Sepatu dan Sandal yang Cocok untuk Kebaya

Kebaya jadi salah satu fashion item andalan perempuan Indonesia untuk tampil menawan di berbagai acara penting, seperti wisuda, pesta, maupun acara pernikahan. Meski termasuk sebagai pakaian tradisional, nyatanya kebaya mudah untuk dipadu-padankan dengan berbagai macam bawahan, mulai dari kain batik sampai celana kulot sekalipun. Sebagai busana tradisional yang sarat akan makna filosofis serta memiliki pakem khusus baik dalam segi desain maupun cara pakai, mengenakan kebaya secara kontemporer memiliki sekelumit trik agar tetap terlihat elok dan anggun. Seseorang tidak bisa sembarangan memadukan kebaya dengan fashion item tertentu karena tak hanya dianggap mengurangi estetika namun juga terlihat tidak pantas dan mengurangi nilai dari kebaya itu sendiri.Salah satunya adalah dalam hal pemilihan alas kaki yang tepat untuk dikenakan dengan kebaya. 

Sepatu yang Cocok untuk Kebaya

Kebaya selalu jadi andalan untuk menghadiri berbagai acara penting, termasuk kondangan dan wisuda. Nah, kadang kita suka bingung memilih model sepatu yang pas dipadukan dengan kebaya. Apalagi, sepatu bisa membuat penampilan semakin cantik dan menawan. Namun, sekarang tidak perlu khawatir lagi karena berikut ini terdapat beberapa rekomendasi model sepatu yang cocok untuk kebaya dan bisa membuat tubuh terlihat lebih tinggi.

Ankle Strap Heels

Salah satu model sepatu sandal yang pas untuk kebaya adalah high heels dengan detail ankle strap seperti ini. Sepatu hak tinggi ini memiliki desain yang simpel namun mampu menghadirkan kesan berkelas dalam sekejap. Ankle strap high heels seperti sangat pas bagi yang berencana menggunakan kebaya untuk hadiri pernikahan teman atau saat menjadi bridesmaids. Selain terlihat berkelas, jika menggunakan heels ini juga akan terlihat elegan.

Classy Pointed Pump Shoes

Classy pointed pump shoes juga kerap dipercaya sebagai model sepatu yang cocok untuk padanan kebaya wisuda atau pernikahan. Memiliki model yang simpel dan desain pointed toe, pump shoes cenderung mudah dipadu-padankan dengan apapun termasuk kebaya modern. Selain itu, desain pointed toe juga dapat menyamarkan bentuk kaki jadi terlihat lebih kecil.

Vintage Mary-Jane Shoes

Ingin bergaya vintage? Cobalah untuk menggunakan mary-jane shoes. Sepatu dengan detail center strap ini juga pas dikenakan sebagai model sepatu yang cocok untuk kebaya. Memiliki desain klasik, sepatu ini siap membuat tampilan jadi terlihat lebih elegan nan memesona.

Classic Strap Heels

Sepatu hak tinggi dengan eksplorasi detail tali yang klasik ini memang ahlinya untuk memberi pernyataan pada gaya. Modelnya yang simpel juga membuat alas kaki cantik ini mudah dipadu-padankan dengan apapun, termasuk model sepatu yang pas untuk baju kebaya.

Chic Beads Heels

Ingin membuat gaya kebayamu kian terlihat manis nan berkelas? Kamu bisa mencoba memadukan kebaya modern pilihanmu dengan koleksi high heels yang dihiasi aplikasi beads seperti ini. Agar menambahkan kesan chic pada tampilan, bisa memilih menggunakan beads heels dalam nuansa warna nude.

Flat Shoes

Flat shoes, sesuai namanya sepatu ini adalah jenis sepatu dengan alas datar. Sepatu alas datar merupakan pilihan terbaik bagi kalian yang tidak ingin cepat lelah dengan heels. Beberapa ahli pun menyarankan penggunaan sepatu ini karena lebih menyehatkan daripada sepatu berhak tinggi. Identik dengan model berpita di bagian depan sepatu, kini terdapat banyak pilihan flat shoes yang bisa kamu gunakan sebagai pemanis kebaya.

Peep Toe

Sepatu peep toe adalah sepatu dengan bagian depan terbuka, sepatu ini akan membuat jempol dan sebagian jari tengah kakimu terlihat. Sepatu peep toe paling banyak dipadukan dengan jenis pointed toe dan juga heels. Kelebihan sepatu jenis ini dari segi kenyamanannya adalah memberikan cukup udara bagi kaki. Dengan bagian depannya yang sedikit terbuka, sepatu ini memberikan kakimu ruang bernafas sehingga tidak mudah berkeringat. Sepatu ini bisa dijadikan pilihan versi nyaman dari sepatu jenis pointed toe pada umumnya. Dari segi desainnya, sepatu ini pun multifungsi. Bagi kamu penyuka gaya kasual tetapi dituntut tampil elegan dengan kebaya, membeli sepatu ini tidak akan merugikan. Desainnya yang berkelas dan nyaman bisa kamu gunakan di acara formal, santai, maupun sehari-hari.

Sandal yang Cocok untuk Kebaya

Baju kebaya merupakan pakaian tradisional Indonesia yang sangat cantik. Siapapun yang menggunakannya, akan langsung terlihat menawan. Namun, untuk menggunakan kebaya, Anda tidak bisa sembarangan memilih alas kakinya. Coba bayangkan kalau Anda menggunakan kebaya tapi bawahannya menggunakan sandal jepit? Pasti terlihat kurang pantas dan tidak sesuai estetika. Oleh karena itu, berikut ini terdapat pilihan model sandal yang cocok dipadupadankan dengan kebaya.

Gladiator

Sandal gladiator adalah sendal yang bertali-tali rumit dan biasanya tinggi hingga mencapai betis, namun ada juga yang hanya sebatas mata kaki seperti sandal di atas. Sandal gladiator ini dibuat dari material suede warna abu-abu. Dengan heels setinggi 6 cm, sandal gladiator ini akan nyaman digunakan seharian dan pas untuk orang yang belum terbiasa menggunakan hak tinggi. Sendal ini memiliki resleting di belakang yang berguna untuk memudahkan pemakaian.

Statement Mules Sandal

Model sandal yang satu ini juga cocok untuk padanan kebaya modern atau kebaya kutubaru. Penuh akan statement, mules sandal yang bermain dengan detail ruffle ini sangat cocok untukmu yang suka tampil beda. Pilih heels yang tidak terlalu tinggi seperti ini agar tetap nyaman saat dikenakan.

Black Mules Sandal

Jenis mules sandal seperti ini sangat direkomendasikan untukmu yang ingin tampil cantik tanpa menanggalkan kenyamanan. Pilihlah mules sandal dengan model yang tidak terlalu tinggi dan warna basic seperti hitam agar mudah di mix and match. Agar tetap terlihat manis.

Sumber :