Sempurnakan Hijrah dengan Menutup Pergelangan Tangan Menggunakan Handsock atau Manset

Pernah gak saat beraktivitas, sadar ataupun tidak sadar kamu menggerakkan tangan ke atas? Lalu ujung lengan baju juga ikut tertarik ke atas sehingga tangan kamu terlihat nyata? Aduh, malu banget ya rasanya. Apalagi kalau kamu wanita muslim yang mengenakan jilbab. Bukankah lengan termasuk juga aurat yang harus ditutup? Kain penutup aurat bukan hanya kerudung dan kaos kaki. Ada pula kain yang digunakan untuk menutupi pergelangan tangan yaitu manset. Manset masih jarang digunakan perempuan muslim pada umumnya, karena dianggap ujung pakaian pun telah cukup untuk menutupi aurat. Jika belum terbiasa, memakai manset memang gerah, tidak nyaman, dan ribet. Lama kelamaan semua keluhan itu sirna. Semangat hijrah juga harus disertai ilmu. Terutama dalam berbusana. Bagi kamu, para muslimah. Mengenakan hijab dan jilbab menutup aurat sudah tentu. Kini banyak pernak pernik muslimah yang tak hanya melengkapi penampilan, tetapi juga untuk membuat kita tampak lebih stylist, salah satunya adalah handsock. Namun, tak jarang muslimah masih lupa tak mengenakan kaus kaki dan pergelangan tangan masih terbuka. Padahal, dari lengan ke pergelangan tangan itu aurat lho. Makanya, untuk lebih sempurna menutup auratmu, gunakanlah manset lengan atau terkadang kita menyebutnya manset tangan. Handsock salah satu aksesoris wanita muslimah dalam berhijab. Kini banyak sekali toko-toko baik online maupun offline. Baru-baru ini tren busana muslim semakin beragam dengan adanya aksesoris pendukung penampilan, seperti kerudung dengan berbagai motif dan bentuk, jarum pentul dengan berbagai bentuk dan kreasi, hingga manset tangan indah dengan berbagai kreasi unik. Manset tangan untuk hijabers ini lebih dikenal dengan nama handsock. Sama fungsinya dengan manset tangan pada umumnya, namun handsock ini didesain lebih unik sehingga penampilan pemakainya tampak lebih stylish

Manfaat Menggunakan Handsock Bagi Muslimah

Adanya sarung tangan jari yang sedang hits ini sangat bermanfaat bagi wanita, khususnya para muslimah. Bagaimana tidak, fungsi utama handsock bagi muslimah adalah untuk menutup auratnya dengan lebih sempurna. Dengan menggunakan handsock sebagai pelengkap busana yang modis, handsock dapat menjaga wanita dari aurat yang terlihat karena pergerakan tertentu dan lengan baju yang kadang memperlihatkan lengan saat bergerak aktif. Sebagai muslimah, tentunya pakaian atau hijab tidak hanya mengacu kepada fashion yang sedang berkembang.  Di sisi lain harus sesuai dengan ciri-ciri  hijab syar’i dan hadist tentang berhijab yang benar.  Maka, pemakaian handsock dapat dilihat manfaatnya dari berbagai sisi, yaitu :

Menyempurnakan Hijab

Hijabers pernah mengangkat tangan di tempat umum? Pernahkah memperhatikan yang terjadi pada bagian lengan yang nampak sedikit terbuka. Bagian yang terbuka tersebut adalah aurat.  Nah, handsock menyempurnakannya. Handsock terbuat dari bahan yang melar dan melekat pada bentuk tangan hingga bagian punggung. Dengan menggunakannya, maka bagian lengan lebih aman dan tidak terlihat.

Menyempurnakan Pakaian

Pada beberapa orang, mempunyai tangan yang lebih panjang dari tangan rata-rata orang umumnya. Akibatnya, ketika membeli pakaian muslimah, mungkin bagian lengan akan terlihat terlalu pas atau bahkan tidak sampai pergelangan tangan. Maka, handsock akan menutupinya. Hijabers tidak perlu memikirkan cara menyambung bagian lengan yang terlihat agak pendek. Asal tidak sengaja membeli pakaian dengan lengan sampai siku atau tiga perempat lalu menyambungkannya dengan manset.  Hal ini akan membentuk bagian tangan.  Manfaat menutup aurat dalam Islam atau hikmah wanita berjilbab dapat hilang.

Memperbaiki Penampilan

Handsock memperbaiki penampilan muslimah saat ini dibandingkan memakai manset jaman dahulu.  Ini dikarenakan warnanya yang menyesuaikan manset baju sehingga tersamarkan dan motif yang elegan. Motif dapat disesuaikan dengan kepribadian pemakai. Bila lebih suka yang sederhana, maka handsock tidak bermotif disarankan. Hijabers yang suka dengan penampilan lebih, maka dapat menggunakan handsock bermotif. Handsock bermotif atau loveshock didominasi warna manset hitam, agar tidak nampak terlalu berlebihan. Motif yang paling banyak ditemui di pasaran adalah motif kurma, motif berlian di pinggir handsock, dan motif pita untuk muslimah muda.

Kesehatan

Handsock menutupi bagian lengan hingga punggung tangan.  Ini berkaitan dengan kesehatan kulit. Khususnya bagi Anda yang biasa beraktivitas di bawah sinar Matahari terik atau berkendaraan motor, di mana bagian punggung tangan menjadi menghitam dibandingkan bagian lain.  Bagian punggung menghitam ini dapat menyebabkan iritasi atau kulit kering yang menimbulkan gatal berkepanjangan dan bekas yang tidak mudah hilang.  Berarti penggunaan manset bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Jenis-Jenis Handsock

Berbagai jenis handsock banyak dijual di pasaran, baik secara offline maupun online. Kamu bisa memilih berbagai bentuk sesuai dengan selera kamu sendiri. Berikut ini handsock unik yang akan membuat penampilanmu tambah stylist.

Handsock Pita

Handsock pita merupakan jenis handsock yang paling banyak dicari di pasaran, selain karena bentuknya yang indah, handsock ini juga bisa dihiasi dengan pita-pita unik yang memberi kesan indah pada tangan. Untuk kamu yang menyukai hal-hal sederhana namun tetap ingin terkesan stylist, handsock ini perlu kamu coba untuk melengkapi penampilanmu.

Handsock Cincin

Sama seperti namanya, handsock ini melingkar pada jari seperti cincin, sehingga tidak mudah terlepas ketika kamu melakukan berbagai aktivitas. Jika kamu bosan dengan bentuk handsock yang polos, kamu  bisa menambahkan aksesoris lain pada handsock ini, seperti bros bunga dari kain flanel yang kamu buat sendiri atau beli di pasaran. Karena bentuknya yang lumayan polos akan memudahkan kamu untuk melakukan kreasi sendiri pada handsock ini.

Handsock Rajut

Handsock ini menjadi aksesoris sempurna ketika musim hujan tiba. Selain untuk melengkapi penampilan dan menutup aurat, handsock jenis ini juga akan membuat kamu lebih hangat. Karena berbahan dasar kain rajut yang tebal, handsock ini memiliki bentuk yang sederhana namun tetap indah. Sama seperti handsock cincin, handsock rajut juga bisa kamu  padukan dengan berbagai aksesoris lain seperti bros bunga dan sebagainya.

Seiring dengan maraknya tren busana muslim, handsock menjadi andalan hijabers untuk melengkapi penampilannya, selain untuk menutupi aurat, juga bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan lainnya. Kamu bisa menemukan handsock ini di berbagai toko, baik toko offline maupun online dengan beragam harga dan bentuk.