Baju Gamis dan Wanita Muslim

gamis lebaran Laila Ghani Riyadh Black
gamis lebaran Laila Ghani Riyadh Black

Baju gamis adalah pakaian yang sering dikenakan oleh wanita Muslim pada peristiwa-peristiwa tertentu, terutama pada peristiwa keagamaan, pesta, pengajian atau saat Idul Fitri.

Pada saat Idul Fitri, sebagian besar wanita Muslim mengenakan gamis dengan berbagai model dan warna. Setiap orang mencoba untuk terlihat semenarik mungkin pada hari itu karena akan berhubungan dengan kerabat.

Meskipun gamis adalah busana syar’i (menurut hukum agama) tetapi tidak ada salahnya jika Anda memilih model baju gamis dengan mengikuti trend mode saat ini terutama jika harganya murah.

Anda dapat menyimpan belanja bulanan terutama dapat terlihat lebih modis dan percaya diri. Banyak orang yang tidak percaya diri dengan menggunakan gamis baik dari bahan atau model.

Tetapi sekarang ada begitu banyak inovasi jubah yang dilakukan, jadi sekarang tidak hanya orang tua mengenakan jubah, tetapi remaja sekarang seperti mengenakan model jubah.

Bahan dari gamis juga sangat beragam, mulai dari katun, Wolfis, Ceruti, Maxmara, Balotelli, hingga sutra.

Pada dasarnya pakaian model gamis adalah pakaian muslim dengan pakaian yang menyatu antara atasan dan bawahan yang lurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruh tubuh.

Apakah Anda tahu pakaian gamis (Abaya) pada awalnya hanya jubah hitam dominan yang diberlakukan di Timur Tengah dan negara-negara Islam. Kemeja ini dalam bahasa Arab disebut TSAUB.

Gamis itu sendiri memiliki gaya warna khas yang biasanya memiliki warna keren seperti hitam, coklat, krem atau warna pastel lainnya.

Penjelasan lain tentang baju gamis menurut beberapa wanita Muslim adalah baju wanita yang hampir menutupi seluruh tubuh seorang wanita sehingga tidak harus mencari atasan atau bawahan.

Jika dilihat dalam hal pola, gamis adalah salah satu pakaian yang memiliki bentuk sederhana. Namun, ini adalah kesederhanaan yang membuat desainer memotivasi pakaian untuk membuat desain gamis yang lebih modis, elegan, dan terkini.

Di Indonesia sendiri sekarang popularitas pakaian gamis terus meningkat, bersama dengan banyak desain baru yang terus mengikuti zaman.

Mengenakan pakaian muslim tentu bangga. Anda dapat menunjukkan diri Anda sebagai seorang Muslim serta menunjukkan bahwa berpakaian sesuai dengan agama juga dapat terlihat modis.

Sekarang gamis datang dengan berbagai pola dan warna yang menarik sehingga banyak yang dilirik oleh kaum muda.

Kiat bagi Anda yang ingin mengenakan gamis, akan lebih baik jika Anda menyesuaikan dengan bentuk tubuh, perhatikan penjelasan di bawah ini:

Kiat menggunakan Gamis

Tubuh Kurus

Bagi Anda yang memiliki bentuk tubuh yang kurus, Anda dapat mengenakan gamis dengan model rok belakang, gamis yang bawahnya melebar sehingga dengan gamis seperti ini, tubuh Anda akan terlihat lebih penuh.

Dan bagi Anda yang menyukai pakaian dengan motif juga dapat menerapkan motif pada gamis Anda. Selain itu Anda dapat memilih gamis dengan motif garis atau memilih garis vertikal.

Tubuh Gemuk

Baju gamis dapat dikenakan oleh siapapun, meskipun Anda memiliki tubuh yang diklasifikasikan sebagai lemak. Jangan takut untuk terlihat lebih gemuk karena Anda dapat menyesuaikan sehingga tubuh Anda terlihat proporsional.

Pilih gamis yang cenderung longgar dan hindari gamis yang terlalu pas karena dapat membuat penampilan yang kurang menarik. Anda dapat mengenakan jubah dengan model minimalis dan warna gelap.

Dan jika Anda menyukai pola pada gamis, hindari pola besar. Dengan motif kecil itu bisa membuat Anda terlihat lebih tipis.

Tubuh Kecil

Bentuk tubuh semua orang tidak selalu sama, tetapi dalam hal mengenakan pakaian, semua bentuk tubuh akan terlihat menarik selama Anda tahu cara mengatasinya.

Dengan bentuk tubuh kecil Anda, Anda dapat memilih Brokat ke gamis Anda. Jadi Anda tumbuh pendek dan kecil masih bisa ada dengan gamis

Anda dapat mengenakan gamis dengan aksen brokat akan membuat tampilan yang lebih menarik.

Referensi Baju Gamis Terbaru

Bagi Anda yang masih bingung, dan memerlukan referensi gamis modis untuk apa, Anda dapat melihat referensi untuk gamis di bawah ini:

Model Gamis Syar’i Modern

Gamis syar’i  biasanya dibuat dengan khimar serupa. Desain gamis sederhana yang dimaniskan dengan pita tambahan di pinggang sangat diminati oleh wanita Muslim.

Khimar dengan aksen kerut di tepi saat ini juga hits. Dengan cara ini Anda masih bisa terlihat cantik dan menawan dengan pakaian gamis yang dapat mampu sesuai dengan Aurat.

Ada berbagai macam model gamis syar’i yang dijual di pasaran, bahkan Anda dapat menemukannya dengan mudah melalui toko online.

Model Gamis Sifon

Gamis seperti ini sangat pas ketika melakukan kegiatan santai dan juga dapat digunakan untuk pergi bekerja dengan penampilan sederhana tetapi masih terlihat profesional ketika bertemu klien atau kolega.

Model baju gamis sifon di atas memiliki warna solid dengan jilbab yang digunakan ditambah penggunaan sepatu wedges yang serasi dengan warna jilbab menambah kesan elegan. Menggunakan wedges gamis anda akan terangkat sedikit.

Selain itu, sifon lebih disukai karena permukaan halus kain. Sifat kain sifon yang mudah jatuh juga membuat penampilan Anda lebih menarik.

Model Gamis Katun Jepang

Gamis katun Jepang dengan motif bunga seperti ini cukup diminati oleh wanita Muslim. Kombinasi warna-warna lembut dengan motif bunga yang indah membuat siapa pun yang memakainya terlihat lebih elegan.

Motif gamis katun Jepang beragam, seperti motif bunga kecil, bunga besar, bahkan polkadot. Tetapi untuk memilih model gamis seperti ini perlu disesuaikan dengan bentuk tubuh.

Model Gamis Bahan Brokat

Model baju gamis saat ini semakin bervariasi, salah satunya adalah gamis yang dibuat dengan brokat tambahan. Model gamis ini membuat Anda terlihat lebih elegan dan akan mengesankan kemewahan.

Kain brokat dengan motif yang menarik juga akan mempercantik penampilan baju Anda. Biasanya gamis seperti ini digunakan untuk menghadiri acara formal seperti undangan pernikahan atau acara pihak lain.

Model Gamis Casual

Gamis model casual ini cocok untuk digunakan ketika Anda pergi dengan teman. Anda juga dapat menggunakannya untuk acara yang tidak formal.

Desain kasual ini akan membuat Anda terlihat lebih rileks dan tidak terlalu kaku. Model jubah ini juga merupakan tren di kalangan anak muda dan para hijabers.