Jenis Bahan yang Cocok Digunakan untuk Kebaya Pengantin

Sumber : https://www.instagram.com/p/CUrLeQXJPNA/

Pada saat acara-acara penting tertentu, bagi perempuan Indonesia kebaya adalah salah satu pakaian khas yang akan digunakan. Kebaya akan sangat kental dengan motif dan sentuhan tradisional, tetapi kini kebaya pun muncul dalam berbagai gaya yang modis yang cocok digunakan dalam segala suasana termasuk kebaya pengantin. Kebaya merupakan salah satu pakaian khas yang bisa dipakai dalam banyak acara seperti untuk acara wisuda, pertunangan, hingga pernikahan. Kebaya kini juga sudah dimodifikasi menjadi lebih modern yang biasanya hanya identik dengan sentuhan motif tradisional yang kini  cocok digunakan dalam suasana apapun.

Seperti yang diketahui, memilih kebaya untuk pernikahan pemilihan bahan merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Salah satu jenis kebaya pengantin yang paling sering digunakan adalah kebaya pengantin brokat. Biasanya calon pengantin dalam proses pemilihan bahan akan dihadapkan pada banyaknya jenis ragam dan pilihan bahan, mulai dari brokat, satin, batik dan kain jenis lainnya. Namun .dalam pembuatan kebaya pengantin, bahan brokat sendiri merupakan salah satu jenis yang paling umum digunakan.

Jenis-Jenis Bahan Kebaya Pengantin

Selama persiapan pernikahan akan berlangsung, bagi calon pengantin yang akan menyelenggarakan pernikahan dalam adat Jawa memilih kebaya menjadi kegiatan yang paling menarik namun sekaligus menyulitkan. Untuk memilih kebaya pengantin Jawa akan menyulitkan karena kebaya Jawa mempunyai banyak macamnya. Pemilihan ini akan bergantung pada konsep yang akan dibawakan, apakah bersifat nasional atau tradisional. Kebaya pengantin brokat yang digunakan tentunya harus cocok untuk kamu dan haruslah nyaman digunakan. Bahan brokat sendiri akan mudah dikenali dari bentuknya yang khas yang kini sudah banyak dijual di butik atau toko-toko kain. Dalam pemilihannya kamu harus memperhatikan kenyamanan bahan brokat, warna dan juga motifnya. Ada baiknya kamu juga memastikan agar tidak salah memilih jenis brokat. Namun apapun jenis bahan brokat kebaya pengantin yang kamu gunakan tidaklah akan menjadi masalah selama kamu tetap cantik dan nyaman memakainya. Kamu juga bisa mendiskusikan jenis bahan brokat yang paling sesuai dan cocok untukmu dengan yang lebih ahli seperti perancang busana atau pemilik butik, agar terhindar dari salah pemilihan jenis bahan. Berikut informasi mengenai jenis-jenis kain brokat:

Brokat Prancis

French Lace atau bahan brokat Prancis merupakan jenis kain brokat yang dikenal dengan kualitas yang paling baik diantara jenis brokat lainnya. Selain itu jenis brokat ini yang paling nyaman digunakan. Brokat perancis ini memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga tidak akan menimbulkan rasa panas dan gatal bagi pemakainya, sehingga hal inilah yang menjadi alasan utama bahan ini sangat nyaman digunakan. Kamu sebaiknya memilih bahan ini  apalagi jika kamu memiliki kulit yang sensitif sebagai bahan utama pembuatan kebaya pengantin brokat. Dikenal dengan kenyamanan yang diberikan dan kualitasnya yang baik, tentu saja harga kain brokat ini paling mahal dibandingkan jenis lainnya. Namun kamu akan merasa puas dengan kebaya pengantin yang terbuat dari brokat jenis ini karena cantik saat digunakan, terutama jika dibuat membentuk pas badan.

