih?

Kain Katun: Halus di kulit, ringan dan adem saat dikenakan

Katun adalah hasil tenunan dari benang berbahan serat kapas. Bahan ini memiliki tekstur yang halus saat bersentuhan dengan kulit, sehingga dapat mengurangi risiko alergi. Ketika dipakai, kain ini pun ringan dan terasa adem. Dengan karakteristik dasar tersebut, mukena berbahan katun akan sangat adem dan nyaman saat dipakai.

Terdapat banyak jenis kain katun yang sering dijadikan bahan mukena, tetapi yang sedang trending belakangan ini adalah kain katun jepang. Tidak seperti namanya, katun jepang bukanlah kain yang diimpor dari Jepang, melainkan hanya hak patennya. Katun jepang memiliki permukaan yang lebih halus dibandingkan jenis katun lainnya. Ditambah lagi, bahannya alami sehingga lebih ramah di kulit.

Kain Rayon: Berdaya serap tinggi dan tampilan bagus

Kain Rayon merupakan kain semi isintetis yang terbuat dari hasil modifikasi sel tumbuhan. Karakteristiknya mirip dengan bahan katun, mulai dari daya serap sampai sensasi sentuhannya pada kulit. Perihal yang membedakan adalah kain rayon lebih tipis dan rapuh dibandingkan dengan kain katun, sehingga membutuhkan perawatan lebih.

Jenis kain  rayon yang sering dipakai  sebagai bahan mukena adalahkain  rayon janger. Dibandingkan jeniskain  rayon lainnya, rayon janger memiliki tingkat kerapatan yang tinggi. Oleh karena itu rayon banyak digunakan untuk pembuatan produk mukena premium. Selain itu, daya serap yang tinggi membuat rayon janger terlihat lebih cemerlang ketika diwarnai.

Kain Parasut: Durabilitas tinggi dan hemat tempat penyimpanan

Kain Parasut dikenal sebagai kain yang ringan, tipis, dan mampu menahan air. Sehingga air tampak jatuh jika mengalir di kain ini. Selain itu, bahan parasut memiliki durabilitas tinggi serta tidak mudah pudar warnanya. Oleh Karena itu, kain yang terbuat dari poliester ini banyak digunakan untuk membuat konveksi yang berhubungan dengan kegiatan outdoor atau banyak kegiatan dilapangan.

Dengan karakteristik seperti yang disebutkan di atas, tidak heran jika kain parasut banyak dipilih sebagai bahan mukena, terutama cocoknya untuk travelling atau bepergian. Nilai lebih lainnya adalah mukena berbahan kain parasut ini  dapat dilipat menjadi ukuran yang sangat kecil sehingga hemat untuk  tempat penyimpanan dikendaraan disaat bepergian.

Kain Silk atau finest silk: Lembut serta terlihat mewah

Dibanding dengan bahan bahan sebelumnya, harga kain silk ataupun finest silk tergolong cukup mahal. Hal tersebut tidak terlepas dari kualitasnya yang didapat dari hasil tenunan serat alami kepompong ulat sutra murbei. Teksturnya yang halus dan lembut didapat dari asam amino yang ada di serat tersebut.

Tak heran jika mukena yang terbuat dari kain silk ataupun finest silk membuat anda betah saat memakai kain tersebut. Selain sejuk, mukena berbahan sutra dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV. Selain itu, tampilannya yang mengkilap juga memancarkan kesan mewah.

Tentukan model mukena sesuai dengan selera

Mukena terdiri dari tiga tipe, yaitu two pieces, terusan, dan ponco. Setiap model memiliki ciri khas dan kelebihan masing-masing. 

Model two pieces, lebih nyaman digunakan di rumah

Mukena model two pieces atau mukena konvensional terdiri dari atasan dan bawahan yang terpisah. Bagian kepalanya dilengkapi dengan tali ikat atau karet. Model ini tak lekang oleh zaman, sehingga banyak diminati oleh wanita muslimah dari berbagai rentang usia. Jenis mukena two pieces banyak didominasi oleh motif bunga atau polos dengan warna yang cantik. Karena kurang praktis digunakan, model ini lebih cocok untuk digunakan di rumah.

Model terusan, cocok untuk dipakai saat bepergian

Awalnya, mukena jenis terusan merupakan tipe yang sering dipakai oleh orang tua. Namun, seiring berkembangnya zaman, variasi motif dan gaya model ini menjadi lebih modern, sehingga disukai juga oleh anak muda. Mukena tipe ini terdiri dari satu potong terusan mirip gamis dengan tambahan tudung kepala. Karena cukup praktis, jenis ini direkomendasikan saat bepergian.

