Tampil Modis dengan Berbagai Gaya Lewat Hijab Pashmina

Dewasa ini, trend hijab mulai berkembang. Banyak muslimah yang mulai mengkreasikan gaya hijabnya melalui hijab pashmina. Pashmina merupakan salah satu item hijab yang pasti dimiliki oleh hampir seluruh para pengguna hijab. Hadirnya pashmina turut menyumbang alternatif para muslimah untuk mendapatkan look yang berbeda dari model hijab yang sudah ada sebelumnya, seperti hijab siap pakai dan hijab segi empat. Pashmina kerap dipilih oleh para muslimah karena dinilai bahwa hijab jenis ini dapat digunakan pada berbagai jenis acara, baik itu acara formal maupun formal. Tergantung bagaimana para pengguna hijab pashmina mengkreasikannya. Pashmina yang beredar di pasaran juga sangat beragam motif dan bahannya, sehingga memudahkan para pengguna untuk memilihnya. Selain itu, harga yang dipasarkan pun juga relatif terjangkau dan tentu saja dengan kualitas yang sudah cukup bagus. Untuk memilih jenis hijab pashmina yang cocok digunakan untuk sehari-hari maupun acara formal, yang pertama kita perlu mengetahui bentuk wajah kita. Karena tidak semua jenis pashmina bisa cocok digunakan, tergantung bagaimana cara kita mengkreasikan sesuai dengan bentuk wajah. 

Kelebihan dari Hijab Pashmina

Ada beberapa kelebihan dari hijab jenis Pashmina ini yang membuatnya menjadi pilihan bagi hampir seluruh muslimah, diantaranya adalah sebagai berikut:

Cocok untuk Bentuk Wajah Bulat

Cara memakai hijab untuk wanita dengan wajah bulat, kerudung pashmina yang paling tepat yaitu yang berbahan tipis seperti sifon, bersifat melambai, dan cukup lentur. Karena bahan yang dipilih tidak cukup tebal, maka ada baiknya untuk mengenakan inner sebelum berhijab.Ketika memakai, tata pashmina sedemikian rupa agar bisa menutupi sebagian wajah, untuk membuat wajah terkesan lebih tirus. Selain itu, hindari menggunakan terlalu banyak aksesoris karena hanya akan membuat wajah terlihat lebih ‘penuh’. Salah satu rekomendasi style hijab pashmina untuk pemilik wajah bulat yakni kenakan hijab dengan salah satu sisi lebih panjang, lalu  ambil bagian dalam dari sisi yang lebih panjang. Tarik ke arah pelipis di sisi belakang hijab yang lebih pendek, dan sematkan jarum. Selanjutnya, tarik sisa bagian hijab yang sudah disematkan tadi ke arah kepala bagian belakang atas, dan sematkan lagi jarum. Biarkan ujungnya menjuntai, dan Anda pun bisa mendapatkan look simpel namun tetap manis. Satu tips lagi, untuk menyamarkan wajah yang bundar, Anda bisa memilih hijab dengan warna-warna yang cenderung gelap, seperti navy, merah marun, hitam, atau hijau army.

Bisa dibentuk Berbagai Model Hijab

Salah satu kelebihan jilbab pashmina adalah dapat dengan mudah untuk Anda bentuk dengan berbagai macam macam pashmina gaya dan kebutuhan hijab. Membuat hijab dengan banyak gaya lebih mudah menggunakan pashmina jika dibandingkan dengan menggunakan hijab segi empat. Dengan demikian, jika Anda menyukai tampilan hijab dengan berbagai bentuk atau gaya, Anda bisa memilih pashmina. 

Lebih Lebar dan Panjang

Kelebihan lain yang dimiliki pashmina adalah memiliki ukuran pashmina yang lebih lebar dan lebih panjang daripada hijab segi empat. Dengan ukuran yang lebih lebar dan panjang ini, Anda bisa dengan mudah menutupi permukaan dada dengan pashmina tersebut. Jika dibandingkan dengan hijab segi empat, pashmina memang lebih baik dalam melakukan hal ini.

Memiliki Bahan yang Tidak Mudah Kusut

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh pashmina adalah biasanya memiliki bahan yang tidak mudah kusut. Dengan demikian, Anda bisa lebih leluasa melakukan berbagai aktivitas. Saat akan mudik, atau dalam perjalanan yang relatif lama sekalipun hijab Anda tidak akan mudah kusut. Karena itu Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal semacam ini.

Kekurangan dari Hijab Pashmina

Di samping kelebihan dari hijab pashmina yang telah disuguhkan di atas, terdapat pula beberapa kekurangan dari hijab pashmina itu sendiri. Berikut ini beberapa kekurangan dari hijab pashmina:

Membutuhkan Banyak Jarum Pentul atau Peniti

Salah satu kekurangan hijab pashmina adalah membutuhkan banyak jarum pentul atau peniti dalam pengaplikasiannya. Karena hal tersebut, pashmina kurang menjadi pilihan bagi ibu yang memiliki bayi dan memiliki banyak aktivitas dengan anak. Hal ini menjadi kekhawatiran sebab jarum pentul bisa saja mengenai anak ketika berinteraksi fisik dengan Anda. Untuk mendukung pemakaian hijab pashmina, Anda bisa menggunakan ciput.

