Tampil Stylish dan Tetap Santun dengan Rok

Rok panjang mungkin memang tidak lebih praktis daripada celana, namun rok panjang ini tentu lebih cocok dikenakan muslimah. Tak hanya terkesan anggun, dengan padu padan yang pas, rok panjang juga bisa memberi banyak gaya yang sesuai dengan kepribadianmu. Para remaja dan wanita hijabers yang sedang mencari rok untuk melengkapi tampilan mereka dengan hijab haruslah memperhatikan beberapa prinsip penting. Terlepas dari bahan baku, motif, desain, maupun jenisnya, rok muslimah harus panjang dan memperkuat identitas feminin sekaligus tidak menghilangkan kodrat sebagai wanita. Untuk yang berbadan besar pun dapat memunculkan kesan energik, lincah, dan syar’i pada penampilannya, misalnya dengan memilih rok yang berpinggang elastis atau yang memiliki self-tie fastening yang ramah untuk pergerakan tubuh. 

Tips Memadukan Rok dan Hijab

Memakai rok panjang memang jadi opsi anjuran untuk para hijaber yang ingin tampil santun dan anggun. Agar tak salah kostum dan keliru padu padan, kamu bisa mencontek gaya para hijaber yang mengkombinasikan rok panjang dan rok span dengan kerudung menjadi keseluruhan gaya yang asik dan tak monoton.

Tampilan Formal

Rok pensil panjang polos merupakan rok yang populer di kalangan hijaber untuk dipadupadankan dengan hijab dan blus saat berangkat ke kantor maupun menghadiri acara-acara yang sifatnya semi formal atau formal. Alternatifnya, rok hijabers berwarna pastel dan bermotif polos dan berdetail pleated juga baik bila digabungkan dengan atasan kemeja ruffle sleeve shirt untuk penampilan yang maksimal pada acara formal seperti pada kebanyakan pesta. Kedua jenis padu padan rok dan hijab ini dijamin akan membuatmu tampil anggun, elegan, dan stylish, namun juga formal dan profesional tanpa harus menimbulkan kesan fashion yang berlebihan. 

Tampilan Semi Formal

Ada banyak fashion style gabungan rok dan hijab yang dapat kamu jadikan acuan untuk penampilan yang semi formal. Padu padan yang paling sederhana adalah kemeja oversized berlapis t-shirt warna polos, kaos, dan hijab berwarna netral, namun pastikan warna t-shirt tidak monoton, misalnya yang terdapat pada warna krem. Anda juga dapat memilih motif-motif semacam bunga, tribal, polkadot, atau bintang sehingga penampilanmu akan tetap cool dan wajahmu terlihat cerah dan bersinar. Untuk variasinya, kamu dapat mengganti kemeja oversized dengan outer lain yang tidak kalah menariknya, seperti kimono outer atau long outer yang berwarna lembut, rok batik, atau menambahkan nuansa hitam-merah untuk kesan penampilan yang berani dan percaya diri tinggi. 

Tampilan Casual

Tidak kalah dengan style tampilan semi formal pada poin sebelumnya, style tampilan rok dan hijab yang casual yang cocok untuk hangout atau pergi ke kampus juga tidak kalah banyaknya dengan aneka perpaduan outerwear dan aksesorisnya masing-masing. Misalnya, kamu dapat menambahkan outerwear cape, cardigan, blazer, jaket, dan lain-lain yang berbahan katun atau sifon dengan motif yang tidak terlalu banyak detail, namun menarik. Bila hal tersebut kurang dalam melengkapi tampilan dengan rok hijabers, maka Anda dapat menambahkan ikat pinggang longgar, bros, cincin, gelang, dan kalung yang cantik dan trendi sebagai aksesori pelengkap rok hijabers, hijab, atasan, dan outer atau outerwear Anda. Untuk menentukan model padu padan casual nan syar’i dan sesuai untukmu, Anda juga dapat melihat pada berbagai artikel, blog, atau foto-foto fashion casual syar’i yang dapat menginspirasi gayamu. 

Tampilan Preppy

Tampilan yang terkenal dengan tema classic chic yang diusungnya ini identik dengan tampilan yang rapi, sleek, dan tertutup dengan mantel panjang berwarna nude yang umum digunakan sebagai outer. Supaya penampilan tidak monoton, Anda juga dapat mengganti outer-nya dengan rompi, cardigan, atau blazer berwarna senada dan melengkapinya dengan kemeja biru yang membuatmu tampil lebih cantik dan feminin. Pakai sepatu boots berwarna hitam dan pita atau kacamata hitam sebagai aksesori untuk melengkapi sentuhan manis penampilan preppy-mu saat bersantai bersama teman-teman. 

Tampilan Chic

Tampilan chic pada kombinasi rok hijab dengan hijab identik dengan warna-warna kalem dan lembut pada outer, gaun panjang, atau berbagai aksesori pelengkapnya seperti tas atau statement necklace. Pada saat yang sama, penampilan yang chic juga dapat mengandalkan aplikasi jeans yang berbahan flowy, terutama untuk penampilan chic menjelang akhir pekan di kantor untuk mengurangi kesan penampilan tegang pada saat hari kerja. Bila Anda hendak tampil chic pada tempat-tempat bersuhu, beriklim, atau bercuaca dingin, Anda pun dapat menambahkan scarf dan manset atau baju dalaman berwarna pastel untuk melengkapi penampilan chic-mu. Kamu juga dapat menambahkan thin strap watch atau ciput ninja anti-tembem untuk mengurangi kesan berlemak sekaligus menambah keren dan fashionable penampilanmu.

Model Rok yang Cocok Dikenakan oleh Hijabers

Memadukan rok dengan hijab untuk sehari-hari memang bikin Anda terlihat stylish seketika. Nah, jika Anda ingin mudah memadupadankan busana hijab, berikut ini 5 model rok kekinian yang wajib Anda miliki:

Denim Skirt

Rok jeans alias denim skirt memang menjadi fashion item vintage yang kini kembali jadi tren. Seolah tak lekang dimakan zaman, denim skirt—baik yang bermodel flare atau sepan—cocok dipadukan dengan berbagai jenis outfit, untuk gaya kasual hingga formal.

Button Up Skirt

Masih dari gaya vintage, rok dengan detail kancing di bagian depan yang menjulur dari atas ke bawah kini kembali jadi tren. Padukan dengan kemeja motif dan sneakers putih yang keren.

Rok Plisket

Terus jadi tren dan digandrungi, rok plisket (pleated skirt) menjadi fashion item yang wajib ada di lemari Anda. Nyaman dan bisa dipadupadankan dengan beragam atasan, pleated skirt jadi salah satu model rok kekinian yang bikin Anda tampil semakin stylish, untuk sehari-hari maupun busana kondangan.

Rok Ruffle Asimetris

Booming di kalangan selebgram, rok ruffle yang asimetris—yang biasanya bermotif kotak-kotak (plaid)—bisa bikin tampilan Anda terlihat edgy dan beda. Padukan dengan sneakers untuk tampilan kasual atau high heels untuk acara formal.

Rok Tutu

Feminin nan menggemaskan, rok tutu jadi salah satu model rok kekinian yang wajib ada di lemari Anda—setidaknya satu. Untuk tampilan casual, Anda bisa memadukan rok tutu berwarna pastel dengan hijab dan jaket jeans. Jadi tidak melulu pakai rok format seperti model rok kebaya