Teknologi yang digunakan dalam proses pembuatan kain

Bagaimana proses pembuatan baju yang kalian kenakan? pada artikel berikut ini kita akan membahas tentang proses pembuatan baju

Proses pembuatan baju dimulai dari

  • pemetikan kapas dan pemintalan kapas supaya menjadi benang
  • Penurunan benang supaya menjadi kain
  • Setelah menjadi kain, harus membuat pola baju yang ingin dibuat
  • Proses menjahit dan jadilah baju yang bisa kita pakai

Untuk proses pembuatan baju secara detail sebagai berikut

  • memetik lepas dari pohon kapas. Pohon kapas merupakan tanaman berkayu yang memiliki batang cukup keras dan beruas-ruas. Sementara yang disebut kapas adalah
    serat halus yang menyelubungi biji serat kapas menjadi bahan penting dalam industri pakaian untuk dibuat menjadi pakaian kapas yang telah diambil dari pohonnya, harus dijemur terlebih dahulu dibawah sinar terik matahari.
  • Memintal kapas. kapas yang telah dijemur kemudian melalui proses pemintalan proses ini dilakukan untuk mengolah kapas menjadi benang. Proses pemintalan kapas dapat dilakukan secara modern seperti di pabrik-pabrik dan secara tradisional dengan alat yang masih sederhana cara memintal kapas yaitu dan memutar alat pemintal sehingga serat terpelintir menjadi benang. Proses pemintalan ini disebut juga dengan proses spinning, nah pemintalan kapas secara tradisional memerlukan ketekunan ketelitian dan waktu yang cukup lama.
  • Benang kapas yang telah melalui proses pemintalan maka akan menghasilkan benang-benang benang tersebut memiliki warna yang beraneka ragam sesuai kebutuhan dan permintaan pasar. Dari benang-benang itulah akan dihasilkan kain melalui proses penenunan.
  • penenunan kain Hai benang kemudian ditenun. Menenun adalah proses pembuatan kain dari persilangan benang dengan cara memasuk masukkan benang secara melintang menggunakan alat tenun.

Berdasarkan teknologi yang digunakan alat tenun dibedakan menjadi dua Alat tenun tradisional

Manfaatkan Alat Tenun Modern, Pasarkan secara Online

Alat tenun tradisional

disebut juga dengan gedogan yang dipakai untuk menenun dengan tangan manusia

alat tenun modern

alat tenun modern memanfaatkan tenaga mesin yang dilengkapi motor penggerak

  • kain dari proses penenunan akan menghasilkan kain yang beraneka ragam :

Kain Polos

Kain corak tertentu

Bahan Kain Katun Dari Jenis Hingga Kekurangan dan Kelebihan

kain inilah yang kemudian dibuat untuk membuat pakaian produk-produk tekstil yang berasal dari kapas yaitu disebut katun. Nah kamu pasti pernah mendengar bahan katun.

Bahan katun banyak digunakan karena memiliki

1. Tekstur yang lembut dan halus

2. Serta nyaman dipakai dan mudah dirawatnya

3. Sifatnya juga kuat dan tahan lama

4. Serta cocok digunakan pada segala musim dan cuaca dan tidak menyebabkan alergi.

  • Membuat pola baju kain yang sudah ditenun, selanjutnya akan dibuat pola sesuai dengan model dan baju yang ingin dibuat. Bentuk pola bermacam-macam sesuai dengan bentuk pola yaitu sesuai dengan keinginan. Seseorang yang ahli mendesain pakaian disebut perancang busana.
  • Menjahit baju. Kain yang telah dibuat polanya kemudian akan dipotong mengikuti bentuk pola yang telah dibuat, kemudian kain dijahit menggunakan mesin jahit. Proses pembuatan pola sampai menjahit dilakukan oleh Seorang penjahit.
  • Baju hasil akhir dari proses yang dilalui tadi menghasilkan baju yang siap dipakai

Ternyata proses membuat baju dari kapas sampai menjadi baju yang kita kenakan cukup
rumit, proses ini juga melibatkan beberapa profesi dari petani pemintal. khas penenun kain perancang busana sampai menjahit Sudah Selayaknya kita harus bijak dalam merawat pakaian kita.

Sumber :