Brokat Semi Perancis

Brokat jenis ini biasanya disebut tiruan atau brokat Prancis KW yang memiliki tekstur hampir mirip dengan brokat Perancis, hanya saja lebih kaku. Kamu bisa menggunakan jenis brokat ini untuk bahan kebaya pengantin sebagai alternatif pengganti brokat Perancis. Banyak perancang kebaya pengantin yang memilih menggunakan brokat jenis ini dengan alasan mempunyai tekstur yang lebih kaku sehingga membuatnya lebih mudah untuk dijahit dan dibentuk. Selain itu, jika dibandingkan dengan brokat Prancis harganya cenderung lebih murah. Ada baiknya, kamu mencobanya terlebih dahulu dalam memilih bahan sehingga memiliki gambaran apakah bahan seperti ini cocok untuk jenis kulit dan ukuran tubuhmu. Selain itu juga kamu harus perhatikan desain kebaya pengantin brokat yang akan digunakan, karena ada beberapa model yang lebih bagus jika memakai bahan brokat yang lemas atau menggunakan yang lebih kaku.

Brokat Prada

Perancang busana biasanya sering merekomendasikan jenis brokat ini karena teksturnya yang sangat mudah dibentuk menjadi berbagai model dengan potongan apa saja. Kebaya pengantin brokat dengan jenis ini biasanya dikenal sangat nyaman untuk digunakan dan sangat cantik juga elegan untuk digunakan dan dalam waktu yang lama. Jenis brokat ini memiliki ciri khas teksturnya yang berupa motif timbul halus dan tidak kasar. Untuk harga kebaya pengantin brokat ini cenderung bervariasi dan ditentukan dari kualitas dan adanya barang di pasaran. Harga akan semakin tinggi jika semakin tinggi pula kualitas dan semakin langka jenis bahannya.

Brokat Jepang

Bagi para perancang busana dan penggelut dunia tekstil biasanya akan mengenal jenis brokat Jepang ini sebagai pilihan lain dari brokat semi Perancis. Kain jenis ini cenderung memiliki sintetisnya lebih terlihat dan terasa namun memiliki tekstur yang lembut. Beragam motif yang dimiliki oleh brokat jenis ini yang bisa kamu pilih.. Jenis brokat ini meski bersaing dengan brokat semi Perancis, namun tetap mempunyai selera bergantung pada masing-masing calon pengantin dalam menentukan bahan mana yang lebih cocok sebagai bahan kebaya pengantin brokat mereka.

Brokat Italia

Jenis kain brokat Italia ini mudah dikenali karena pada umumnya memiliki perbedaan yang cukup kontras dengan jenis brokat lainnya. Dengan memilih kain brokat Italia, kamu tidak perlu menambahkan tambahan lain karena sudah dilengkapi dengan brokat dan payet, seperti tambahan bordir dan payet. Kamu bisa memilih apakah akan menggunakan kain bordir dan payet yang ramai atau yang sederhana, karena tingkat kerapatan dan kepadatan bordir dan payet yang terpasang akan mempengaruhi harga kain brokat Itali ini. Namun pastikan kamu memilih kain brokat Italia dengan bordir dan payet yang terpasang kuat sehingga tidak mudah lepas saat digunakan.

Brokat Tile

Bagi Anda yang mencari rekomendasi kain brokat yang ringan dikenakan, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada jenis kain brokat Tile. Pasalnya jenis kain brokat yang satu ini memiliki tekstur bahan yang tipis sehingga sangat ringan jika dikenakan. Walaupun tipis, tetapi kain brokat ini cukup kuat dan tahan lama untuk dibuat menjadi busana kebaya. Harga yang ditawarkan pun tidak begitu mahal, sehingga cocok bagi Anda yang ingin membuat busana kebaya seragam untuk satu keluarga.

Brokat Tile 3D

Tidak jauh berbeda, brokat Tile 3D memiliki bahan dasar yang sama dengan brokat Tile biasa. Jenis kain brokat Tile 3D juga mempunyai keunggulan bahannya yang halus dan ringan ketika dipakai. Bedanya, jenis kain brokat yang satu ini terdapat penambahan bentuk bunga yang disesuaikan dengan motif kain dasarnya. Tidak jarang, diberikan pula tambahan payet pada motif yang terdapat pada kain. Dengan keunggulan ini, busana kebaya Anda akan terlihat lebih cantik dan elegan ketika dikenakan.