Memiliki Bahan yang Relatif Tipis

Kekurangan lain yang dimiliki oleh pashmina atau jilbab pashmina adalah rata-rata memiliki bahan yang tipis. Meskipun memiliki ukuran yang lebih lebar dan lebih panjang tapi bahan yang digunakan lebih tipis. Meskipun begitu, ada saja hijab pashmina yang memiliki bahan yang tebal. Namun, pashmina yang berbahan tebal ini akan terasa panas apabila dipakai.

Membutuhkan Waktu yang Lebih Lama Saat Mengenakannya

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh pashmina adalah membutuhkan waktu lebih lama atau lebih banyak saat pengaplikasiannya. Hal ini dikarenakan Anda harus melilitkan pashmina tersebut ke berbagai bagian. Hal ini tentu berbeda dengan jilbab pashmina yang lebih mudah digunakan.

Jenis Bahan Hijab Pashmina yang Nyaman Digunakan

Ada banyak jenis bahan hijab pashmina yang beredar di pasaran, namun ada beberapa jenis bahan hijab pashmina yang paling nyaman untuk digunakan. Berikut ini beberapa jenis bahan hijab pashmina yang nyaman digunakan.

Sifon

Sifon atau chiffon sudah dikenal sebagai bahan untuk hijab pashmina. Bahan tersebut mempunyai karakter yang tidak terlalu tebal sehingga beratnya jadi ringan. Dengan berat yang ringan itulah, hijab pashmina berbahan sifon tidak mudah para pemakainya jadi kepanasan. Karena sifatnya juga lebih transparan jadi harus menggunakan inner sebelum memakai pashmina sifon. Hijab pashmina ini sangat cocok untuk model gaya hijab casual maupun formal. Bahannya yang tidak gampang kusut mampu membuat tampilan menjadi praktis.

Ceruti

Banyak yang tidak bisa untuk membedakan antara hijab pashmina berbahan sifon dengan ceruti. Karena keduanya memang mirip. Bahan ceruti dan sifon sama-sama ringan dan juga tidak tebal bahannya. Bedanya, bahan ceruti in memiliki tekstur yang mirip kulit jeruk sehingga lebih terasa ketika hendak diraba. Pashmina yang berbahan ceruti ini bisa menghasilkan tampilan yang sangat lebih elegan. Ketika hendak dipakai, hijab pashmina ini bahannya agak jatuh menjuntai sehingga mampu memberikan efek anggun. Agar tidak licin, jangan lupa juga gunakan inner sebagai dalaman.

Diamond Italiano

Bahan diamond italiano ini ada beberapa jenis. Ada yang jenis paling berkualitas untuk bahan pashmina adalah diamond italiano. Jenis bahan ini memiliki tekstur yang berbutir seperti pasir Ketika hendak akan diraba. Bahan ini agak tebal dan tidak menerawang. Untuk kenyamanan tidak perlu diragukan lagi karena pashmina yang berbahan diamond italiano ini tetap nyaman walaupun digunakan seharian. Bahkan untuk acara ke pesta, pashmina dari bahan ini mampu mendukung penampilan. Teksturnya lebih mudah dibentuk Anda tidak perlu berlama-lama untuk memakainya.

Voal

Saat ini hijab yang berbahan voal sudah menjadi trend di perkembangan fashion hijab. Selain dibuat untuk hijab segiempat, bahan voal ternyata hadir juga dalam jenis hijab pashmina. Bahan pashmina voal ini memiliki karakteristik yang ringan namun tidak transparan. Permukaan bahannya sangat lembut tanpa ada tekstur jadi bisa memberikan efek adem ketika akan dipakai. Bahan voal yang banyak dijadikan pashmina motif dan polos. Kedua bahan itu bisa jadi pilihan untuk tampil modis setiap saat. Tapi, bahan hijab ini tidak cocok untuk Anda yang memiliki wajah bulat.

Katun

Rekomendasi bahan pashmina yang anti-gerah yang yang paling banyak bagus dan murah adalah katun. Bahan katun in terbuat dari serat alami. Permukaan bahannya yang halus bisa membuat pashmina katun memberi kenyamanan dalam berpenampilan. Bahan ini bagus sekali karena memiliki sifat mudah menyerap keringat dengan baik. Nah, pashmina berbahan katun ini bisa diandalkan oleh para hijabers yang sering beraktivitas di luar ruangan tanpa harus merasa khawatir panas dan gerah.

Dari selembar pashmina saja, Anda bisa mendapatkan berbagai style yang menarik. Tentunya, Anda pun juga bisa membuat style mengenakan pashmina sesuai dengan kreasi. Namun, agar tampilan fashion bisa terlihat lebih kekinian, jangan lupa juga untuk mix and match busana yang tepat. Jangan khawatir terlihat aneh, yang terpenting Anda memiliki kepercayaan diri yang tinggi.