Model ponco, tak perlu repot menata ulang jilbab

Jenis terbaru dari mukena adalah model ponco atau yang juga dikenal sebagai mukena abaya. Mukena ini didesain berlubang di daerah leher tanpa tambahan penutup kepala. Ada dua jenis mukena ponco, yaitu model terusan dan model two pieces.

Model ponco terbilang cukup unik dan praktis dipakai karena anda tidak  perlu repot untuk merapikan jilbab lagi. Namun, tipe ini tidak disarankan jika andatidak menggunakan jilbab, karena anda perlu membeli tudung kepala secara terpisah.

Cek Desain Mukena yang sedang Trending

Selain digunakan untuk beribadah setiap hari, memakai mukena favorit pada momen spesial akan membawa kebahagiaan tersendiri. Sebelum melihat rekomendasi mukena premium yang nyaman, ada beberapa jenis mukena yang sedang trending.

Mukena Bali, cantik dengan warna-warni dan corak yang manis

Mukena Bali merujuk pada mukena dengan warna-warna cerah yang umumnya bercorak bunga-bunga. Motif bunganya khas seperti dilukis di atas kain. Secara total, mukena Bali sangat lekat dengan jenis pakaian untuk iklim tropis yang sejuk saat dikenakan. Mukena yang satu ini biasanya terbuat dari bahan  kain rayon dengan jenis yang beragam.

Mukena plisket, unik dengan lipit yang menghiasi pinggiran mukena

Mukena plisket naik daun berkat keunikan desainnya. Biasanya plisket atau lipit digunakan sebagai aksen pada rok atau dress, kini lipatan kain tersebut datang sebagai penghias mukena. Kebanyakan jenis mukena, plisket dipadukan dengan bordir sehingga menambah anggun tampilan dan modelnya. Anda yang menyukai desain mukena anti mainstream barangkali akan senang dengan mukena plisket.

Mukena bordir, mewah dengan berbagai bentuk dan warna yang terlihat nyata

Model bordir memberi kesan mewah dan elegan pada mukena. Dengan berbagai macam bentuk tipe dan warna yang berasal dari benang, mukena bordir banyak menjadi favorit. Mukena bordir banyak dipilih untuk dipakai pada momen spesial, misalnya hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Karena keindahannya, mukena bordir juga sering digunakan sebagai mukena seserahan waktu akad nikah.

Peralatan mukena yang dilengkapi dengan tas dan sajadah

Jika Anda orang yang cukup aktif dan memiliki banyak kegiatan, mukena yang sudah dilengkapi tas akan sangat bermanfaat. Selain untuk memisahkan mukena dari barang lainnya, mukena dengan tas lebih mudah untuk dibawa kemanapun.

Kemudian, mengingat situasi pandemi saat ini, akan lebih higienis apabila Anda membawa sajadah sendiri untuk beribadah. Karena itu, pertimbangkanlah mukena yang dijual satu set dengan sajadahnya. Agar lebih ringkas dan rapi, anda bisa memilih perlengkapan mukena berbahan parasut karena tipis dan tidak memakan banyak tempat.

Periksa ukurannya agar nyaman dikenakan

Banyak penjual yang menjual mukena dengan ukuran all size. Akan tetapi, tidak semua jenis mukena mempunyai  standar ukuran yang sama. Oleh karena itu, anda harus memeriksa kembali ukuran mukena jika tinggi badan anda melebihi tinggi badan wanita pada umumnya. Ukuran lebar bagian bawah mukena juga perlu diperhatikan agar anda lebih leluasa dalam melakukan gerakan duduk saat salat dan lebih khusu dalam menjalankan ibadah.

Selain tinggi badan dan lebar mukena, anda juga perlu mengecek lubang wajah agar sesuai dengan ukuran wajah anda. Tetapi, hal ini tidak bisa dipastikan jika anda belum mencobanya secara langsung. Apabila ingin membeli mukena via online, bacalah review dan testimoni pembeli terlebih dahulu agar nyaman untuk berbelanja.

Untungnya, saat ini sudah tersedia mukena yang dilengkapi dengan resleting di bawah dagu. Dengan demikian, Anda pun dapat mengatur mukena tersebut sesuai dengan ukuran diameter wajah Anda.

Sumber : https://my-best.id/136278