Tips Memilih Hijab untuk Si Buah Hati

Ketika punya anak perempuan terkadang beberapa ibu ingin mendandani putrinya mirip seperti dia, termasuk saat memakai jilbab. Bahkan sebagian muslimah juga sudah mengajarkan anaknya berhijab sejak kecil. Saat ini mudah sekali menemukan produk jilbab untuk anak di pasaran. Berbagai model, desain, motif, dan warna sudah tersedia. Bahkan banyak yang didesain lucu-lucu agar anak tertarik untuk mengenakannya. Namun, memilihkan jilbab yang tepat untuk anak juga harus memperhatikan sejumlah hal. Tujuannya agar anak merasa nyaman dan juga betah mengenakan jilbab. Selain itu, anak juga bisa mendapatkan pengalaman berhijab yang menyenangkan agar saat dewasa nanti bisa tetap berhijab. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memilih kerudung anak.

Pilih Bahan Pakaian yang Mudah Menyerap Keringat

Namanya anak-anak, sehari-hari pasti aktivitasnya sangat banyak. Setiap hari akan selalu aktif melakukan banyak hal. Di sini, kita perlu memilihkan jenis jilbab yang langsung pakai. Jadi tak perlu ribet pakai peniti apalagi jarum pentul. Modelnya juga yang sederhana saja. Yang tak kalah penting lagi adalah bahan atau jenis kain jilbab. Bahannya harus yang bisa menyerap keringat dengan baik. Seperti bahan kaos yang lembut. Sehingga saat dikenakan tidak membuat anak gerah. Pemilihan bahan ini sangat penting. Kalau bahannya membuat gerah, anak bisa-bisa nggak nyaman dan nggak betah pakai jilbab. Bahan kerudung untuk anak tentu harus yang menyerap keringat. Tidak hanya karena anak-anak sangat aktif bergerak, kulit anak juga cenderung sangat sensitif. Ada kalanya anak-anak sensitif terhadap keringat mereka, sehingga menggunakan jilbab yang menyerap keringat akan membantu mengurangi penyebab kulit kemerahan pada anak-anak. gai aktivitas, sebaiknya pilih bahan katun atau jersey. Anda juga bisa mencarikan bahan-bahan yang nyaman untuk anak. Ingat, anak mudah gerah terutama bila ia banyak gerak sehingga membuatnya kurang nyaman bila salah pilih bahan jilbab. Sebaiknya tidak memilih jilbab yang sifon kecuali material tersebut hanya sebagai bahan pemanis pada jilbab anak

Hindari Penggunaan Jarum

Meski hanya dalam bentuk bros, sebaiknya Anda hindari penggunaan jarum pada jilbab anak-anak. Karena bisa saja saat anak-anak aktif bergerak, jarum bros bergeser dan melukai mereka. Anda tak ingin hal ini terjadi, bukan? Sebaiknya Anda melakukan pencegahan sebelum terjadi kejadian fatal yang dapat melukai anak Anda. Hindari penggunaan jarum di kerudung anak. Jarum pentul atau peniti bisa melukainya karena mereka masih aktif bergerak. Pilih model jilbab instan yang sesuai dengan ukuran wajahnya sehingga tidak perlu menggunakan peniti. Jarum atau peniti juga dapat membuat kulit anak gatal terutama yang jenisnya sensitif. Kini hadir klip Turki atau magnet sehingga memudahkan Anda saat memakai scarf. 

Pilih Warna yang Cerah

Ketika putri Anda ingin mengenakan kerudung, pilihkan jilbab dengan nuansa cerah atau motif warna-warni. Dengan memberikan pilihan warna cerah seperti pink, biru, merah, atau warna-warni maka bisa membuat si kecil merasa lebih bahagia dan bersemangat. Tidak hanya busana, kerudung pun perlu disesuaikan. Biarkan anak memilih sesuai dengan selera mereka. Ini juga untuk melatihnya agar terbiasa memilih sejak kecil. Seperti kepribadian anak yang ceria, pilih lah warna kerudung yang cerah. Seperti pink, biru, merah, kuning, atau pastel akan membuat anak semakin terlihat imut dan menggemaskan. Jangan lupa sesuaikan juga jilbab anak dengan warna pakaian yang mereka pakai. 

Pilih Model yang Disukai Anak

Selain tips-tips di atas, Anda juga sebaiknya memperbolehkan anak Anda untuk memilih jilbab yang akan mereka gunakan. Karena dengan begitu bisa saja mereka akan lebih senang untuk menggunakan jilbab. Ketika akan membeli jilbab, ada baiknya untuk mengajak si kecil untuk ikut serta. Anak bisa memilih sendiri warna dan model yang paling disukainya. Supaya nanti dia bisa semangat saat pakai jilbab. Kita sebagai orang tua hanya perlu mengarahkan atau memberikan saran saja soal jilbab seperti apa yang paling pas dipakai oleh sang buah hati tercinta. Namun jangan lupa untuk membimbing anak agar memilih kerudung. 

Pilihlah Jilbab Instan

Pilihkan anak jilbab yang instan atau bergo sehingga tidak perlu dikreasikan terutama bila mereka aktif bergerak. Bergo bisa membuat si kecil merasa nyaman ketika bermain karena mudah digunakan dan tidak merepotkan. Model bergo instan zaman sekarang juga lebih modern, lucu, dan manis. Bahkan ada beberapa desainer atau produsen jilbab yang membuat bergo anak mirip seperti wanita dewasa. Selain lebih nyaman, jilbab instan juga menghindari pemakaian jarum pentul atau bros. Jangan khawatir, sekarang ini sangat banyak, kok, pilihan jilbab instan di pasaran. Sudah banyak pilihan jilbab instan untuk anak-anak yang nyaman, aman, dan juga didesain menarik. 

Sesuaikan dengan Jenis Baju dan Kebutuhan

Agar tetap terlihat serasi, pilihkan jilbab yang disesuaikan dengan jenis baju dan kebutuhan. Misalnya, perlu memiliki stok jilbab kaos yang agak banyak untuk keperluan bermain sehari-hari. Sementara untuk jenis jilbab yang ada ornamen atau hiasannya tak perlu beli terlalu banyak.

Mudah Dibersihkan

Kadang saking aktifnya anak, mereka kurang berhati-hati saat melakukan sesuatu. Baju dan jilbab bisa kotor semua saat sedang bermain di luar rumah. Di sini perlu juga cari jenis jilbab yang gampang dicuci. Dalam arti, kalau ada kotoran bisa gampang dibersihkan dengan detergen biasa.